May 8, 2024

Langkah Maju Kesehatan Digital, Kemenkes RI dan Alodokter Bersinergi Permudah Akses Kesehatan

Penulis: Rizki R
Langkah Maju Kesehatan Digital, Kemenkes RI dan Alodokter Bersinergi Permudah Akses Kesehatan  

Mobitekno – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah mengambil langkah strategis dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Alodokter, platform telemedisin terbesar di Indonesia. Tujuan utama MoU ini adalah untuk meningkatkan penyebaran informasi dan pelayanan kesehatan di seluruh Indonesia, sejalan dengan visi dan program-program kesehatan Kemenkes RI.

Dalam keterangan resminya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, “Penandatanganan MoU dengan Alodokter merupakan langkah penting dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas informasi dan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia,”

Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan solusi inovatif dalam menyampaikan informasi efisien kepada seluruh ekosistem layanan kesehatan di Indonesia.

Alodokter

Tiga Peluang Besar Kolaborasi Alodokter x Kemenkes RI

Menkes juga mengidentifikasi tiga peluang besar yang dapat dimanfaatkan oleh platform teknologi kesehatan ini, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia:

1. Pendidikan Tenaga Kesehatan yang Lebih Mudah dan Murah: Melalui platform ini, pendidikan tenaga kesehatan dapat diakses secara online, memungkinkan para praktisi kesehatan untuk memperoleh SKP (Surat Keterangan Pendidikan) dengan biaya yang lebih terjangkau dan akses yang lebih mudah.

2. Akses Layanan Kesehatan yang Masif hingga ke Tingkat Bawah: Dengan teknologi yang memadai, Alodokter dapat terkoneksi dengan fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, memungkinkan analisis yang lebih baik melalui data dari alat-alat kesehatan canggih yang tersedia di fasilitas tersebut.

3. Pelayanan Kesehatan di Setiap Rumah: Melalui kolaborasi ini, layanan kesehatan diharapkan dapat diperluas hingga ke tingkat rumah tangga, di mana setiap rumah memiliki akses kepada layanan kesehatan yang diberikan oleh ibu rumah tangga.

Dokter

MoU antarkedua stakeholder ini mencakup beberapa aspek penting, termasuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sektor kesehatan, pengembangan komunikasi, informasi, dan edukasi tentang program-program kesehatan, survei dan pengumpulan umpan balik, dukungan langsung layanan telemedisin Alodokter untuk program-program Kemenkes, serta kegiatan kolaborasi untuk sosialisasi program kesehatan.

Suci Arumsari, Co-Founder dan President Director dari Alodokter, menyatakan kebanggaannya atas kolaborasi ini, mengungkapkan komitmen Alodokter untuk mendukung visi dan program-program pemerintah yang bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan perubahan positif dan signifikan dalam pelayanan kesehatan, memberikan manfaat yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

images 2 1

Kolaborasi antara Kemenkes RI dan Alodokter tidak hanya akan memperkuat infrastruktur kesehatan dan akses terhadap layanan kesehatan digital, tetapi juga akan memperkuat komunikasi dan partisipasi seluruh pihak di sektor kesehatan serta masyarakat dalam upaya bersama untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan nasional.

Tags: ,


COMMENTS