March 10, 2021

Ini Dia, Fitur-Fitur Pintar yang Bekerja di Balik Layar Galaxy S21 Series 5G untuk Dukung Gaya Hidup Penggunanya

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia, Fitur-Fitur Pintar yang Bekerja di Balik Layar Galaxy S21 Series 5G untuk Dukung Gaya Hidup Penggunanya  

Mobitekno – Telah kita ketahui bersama bahwa Samsung Galaxy S21 Series 5G memiliki banyak fitur di dalamnya yang membuat penggunanya semakin mudah melakukan sesuatu dengan ponselnya. Mulai dari kamera, konektivitas, hingga perekaman audio bisa menciptakan konten yang epic. Jadi, para social expressors bisa leluasa bereksperimen dengan Samsung Galaxy S21 Series 5G untuk kemudian di-share di media sosial mereka. Namun, tahukah kamu bahwa semua kelebihan yang ada di Samsung Galaxy S21 Series 5G, juga didukung teknologi pintar yang bekerja di balik layar? Contohnya penggunaan AI untuk mempermudah deteksi, analisis, hingga mampu menciptakan hasil foto dan video terbaik untuk penggunanya.

“Samsung selalu menghadirkan inovasi pada setiap lini produk yang dikeluarkan dengan tepat guna sesuai dengan target konsumennya. Inovasi dari teknologi prosesor memungkinkan kami untuk mendorong lebih jauh lagi fungsi AI dalam Galaxy S21 Series 5G yang berimbas pada peningkatkan tidak hanya dari sisi performa dari sebuah perangkat, namun juga pengalaman pengguna dalam mengakses fitur-fitur yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S21 Series 5G dalam keseharian mereka.” Ujar Verry Octavianus Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Kamera Galaxy S21 Series 5G yang Kini “Lebih Pintar”

Sejak versi pertama Galaxy S-Series hadir satu dekade lalu, inovasi di bagian kamera selalu dilakukan setiap tahunnya oleh Samsung. Samsung ingin semua penggunanya baik level pemula maupun profesional bisa menghasilkan foto yang bagus hanya dengan sekali klik. Nah, untuk mendapatkan hasil jepretan yang sempurna ini, tentunya tidak hanya mengandalkan jumlah dan spesifikasi kamera. Ada teknologi dan proses yang bekerja di baliknya. Salah satunya penggunaan Artificial Intelligence (AI).

Tanpa disadari pengguna Galaxy S21 Series 5G, ada banyak proses yang dilakukan di latar belakang, mulai dari menekan tombol shutter hingga hasil foto keluar. Sebagai contoh untuk foto Selfie. AI pada kamera akan langsung mendeteksi dan menganalisis wajah pengguna sesaat setelah tombol shutter ditekan. AI akan mendeteksi wajah yang ada di dalam frame, kemudian memisahkan wajah-wajah tersebut dengan detail-detail lain yang ada pada setiap helai rambut, mata, dan fitur wajah. AI juga akan mengatur white balance agar bisa dihasilkan warna kulit yang natural. Semua proses tadi terjadi hanya dalam waktu sepersekian detik saja. Dan, pengguna bisa mendapatkan foto selfie yang ciamik, tetapi tetap dengan tampilan natural.

Proses AI selfie
Peran AI di foto Selfie

Contoh berikutnya adalah foto dalam mode portrait atau sebelumnya dikenal dengan Live Focus. Mode ini bisa menghasilkan efek bokeh pada foto dan memberikan kesan yang lebih dramatis. Di dalam mode ini pun ada banyak efek lagi yang bisa diintegrasikan, seperti blur, studio, high-key mono, backdrop, dan color point. Di sinilah AI bekerja untuk menghasilkan foto dengan efek-efek tadi. AI melakukan banyak hal. Pertama-tama AI akan mengenali pengguna atau hewan peliharaan yang ada di dalam frame. Selanjutnya akan melakukan segmentasi untuk memisahkan subjek yang dikenal dengan background. AI langsung melakukan generate seed map, tempat dimana special effect yang dipilih pengguna akan diaplikasikan ke foto. Kemudian AI akan melakukan Tri-Map dimana AI akan bekerja otomatis mengidentifikasi subjek, latar belakang, dan area pertemuan keduanya. AI juga akan memperkirakan jarak diantara Subjek dan background untuk mendapatkan efek bokeh yang epic. Dan canggihnya lagi, teknologi AI dalam mode portrait ini mampu memastikan filter blur tidak saling overlap dengan subjek. Dengan begitu, efek bokeh atau depth of field akan terlihat lebih natural, layaknya menggunakan lensa bokeh kamera profesional.

AI 2
Proses yang terjadi dalam spersekian detik dalam penggunaan AI di foto bokeh

Kemampuan dari AI untuk memproses gambar inilah yang juga membuat fitur Single-Take pada Samsung Galaxy S21 Series 5G sangat ampuh untuk menangkap berbagai momen dalam sekali jepretan. Dengan teknologi AI perangkat akan secara otomatis memutuskan footage terbaik untuk momen-momen anda, seperti melakukan Scene-Relighting, Slow Motion, Highlight Video, Reverse, dan Boomerang. Yang semakin mempermudah pengguna untuk mengabadikan momen-momen epic mereka dalam berbagai output dalam satu kali jepretan.

Fitur Pintar Mampu Beradaptasi dengan Kehidupan Penggunanya

AI ternyata tidak hanya bekerja di bagian kamera saja. Di Samsung Galaxy S21 Series 5G, peran AI juga terlihat pada baterai. Ya, baterai menjadi salah satu pertimbangan orang dalam membeli smartphone. Saat ini, banyak orang-orang yang malas melakukan bolak-balik charge untuk mengisi daya ponselnya. Galaxy S21 Series 5G telah meningkatkan performa baterainya. Tidak hanya dari sisi kapasitas, tetapi juga teknologi di dalamnya.

Di baterai Samsung Galaxy S21 Series 5G, terdapat fitur Adaptive Battery. Fitur ini menggunakan AI untuk menganalisis penggunaan baterai. Jadi, aplikasi-aplikasi mana saja yang sering digunakan bisa diketahui. AI juga akan mamantau dan memproses aplikasi-aplikasi yang sering dalam keadaan aktif atau idle. Dengan begitu, AI bisa memprioritaskan aplikasi-aplikasi yang sering digunakan saja. Ini dapat menghemat penggunaan baterai.

Selain dengan memanfaatkan fitur Adaptive Battery, pengguna juga kembali dapat memanfaatkan Bixby Routine untuk semakin memberikan pengalaman penggunaan yang seamless. Contohnya, ketika pengguna lupa untuk mematikan nada dering di malam hari, dan ketiduran, Bixby Routine akan secara otomatis melakukannya untuk pengguna. Bahkan apabila pengguna menginginkan Bixby juga dapat secara otomatis mengatur alarm, mematikan mobile data, serta mematikan notifikasi ketika malam hari tiba. Sehingga pengguna tetap mendapatkan tidur yang berkualitas.Bixby juga bisa mengaktifkan secara otomatis medium-saving mode ketika pengguna lupa untuk mencolok charger di malam hari.

Tidak berhenti disana teknologi AI dibalik Bixby juga dapat mendeteksi apabila pengguna berada di mobil pribadi dan secara otomatis mengaktifkan read-aloud dan membuka kunci perangkat sehingga pengguna dapat berfokus kepada berkendara namun dapat dengan mudah mengakses perangkat ketika diperlukan. Bixby juga memiliki Bixby Vision yang menggunakan AI untuk membantu pengguna untuk mengenali objek objek disekitar mereka, mulai dari warna, hingga membacakan tulisan untuk pengguna.

Jadikan momen lebih epik dengan Samsung Galaxy S21 Series 5G

Samsung menetapkan harga resmi Galaxy S21 5G mulai Rp. 12.999.000, Galaxy S21+ 5G mulai Rp. 15.999.000, Galaxy S21 Ultra 5G mulai Rp 18.999.000.

Mulai tanggal 8 Maret hingga 8 April 2021, Samsung menawarkan berbagai promo pembelian menarik dengan skema sebagai berikut :

Untuk setiap pembelian Samsung Galaxy S21 Series 5G melalui toko offline dan Blibli, pelanggan akan mendapatkan:

  • Untuk setiap pembelian Samsung Galaxy S21+ 5G atau S21 Ultra 5G pelanggan akan mendapatkan:
    • E-voucher Blibli senilai Rp. 2.000.000,- untuk pembelian produk Samsung apa saja di Blibli Samsung Official Store (e-voucher harus ditukarkan terlebih dahulu melalui aplikasi Samsung Gift Indonesia)
    • Untuk pembelian dengan skema Trade-in, pelanggan akan mendapatkan cashback sebesar Rp. 2.000.000,-
  • Untuk setiap pembelian Samsung Galaxy S21 5G dengan skema Trade-in, pembeli akan mendapatkan cashback sebesar Rp. 2.000.000,-

Untuk setiap pembelian Samsung Galaxy S21 Series 5G melalui Samsung.com dan E-commerce, pelanggan akan mendapatkan:

  • Untuk setiap pembelian Samsung Galaxy S21+ 5G atau S21 Ultra 5G pelanggan akan mendapatkan:
    • Air Purifier AX34 seharga Rp. 2.099.000,- (hard bundle)
    • Untuk pembelian dengan skema Trade-in, pelanggan akan mendapatkan cashback sebesar Rp. 2.000.000,-
  • Untuk setiap pembelian Samsung Galaxy S21 5G dengan skema Trade-in, pembeli akan mendapatkan cashback sebesar Rp. 2.000.000,-

Untuk pembelian Samsung Galaxy S21 Series 5G di Samsung E-store, silakan kunjungi https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s21-5g/buy/. Dan untuk informasi lebih lanjut seputar Galaxy S21 5G series, kunjungi https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s21-ultra-5g/ dan https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s21-5g/.

 

Tags: , , ,


COMMENTS