March 12, 2021

Lebih Dekat dengan Aplikasi Samsung SmartThings Dalam Galaxy Ecosystem

Penulis: Desmal Andi
Lebih Dekat dengan Aplikasi Samsung SmartThings Dalam Galaxy Ecosystem  

Mobitekno – Awalnya, SmartThings Inc merupakan perusahaan yang bergerak di bidang smart home dan berbasis di California, Amerika Serikat. Namun, sejak Samsung mengakuisisinya pada 2014, SmartThings menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perangkat pintar Samsung hingga saat ini. Hampir semua perangkat pintar terbaru keluaran Samsung yang masuk dalam Galaxy Ecosystem, kini bisa dihubungkan dengan Samsung SmartThings. 

Saat ini, Samsung SmartThings menjadi andalan Samsung dalam mengkoneksikan berbagai perangkat pintar dan IoT ke dalam satu ekosistem yang bisa dikontrol dalam satu device saja, seperti smartphone Android. Hal ini tentunya akan memudahkan banyak orang dalam mengontrol banyak device yang dimilikinya. Bahkan, untuk sebuah smart TV pun tidak diperlukan remote lagi jika sudah dihubungkan ke aplikasi Smart Things. Aplikasi SmartThings ini bisa dijumpai pada smartphone Galaxy yang sudah masuk ke Galaxy Ecosystem, seperti Galaxy S21 Series 5G. 

Dambaan banyak orang untuk membuat sebuah rumah yang pintar (smart home) bisa menjadi kenyataan dengan Samsung SmartThings melalui aplikasi SmartThings di Galaxy S21 Series 5G. Lalu, apa saja yang Anda temukan di aplikasi Samsung SmartThings ini?

Proses Integrasi perangkat pintar ke aplikasi SmartThings yang Mudah

SmartThings sendiri sudah menjadi aplikasi bawaan pada smartphone Samsung yang mendukung Galaxy Ecosystem, seperti Galaxy S21 Series 5G. Dari aplikasi ini, perangkat-perangkat pintar keluaran Samsung yang ada di rumah, bisa disatukan. Dengan begitu, akan memudahkan fungsi kontrol terhadap berbagai perangkat pintar yang terhubung ke SmartThings. 

Untuk menggunakan aplikasi Samsung SmartThings ini, terlebih dahulu Anda harus memiliki Samsung Account. Jika belum ada akun Samsung, Anda tinggal membuatnya dengan mudah. Setelah itu, Anda bisa memasukkan perangkat-perangkat pintar yang sudah mendukung Samsung SmartThings. Perangkat yang sudah terintegrasi ini akan terlihat langsung di layar aplikasi Samsung SmartThings di Galaxy S21 Series 5G Anda. 

Selanjutnya, Anda bisa mengontrol perangkat seperti Smart TV melalui layar Galaxy S21 Series 5G. Mengganti channel, menaikkan volume, hingga melihat jadwal acara bisa dilakukan dari layar smartphone. Intinya, smartphone Anda bisa beralih fungsi menjadi remote control Smart TV. 

Aplikasi SmartThings

Hal yang sama juga berlaku untuk berbagai perangkat aksesori smartphone Galaxy seperti yang baru diluncurkan baru-baru ini, yaitu Galaxy Buds Pro dan Galaxy Smart Tag. Anda bisa mengontrolnya melalui satu aplikasi saja, yaitu Samsung SmartThings. Dari aplikasi Samsung SmartThings, Anda pun bisa mengkoneksikan dengan aplikasi bawaan perangkat tersebut, seperti Samsung Wearable untuk Galaxy Buds Pro atau Galaxy Watch Active. 

Memiliki SmartThings Find untuk Memantau Posisi Perangkat

Aplikasi ini terus dikembangkan oleh Samsung. Dan kini, Samsung telah memasukkan SmartThings Find dalam aplikasi. Apa fungsinya? SmartThings Find mirip dengan Google Maps. Anda bisa melihat tampilan peta di aplikasi ini. Uniknya, perangkat-perangkat yang sudah terhubung ke aplikasi Samsung SmartThings dan mendukung SmartThings Find, akan muncul dalam peta. Dengan begitu, SmartThings Find ini bisa dijadikan tracker untuk perangkat Galaxy kesayangan Anda. 

Kemampuan SmartThings Find ini bisa menjadi alat keamanan yang baik untuk keluarga. Misalnya, anak-anak yang menggunakan smartphone Samsung dan terhubung ke aplikasi Samsung SmartThings Anda, Anda bisa melihat posisi anak-anak dengan lebih pasti melalui keberadaan perangkat smartphone-nya. Ini juga berlaku untuk Galaxy SmartTag. Anda bahkan bisa membunyikannya melalui aplikasi, dengan bantuan koneksi seluler. 

SmartThings Find

Ada Fitur Automation untuk Proses yang Lebih Mudah dan Nyaman

Bayangkan, jika mesin cuci yang sudah terisi baju-baju kotor secara otomatis akan menyala dua hari sekali setiap jam 7 pagi. Tentunya hal ini akan sangat menyenangkan. Anda tidak perlu lagi menyalakan secara manual. Bahkan setting mesin cuci pun bisa diatur dalam perangkat smartphone.

Atau, perangkat Air Purifier Anda langsung bekerja otomatis setiap jam 6 pagi untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Jadi, ketika Anda bangun, Anda sudah mendapatkan udara yang higienis di ruang keluarga. Begitu juga dengan lampu-lampu yang bisa diatur secara otomatis melalui perangkat smartphone Galaxy S21 Series 5G. Tentunya hidup akan lebih menyenangkan dalam sebuah lingkungan yang mendukung smart home. Ini seperti layaknya Anda jumpai di film-film science dimana semua bisa bekerja secara otomatis. 

Automation

Share yang Mudah Agar Orang Tercinta Bisa Mengakses SmartThings Anda

Ekosistem SmartThings dalam perangkat smartphone Anda bisa juga Anda bagikan ke orang-orang tercinta. Hal ini agar orang-orang di dalam rumah juga bisa mengontrol perangkat. Dengan demikian, mereka tidak mengandalkan satu orang saja untuk proses pengawasan dan kontrol berbagai perangkat yang saling terhubung dalam Samsung SmartThings.

Proses share ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa mengundang salah satu anggota keluarga untuk mengakses Samsung SmartThings Anda melalui Samsung Account. Selain itu, Anda juga bisa mengundangnya melalui undangan berbentuk QR Code. Secara otomatis perangkat smartphone salah satu keluarga Anda akan mendapatkan notifikasi begitu ada salah satu perangkat yang diakses oleh orang lain yang terhubung ke ekosistem Samsung SmartThings.  

Saat ini ada beberapa jenis Samsung Galaxy yang bisa terhubung dan menggunakan aplikasi Samsung SmartThings ini. Salah satunya tentu saja Galaxy S21 Series 5G. Untuk lengkapnya, bisa diperiksa di website resmi Samsung. 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS