March 5, 2021

Fitur dan Teknologi Inovatif di Galaxy S21 Ultra 5G Bikin Main Game Jadi Lebih Nyaman

Penulis: Desmal Andi
Fitur dan Teknologi Inovatif di Galaxy S21 Ultra 5G Bikin Main Game Jadi Lebih Nyaman  

Mobitekno – Kehadiran Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memang berbeda dengan dua Galaxy S21 Series 5G lainnya. Selain dari ukuran layar, perbedaan juga terlihat dari spesifikasi, fitur, hingga kameranya. Performanya tentu lebih mantap dibandingkan dua Galaxy S21 Series 5G lainnya. Ada beberapa keunggulan yang bisa didapat dari Galaxy S21 Ultra 5G untuk para penggunanya, terutama dari layar yang besar. Salah satunya adalah untuk bermain game. Ya, bermain game dengan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G tentu lebih nyaman di mata karena ukuran layarnya yang lebih besar, yaitu 6,8 inci. 

Layarnya yang berukuran 6,8 inci Edge QHD+, berpanel Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 3200 x 1440 px, HDR10+, dan mendukung refresh rate 120 Hz, tentu sudah menjadi standar tinggi untuk bermain game. Apalagi desain layar yang melengkung di setiap sisinya membuatnya lebih nyaman saat dipegang dengan dua tangan. 

Salah satu hal menarik yang membuat Galaxy S21 Series 5G, termasuk Galaxy S21 Ultra 5G adalah kemampuan layarnya yang mendukung refresh rate 120 Hz. Mengapa begitu? Bagi dunia game, refresh rate menjadi salah satu hal yang penting, termasuk dalam PC desktop sekalipun. Refresh rate sendiri adalah kemampuan dari layar di sebuah perangkat display dalam melakukan pergantian setiap tampilan gambar di setiap detiknya. Oleh sebab itu, nilai refresh rate yang lebih tinggi membuat pembaruan antar gambar menjadi terlihat lebih smooth dan halus, serta tanpa lag. Layar yang memiliki refresh rate 120Hz berarti layar ini dapat me-refresh gambar 120 kali setiap detiknya. Dipadukan dengan performa GPU dan CPU pada sebuah smartphone, tentunya tampilan setiap adegan dalam game akan akan terlihat lebih mulus. 

Dari sisi paduan chipset dan memori sudah tergambar jelas bahwa Galaxy S21 Ultra S21 akan menjadi perangkat yang nyaman untuk bermain game-game berat, seperti PUBG, Mobile Legend, Free Fire, hingga Genshin Impact. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memang dibekali dengan chipset yang sama dengan dua Galaxy S21 Series 5G lainnya, yaitu Exynos 2100. Namun, memori yang ada jauh lebih tinggi, dimana Galaxy S21 Ultra 5G dibekali memori hingga 16 GB RAM LPDDR5. Chipset Exynos 2100 sendiri dibuat dengan fabrikasi 5nm. Di chipset ini CPU-nya bekerja dengan prosesor Octa Core  (1×2.9 GHz Cortex-X1 & 3×2.80 GHz Cortex-A78 & 4×2.2 GHz Cortex-A55). Dipadukan dengan memori sebesar 16GB LPDDR5 serta GPU Mali G78 MP14, tentunya membuat tampilan grafis dalam sebuah game akan berjalan begitu smooth. Game bisa berjalan tanpa adanya lag sedikitpun.

Penggunaan Exynos 2100 yang mengadopsi arsitektur ARM juga membuat kinerja CPU bisa meningkat 20% dibandingkan pendahulunya yang masih menggunakan fabrikasi 7nm. Chipset ini juga meningkatkan pengelolaan grafis GPU 25% lebih cepat dan kinerja AI 2x lebih baik. Selain itu, penggunaan daya pun dapat dihemat 20%. Sementara penggunaan jenis memori LPDDR5 membuat kecepatan transfernya bisa mencapai 6400 Mb/s. Ini berarti 50% lebih cepat dibandingkan teknologi memori sebelumnya, yaitu LPDDR4X. 

Samsung Wireless Dex untuk Tampilan Lebih Luas

Masih kurang puas dengan besarnya layar 6,8 inci dari Samsung Galaxy S21 Ultra 5G? Tenang, Samsung memiliki teknologi dan inovasi lainnya yang sudah dikembangkan sejak lama, yaitu Samsung DeX atau kependekan dari Desktop Experience. Bedanya dengan Galaxy S sebelumnya, kini tidak lagi menggunakan kabel. Wireless DeX ini bisa Anda manfaatkan untuk memindahkan tampilan dari layar smartphone ke perangkat yang mendukung Wireless DeX seperti pada Samsung Smart TV terbaru. 

Jalankan Samsung DeX dengan mengusap ke layar ke bawah dan menekan icon DeX di bagian notification bar. Selanjutnya pilih opsi untuk menampilkan layar ke Smart TV. Anda yang memiliki monitor gaming yang mendukung DeX bisa juga memilih opsi lainnya, yaitu smartphone ke layar monitor. Tunggu sejenak dan izinkan smartphone mengakses TV. Jika sudah, maka tampilan layar smartphone akan pindah ke layar smart TV yang begitu besar. 

Dengan cara ini, tampilan game pun akan menjadi lebih besar. Agar permainan lebih menarik, Anda bisa menambahkan aksesori tambahan seperti keyboard, mouse, atau gamepad ke port yang disediakan di smart TV Anda. 

Sound System Bawaan yang Sudah Mendukung Dolby Atmos

Bermain game akan kurang terasa nikmat jika suara yang keluar tidak gahar. Nah, kami sudah menguji untuk suara ini saat bermain game. Untuk speaker bawaannya sendiri sudah stereo, alias kiri dan kanan. Namun, untuk sensasi suara yang lebih oke, Anda bisa menggunakan perangkat earphone atau TWS. Dengan earphone standar saja dan mengaktifkan fitur Dolby Atmos, suara peperangan dalam Call of Duty begitu realistis. Anda seperti benar-benar berada di tengah peperangan. 

Ingin lebih bagus lagi? Anda bisa memanfaatkan TWS Samsung yang juga baru diluncurkan, yaitu Galaxy Buds Pro. Dengan perangkat ini, suara akan lebih fokus menuju telinga Anda karena memiliki filter penyaring gangguan suara. Selain itu dibekali fitur Active Noise Cancelling, TWS ini juga memiliki fitur Ambient Sound. Dengan fitur ini, jika tiba-tiba harus terjadi percakapan dengan orang sekitar, Anda masih bisa mendengarnya karena sistem akan menonaktifkan Active Noise Cancelling untuk sementara. 

Tags: , , ,


COMMENTS