July 21, 2021

Kolaborasi GoTo-KADIN-Samator Group Bangun ‘Rumah Oksigen Gotong Royong’ Pertama di Indonesia

Penulis: Muhammad R
Kolaborasi GoTo-KADIN-Samator Group Bangun ‘Rumah Oksigen Gotong Royong’ Pertama di Indonesia  

Mobitekno – Grup GoTo, bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) beserta PT Aneka Gas Industri Tbk. (Samator Group) belum lama ini menginisiasi fasilitas kesehatan “Rumah Oksigen Gotong Royong” yang merupakan bagian dari upaya bersama mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia. 

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan suatu fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan (bed) bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala sedang (kategori 2). 

Fasilitas ini dicetuskan sebagai upaya bahu membahu dan saling membantu berbagai pihak di ekosistem Grup GoTo, KADIN Indonesia, Samator Group, mitra strategis, pemerintah dan masyarakat luas untuk bersama-sama menghadapi tantangan pandemi. 

Sebagai project pertama, Rumah Oksigen Gotong Royong dibangun di Pulogadung tepat di sebelah kawasan pabrik Samator Group, di atas lahan yang disediakan oleh PT Master Steel dan didukung oleh PT Tripatra Engineers and Contractors sebagai perusahaan yang menangani pembangunan Rumah Oksigen. 

Pada Ahad, 18 Juli 2021, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan peninjauan progres pembangunan Rumah Oksigen Gotong Royong. 

Lokasi Rumah Oksigen Gotong Royong di Pulogadung ini dekat dengan sejumlah RS rujukan COVID-19, sehingga keberadaannya akan saling melengkapi. Apabila terdapat warga yang tengah dirawat di Rumah Oksigen Gotong Royong  mengalami penurunan kondisi, maka dapat cepat dirujuk ke RS rujukan COVID-19 tersebut. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, “Saya sangat mengapresiasi GoTo, KADIN Indonesia dan Samator Group yang telah mendirikan Rumah Oksigen Gotong Royong . Ini adalah salah satu contoh yang baik dari peran aktif swasta dalam membantu penanganan COVID-19 demi rakyat. Kita perlu bersama-sama dalam menghadapi COVID-19, ini tantangan kita bersama.” katanya dalam siaran resmi yang diterima redaksi Mobitekno, Ahad (18/7).

Arsjad Rasjid, Ketua Umum KADIN Indonesia menjelaskan bahwa Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan salah satu upaya dunia usaha dalam mendukung penanganan COVID-19.

Rumah Oksigen Gotong Royong ini merupakan salah satu upaya dan komitmen KADIN Indonesia dalam memerangi pandemi COVID-19, selain juga upaya percepatan pelaksanaan Program Vaksinasi Gotong Royong. KADIN Indonesia berterima kasih atas dukungan seluruh pihak terhadap Rumah Oksigen Gotong Royong di Pulogadung ini.” ujar Arsjad Rasjid.

Sementara itu, Andre Soelistyo, CEO GoTo mengatakan, “Krisis oksigen yang dialami Indonesia saat ini antara lain disebabkan oleh distribusi yang terkendala jarak dan waktu serta keterbatasan sarana dan prasarana,”

Rumah Oksigen Gotong Royong dicetuskan untuk meminimalisir hambatan tersebut dengan menghadirkan fasilitas semi-permanen yang memungkinkan penderita COVID-19 kategori 2 mendapatkan akses mudah kepada suplai oksigen, tempat tidur perawatan sekaligus kepada fasilitas ke berbagai rumah sakit terdekat.

“Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang begitu solid dengan Samator Group dalam memastikan ketersediaan oksigen, Master Steel dalam penyediaan lahan, serta Tripatra dalam membangun konstruksi “Rumah Oksigen Gotong Royong” dalam waktu singkat.” ucap Andre Soelistyo.

“Rumah Oksigen Gotong Royong” yang akan beroperasi dalam waktu dekat ini akan dapat diakses masyarakat melalui aplikasi Halodoc. GoTo dan KADIN Indonesia sedang dalam tahap finalisasi untuk kemitraan dengan pihak yang akan mengelola operasional “Rumah Oksigen Gotong Royong” dengan kemampuan dan pengalaman dalam pengelolaan fasilitas kesehatan. 

Lima solusi dan efektivitas “Rumah Oksigen Gotong Royong”: 

  1. Lokasi yang berada di jantung suplai oksigen pabrik Samator Group akan memastikan ketersediaan oksigen setiap saat bagi para penderita COVID-19 dengan gejala sedang. 
  2. Kecepatan dan kedekatan akses ini akan mengeliminasi tantangan logistik dimana sering kali pasien harus mencari dan membawa oksigen dari tempat yang jauh. 3. Kemudahan sistem registrasi/pemesanan tempat di “Rumah Oksigen Gotong Royong” melalui aplikasi Halodoc. 
  3. Operasional yang dikelola oleh pihak yang berpengalaman di pengelolaan fasilitas kesehatan. 
  4. Kemudahan akses kepada berbagai rumah sakit di sekitar lokasi, baik rumah sakit rujukan COVID-19, maupun rumah sakit swasta, untuk penderita yang mengalami eskalasi kasus. 

Selain menyuplai oksigen kepada warga yang membutuhkan, keberadaan Rumah Oksigen Gotong Royong ini diharapkan juga dapat membantu penurunan Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit di Jakarta yang saat ini telah mencapai sekitar 85%1.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS