March 12, 2021

Mau Tahu Bagaimana Aplikasi Samsung SmartThings di Galaxy S21 Series 5G Bisa Bikin Masa Depan Lebih Nyaman?

Penulis: Desmal Andi
Mau Tahu Bagaimana Aplikasi Samsung SmartThings di Galaxy S21 Series 5G Bisa Bikin Masa Depan Lebih Nyaman?  

Mobitekno – Selama ini, gambaran tentang kehidupan masa depan hanya bisa dilihat di berbagai film-film saja. Namun, semakin berkembangnya teknologi, terutama teknologi telekomunikasi, gambaran tersebut perlahan tapi pasti bisa diwujudkan. Hadirnya berbagai perangkat Internet of Things menjadi salah satu indikator yang bisa membaca bagaimana kehidupan di masa depan. Samsung juga tidak mau ketinggalan untuk turut menghadirkan dan membantu banyak orang agar hidup lebih nyaman, seperti yang digambarkan dalam kehidupan di masa depan. Samsung SmartThings, ini menjadi jembatan Samsung untuk menuju ke kehidupan yang lebih nyaman di masa depan. SmartThings yang dibeli Samsung pada 2014 sudah menunjukkan ekosistem perangkat pintar Samsung yang bisa saling terhubung satu sama lainnya.

“Inovasi serta penyempurnaan teknologi merupakan suatu hal yang ada pada DNA Samsung Electronics. Oleh karena itu, setiap produk-produk yang kami hadirkan, kami memperhitungkan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan pengalaman Anda di masa sekarang, maupun di masa yang akan datang. Aplikasi SmartThings merupakan wujud nyata dari komitmen kami tersebut. Dengan kehadiran SmartThings kami berharap akan ada lebih banyak hal yang dapat terintegrasi sehingga Anda dengan mudah dapat mengakses lebih banyak hal hanya dengan perangkat Samsung Galaxy S21 Series 5G yang mereka miliki dan memiliki kehidupan yang lebih nyaman.” Ujar Selvia Gofar Head of Product Marketing IT & Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Hadirnya Samsung Galaxy S21 Series 5G juga menjadi indikator untuk menjalani hidup yang lebih mudah dan nyaman. Berbagai fitur yang ada di dalamnya bisa membuat momen-momen epic di situasi yang juga epic. Dan, smartphone ini juga mendukung ekosistem Samsung Galaxy melalui aplikasi Samsung SmartThings yang ada di dalamnya. Melalui aplikasi ini, berbagai perangkat berbasis IoT bisa saling terintegrasi.

Kontrol Perangkat Pintar Secara Remote Dari Mana Saja

Cukup menggunakan Samsung Galaxy S21 Series 5G, kini Anda bisa mengontrol berbagai perangkat pintar lainnya hanya dari satu layar saja. Perangkat-perangkat IoT di rumah yang biasanya harus dioperasikan satu per satu, kini bisa dikendalikan dalam satu device saja. Bahkan, bisa dijalankan dari mana saja. Semuanya berkat SmartThings deep integration.

Sebagai contoh penerapan SmartThings Deep Integration bisa digambarkan dalam kasus seperti ini. Aktivitas bangun pagi Anda bisa dibarengi dengan aktivitas perangkat-perangkat pintar yang ada di rumah. Jika Anda ingin memasang alarm pada pukul 6 pagi, Anda dapat mengatur seluruh perangkat-perangkat pintar yang terkoneksi dengan perangkat Galaxy S21 Series 5G, untuk bertindak sesuai dengan keinginan Anda.

Anda cukup mengakses SmartThings mendaftarkan perangkat SmartThings yang dimiliki. Setelah itu pada menu SmartThings, Anda cukup mengakses ‘companion-app’ dan melalui opsi ‘clock’ Anda dapat mengeset waktu alarm yang diinginkan, kemudian dengan menekan tombol “Wake-up using smart device” Anda dapat mengatur apa yang akan dilakukan oleh perangkat-perangkat pintar yang dimiliki seperti Televisi, Lampu, hingga tirai. Sehingga ketika Anda men-dismiss alarm di pagi hari, Anda Dapat mengatur agar lampu dan televisi menyala dan tirai terbuka, membuat Anda menjadi semakin termotivasi untuk bangun tidur.

Automation 1
Automation dari Samsung SmartThings

SmartThings Deep Integration juga disematkan pada aplikasi Cuaca (Weather) pada Galaxy S21 Series 5G. Aplikasi Cuaca memang sudah dapat mendeteksi hal-hal dasar seperti temperatur, cuaca, serta tingkat polusi pada hari tersebut. Namun dengan Samsung Galaxy S21 Series 5G, Anda dapat mengetahui kualitas udara di rumah anda melalui menu ‘Indoor Air Quality’. Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengetahui level debu di rumah, dan menyalakan air purifier secara remote untuk menjaga kondisi udara di rumah anda tetap baik, bahkan ketika anda bepergian.

Terakhir, jangan lupakan sebuah fitur SmartThings yang sudah cukup sering digunakan oleh para Anda, yaitu fitur Smart View. Anda pasti telah mengetahui perbedaan SmartView dengan Samsung DeX dimana SmartView akan secara langsung melakukan mirroring tampilan layar perangkat Galaxy S21 Series 5G Anda dengan layar Smart TV yang dimiliki. Namun SmartThings Deep Integration dapat membawa hal ini lebih jauh lagi apabila anda memiliki perangkat-perangkat pintar lainnya yang telah terintegrasi. Dengan menggunakan Smart View, Anda dapat dengan mudah mengontrol lampu pintar dan tirai pintar agar sesuai dengan intensitas cahaya pada layar televisi untuk menghindari backlight dan memberikan pengalaman menonton yang jauh lebih nyaman.

SmartView
Smart View

Menariknya, Samsung Galaxy S21 Series menjadi produk pertama dari jajaran Galaxy yang memiliki kemampuan menggunakan SmartThings di Android Auto. Oleh karena itu, Anda bisa mengakses Android Auto dan menghubungkannya dengan Galaxy S21 Series 5G dengan perangkat Android lainnya seperti pada Head Unit di kendaraan. Setelah terhubung, Anda bisa memeriksa dan mengontrol semua perangkat pintar yang ada di rumah dari mobil. Anda pun bisa merespon berbagai notifikasi di layar Head Unit dengan lebih mudah dan nyaman.

SmartThings Auto
Dapat berinteraksi dengan Android Auto

Samsung sudah mengambangkan SmartThings ini untuk mendukung banyak perangkat IoT. DI jajaran produk Samsung sendiri, tidak hanya smartphone dan aksesorisnya saja, tetapi juga beragam perangkat Home Appliance sudah bisa terintegrasi dengan SmartThings. Kedepannya tentu akan semakin banyak perangkat pintar yang bisa diatur dengan Samsung SmartThings.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS