July 20, 2021

Review Vivo V21, Khas Vivo V-Series, Tetap Unggul di Sisi Kamera dan Desain yang Stylish

Penulis: Putra | Editor: Desmal Andi
Review Vivo V21, Khas Vivo V-Series, Tetap Unggul di Sisi Kamera dan Desain yang Stylish  

Mobitekno – Vivo V21 dikeluarkan Vivo Indonesia untuk melengkapai jajaran Vivo V-Series. Dengan desain yang tipis, serta adanya dua opsi warna untuk pengguna smartphone di Indonesia, Vivo V21 menjadi smartphone dengan daya tarik yang unik untuk para generasi muda. Dua pilihan warna tersebut adalah Roman Black dan Diamond Flare.

Satu hal yang menarik, setiap pilihan warna yang ada di Vivo V21 memiliki karakter yang unik. Pada Roman Black misalnya, akan terlihat garis-garis hitam yang menurut Vivo trinspirasi dari desain pilar romawi yang megah. Memang, garis-garis hitam pada bodi belakang ini membuat smartphone terlihat lebih premium. Apalagi dengan jenis permukaan yang bukan glossy, membuat bodi belakangnya bebas dari jejak sidik jari. Sementara pilihan Diamond Flare memiliki karakter sebaliknya. Bagian bodi belakangnya terlihat lebih berkilau seperti kilauan pada berlian. Namun, tetap tidak tahan terhadap jejak sidik jari.

Smartphone yang memiliki layar berukuran 6,44 inci ini juga memiliki bezel yang tipis. Denga begitu, layarnya terlihat lega dan untuk ukuran tangan orang Indonesia, Vivo V21 nyaman dan pas dalam genggaman. Mobitekno mendapat kesempatan untuk mencoba dan menggunakan Vivo V21 dengan opsi warna Roman Black. Kami menggunakannya setiap hari sebagai daily driver sehingga bisa dirasakan keunggulannya untuk mendukung aktivitas harian.

Vivo V21 Roman Black

Kelengkapan

Hadir dengan kotak kemasn berwarna biru dengan garis-garis hitam, menyerupai karakter pada bodi belakang Vivo V21 dengan opsi warna Roman Black. Kotak kemasannya ini juga dibuat kokoh karena dibuat dari bahan yang cukup tebal. Di dalamnya terdapat paket penjualan resmi Vivo v21.

  • Berikut ini isi lengkap paket penjualannya:
  • Satu unit Vivo V21 dengan opsi warna Roman Black
  • Satu soft case dengan wara transparan
  • Kabel charger USB Type-C
  • Adapter pengisian daya FlashCharge 2.0
  • Earphone
  • SIM Card Ejector
  • Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
Isi paket kemasan Vivo V21

Desain

Vivo V21 memang hadir dengan desain ang tipis, ringan, namun nyaman digenggam. Beratnya hanya 171 gram saja dan tebalnya 7,38mm. Cukup ringan di segmen smartphone dengan layar 6,44 inci. Layarnya juga cukup jernih, karena sudah menggunakan jenis AMOLED. Kemampuan layarnya ini adalah FHD+ 2400 x 1080 piksel dan mendukung HDR10. Layarnya ini memiliki desain 2.5D Rounded Corner sehingga tidak ada sudut kaku pada keempat sisi layar. Keempat sudutnya juga dibuat dengan desain lengkung yang halus sehingga tidak akan mengganggu saat dimasukkan ke dalam saku celana atau baju.

Desain bodi yang tidak kaku

Untuk lebih detailnya, apa saja yang ada di setiap sisi smartphone Vivo V21 ini, kita mulai dari bagian layar. Seperti sudah disebutkan tadi, layarnya menggunakan jenis AMOLED. Di layar ini juga terdapat fitur pemindai sidik jari hasil inovasi Vivo, yang dinamakan Screen Touch ID. Sementara di bagian atas, terdapat kamera selfie dengan kemampuan 44MP Autofocus.

Layar depan dengan selfie camera

Beralih ke sisi kiri dan kanan. Di sisi kanan terdapat dua tombol fisik, yaitu tombol volume dan tombol power. Sementara di sisi satunya lagi, terdapat slot SIM Card yang harus menggunakan SIM Card Ejector untuk membukanya. Desain bodi sisi kiri dan kanan ini juga terliht sangat menyatu dengan layar. Desain ini membuat Vivo V21 terlihat lebih mewah.

Beralih ke bagian bawah. Di sini terdapat port USB Type-C untuk proses charging dan transfer data dengan menggunakan kabel USB Type-C yang tersedia dalam paketnya. Port USB Type-C ini diapit dengan lubang speaker dan port audio 3.5mm. Ada lubang mikrofon juga diantara port USB type-C dengan port audio. Mikrofon kecil ini juga terdapat di sisi atas.

Sekarang pindah ke bagian belakang. Di sinilah Vivo meletakkan tiga modul kamera yang bisa mendukung fotografi dan videografi ciamik. Kamera utamanya memiliki kemampuan 64MP. Kamera utama ini ditemani kamera Super Wide Angle 8MP dan kamera makro 2MP. Di bagian bawahnya terdapat lampu LED Flash yang bisa membantu pencahayaan saat kondisi cahaya kurang mendukung.

Tiga modul kamera di bagian belakang

Fitur dan performa

Berbicara mengenai fitur, ada banyak fitur yang dimiliki Vivo V21 ini. Mulai dari fitur yang ada di layar, fitur keamanan, hingga fitur untuk fotografi, semuanya sudah dipadukan dengan Funtouch OS yang berbasis Android 11. OS besutan Vivo ini juga memiliki banyak kelebihan. Salah satu diantaranya adalah Jovi Home. Fitur ini menjadi ciri khas smartphone Vivo selama ini. Kini, Jovi Home juga dilengkapi dengan White Noise.

Terdapat tujuh pilihan soundtrack White Noise yang dapat dipilih dengan visual yang mendukung untuk menemani aktivitas dan relaksasi konsumen. Berbagai pilihan suara menenangkan yang terinspirasi dari alam yaitu, Wind Chime yang memberikan kenyamanan suara lonceng yang tertiup angin, Pastoral suguhan suasana pedesaan yang erat, deburan ombak dan indahnya lautan pada sound Beach, Summer Night memberikan tenangnya langit malam, Breath of the Wild yang menyajikan teduhnya pegunungan, hangatnya api unggun pada Campfire dan suara tetesan hujan yang menenangkan pada efek Rain.

Satu fitur menarik dalam Vivo v21 adalah NFC. Fitur ini bisa membantu transaksi keuangan yang menggunakan menggunakan uang elektronik dalam bentuk kartu. Namun, fungsi NFC dalam Vivo v21 lebih luas lagi. Vivo menamakannya dengan NFC multifunction, dimana fitur ini dapat menduplikasi kartu akses sehingga pengguna tidakperlu membawa kartu fisiknya lagi.

Di dalam Funtouch OS ini, navigasi penggunaan smartphone juga bisa diatur, terutama untuk tiga jenis tombol navigasi, yaitu Home, Back, dan Recent. Posisinya bisa diubah-ubah. Namun, bagi yang ingin sedikit berbeda, bisamenggunakan juga sistem gesture dimana tidak lagi menggunakan tiga tombol navigasi tersebut.

Bagi pengguna yang gemar bermain game. Vivo V21 juga menyediakan fitur Ultra Game Mode. Di dalam fitur ini, gamers isa menonaktifkan semua notifikasi sehingga tidak menghalangi kenyamanan saat berain game. Gamers juga bisa menggunakan mode eSport yang akan menampilkan sidebar untuk membantu permainan. Sementara untuk audio dari game, bisa diatur kualitas surroundnya. Apakah ingin menggunakan Near Field Mode atau Wide Mode. Ini sangat menyenangkan terutama saat gamer menggunakan headphone khusus untuk game.

Salah satu kelebihan Vivo V21 adalah adanya fitur Extended RAM. Fitur ini memungkinkan kapasitas memori bisa ditambah sebesar 3GB lagi yang diambil dari ROM yang tidak digunakan. Pengaturannya ada di menu settings. Dengan penambahan RAM ini, performa smartphone menjdi bertambah baik lagi, semakin seamless, dan tanpa lag.

Sementara bagi Anda yang menginginkan smartphone tetap menampilkan jam walau dalam keadaan mati, bisa mengaktifkan fitur Always on Display. Fitur ini bahkan memiliki beberapa style background yang bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya.

Vivo V21 sendiri menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G yang difabrikasi dengan teknologi 8nm dan memiliki 8 core. Prosesor ini tentunya memilikiperforma yang baik. Hal ini bisa dilihat dalam tiga pengujian kamu melalui aplikasi benchmark.

Sementara fitur kameranya tidak jauh berbeda dengan Vivo V-series sebelumnya. Dimana ada banyak mode yang bisa menambah pengalaman penggunanya dalam menangkap gambar maupun merekam kejadian menjadi sebuah video menarik. Fitur-fitur pada kamera belakangnya sendiri cukup banyak, seperti Super Night Mode, Stylish Night Filters, Motion Autofocus, Smart Zoom, Art Portrait Video, dan Ultra Stable Video.

Sementara untuk kamera depannya, didukung juga dengan fitur Super Night Selfie, Steadyface Selfie Video, Slo-Mo Selfie Video, Dual-View Video, 4K Selfie Video, dan Multi-Style Video. Fitur dua view menjadi menarik, terutama untuk para vlogger yang bisa melakukan perekaman video langsung dengan dua kamera.

Berikut ini juga hasil foto-foto yang sempat kami abadikan dengan kamera Vivo V21:

Spesifikasi

Nama Vivo v21
Jaringan GSM/LTE
Dimensi dan bobot 161,2 x  74,4 x 7,4 mm, 171gram
Layar AMOLED FHD+ 2400 x 1080px, HDR10, 6,44 inci
Sistem operasi FunTouch OS 11.1 berbasis Android 11
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G (8nm)
Memori 8GB dengan fitur Extended RAM 3GB
GPU Adreno 618
Kamera belakang 64MP wide, 8MP ultra wide, 2MP macro Autofocus
Kamera depan 44MP Super HD Selfie, Autoficus
Komunikasi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, Bluetooth, GPS, Radio
Pemindai sidik jari Under display
Baterai 4.000mAh dengan Fast Charging 33W
Warna Diamond Flare dan Roman Black

 

Kesimpulan

Smartphone Vivo V21 menawarkan desain yang stylish, modern, dan ringan, sehingga mudah dibawa-bawa kemanapun penggunanya pergi. Desainnya juga cukup unik dan tahan terhadap jejak sidik jari.

Fitur yang disediakan pada smartphone ini juga cukup berlimpah. Bahkan terdapat juga NFC Multifunction yang bisa membantu penggunanya bertransaksi digital dengan uang elektronik. Fitur ini semakin dibutuhkan untuk pengguna yang tinggal di perkotaan.

Untuk urusan kamera, tidak pelu diragukan lagi. Sejak dahulu Vivo memang selalu fokus untuk inovasi kamera. Dukungan AI pada kameranya membuat pengambilan gambar atau video menjadi semakin mudah, walau di kondisi minim cahaya sekalipun. Sayangnya smartphone ini tidak didukung teknologi 5G. Namun, harga yang ditawarkan menurut kami sudah sesuai dengan fitur-fitur yang diberikan. Apalagi bagi pengguna yang belum memerlukan teknologi 5G pada smartphonenya.

Tags: , , ,


COMMENTS