April 25, 2024

Nokia Selesaikan Modernisasi Jaringan 5G XL Axiata di 4.400 Titik di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Nokia Selesaikan Modernisasi Jaringan 5G XL Axiata di 4.400 Titik di Indonesia  

Mobitekno – Nokia hari ini mengumumkan bahwa telah berhasil menyelesaikan proyek lima tahun untuk memodernisasi jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah. Proyek ini mencakup sekitar 4.400 titik, antara lain penggantian jaringan serta penambahan titik baru tanpa memengaruhi pengalaman pelanggan.

XL Axiata adalah salah satu operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia dan telah mengaktifkan 5G di sejumlah kota seperti Semarang, Yogya, Solo, dan Pekalongan. Dengan selesainya modernisasi ini, para pelanggan XL Axiata kini dapat menikmati peningkatan cakupan dan kinerja jaringan yang lebih baik ke depan.

Proyek modernisasi ini merupakan keberhasilan yang signifikan bukan hanya bagi Nokia, tapi juga XL Axiata. Nokia mampu menunjukkan keahliannya dalam modernisasi jaringan 5G, sementara XL Axiata kini dapat menawarkan jaringan 5G yang lebih cepat dan andal kepada pelanggannya.

Nokia MWC24

Infrastruktur jaringan telekomunikasi yang semakin berkualitas ini juga diharapkan dapat mendorong pengembangan aplikasi dan inovasi baru berbasis 5G di Indonesia yang sejauh ini masih belum optimal.

Ada beberapa faktor yang menjadi kendala belum optimalnya implementasi 5G di tanah air, salah satunya adalanya kendala ketersediaan infrastruktur yang belum merata. Jaringan 5G saat ini baru tersedia di beberapa kota besar di Indonesia. Hal ini membuat banyak masyarakat di bukan hanya di daerah pedesaan tapi juga di beberapa kota lainnya belum dapat mengakses layanan 5G.

Dengan modernisasi jaringan XL Axiata oleh Nokia ini, diharapkan implementasi 5G di Indonesia bisa lebih optimal dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Modernisasi jaringan 5G dengan solusi Nokia AirScale, DSS, dan NPI

Dalam kesepakatan ini, Nokia menyediakan solusi dari portofolio AirScale yang komprehensif serta solusi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dan program Network Performance Improvement (NPI).

Solusi Nokia AirScale adalah platform radio access network (RAN) 5G yang terdepan dalam industri. Platform ini menggunakan arsitektur open-RAN yang memungkinkan XL Axiata untuk menambahkan peralatan dari berbagai vendor. Hal ini meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas jaringan, sehingga XL Axiata dapat dengan mudah meningkatkan kapasitas dan throughput jaringan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat.

Selain itu, Nokia AirScale juga membantu mengurangi latensi jaringan dan meningkatkan efisiensi energi. Hal ini membantu XL Axiata untuk mengurangi biaya operasional dan emisi karbon.

Nokia AIrScale 01

DSS memungkinkan XL Axiata untuk menggunakan spektrum frekuensi 4G untuk layanan 5G sekaligus meningkatkan kapasitas 5G dengan menggunakan spektrum frekuensi 4G dan 5G secara bersamaan.

Sedangkan NPI dapat membantu XL Axiata untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah kinerja jaringan. Hal ini membantu meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan. NPI juga membantu XL Axiata dalam mengoptimalkan jaringan 5G untuk berbagai aplikasi dan kasus penggunaan.

Secara keseluruhan, solusi Nokia AirScale, DSS, dan NPI membantu XL Axiata untuk membangun jaringan 5G yang modern, efisien, dan berkinerja tinggi. Jaringan ini memungkinkan XL Axiata untuk menawarkan layanan 5G yang lebih baik kepada pelanggannya dan mendorong pertumbuhan bisnis di masa depan.

Peningkatan infrastruktur 5G oleh XL Axiata akan mendorong pengembang aplikasi 5G untuk membuat dan mengaktifkan aplikasi baru berbasis 5G. Selain itu, XL Axiata dan Nokia juga menandatangani Nota Kesepahaman untuk mendirikan program co-development pada 5G Cloud RAN.

I Gede Darmayusa, Chief Technology Officer, XL Axiata Indonesia, mengatakan kegembiraannya atas terlaksananya proyek yang lancar dan tepat waktu. Jaringan yang dimodernisasi ini diharapkan dapat mendukung XL Axiata Indonesia untuk memuaskan pelanggan dengan menyediakan cakupan dan kinerja jaringan terbaik di kelasnya.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Nokia pada proyek lainnya di masa depan,” ungkapnya.

Nokia Ozgur Erzincan

Ozgur Erzincan, Head of Market Unit, Indonesia, Nokia, mengatakan Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi yang mendorong penyedia layanan untuk meningkatkan kapasitas jaringan dan pengalaman pelanggan.

“Kami sangat senang bahwa solusi kami telah membantu XL Axiata memodernisasi jaringan mereka dan meningkatkan kinerjanya. Mereka kini dapat memastikan pengalaman jaringan yang lebih baik bagi pelanggannya,” tutupnya.

Sebagai salah satu pemimpin dalam inovasi teknologi B2B, Nokia telah merintis dan menawarkan jaringan yang memahami, berpikir, dan bergerak dengan memaksimalkan layanan di seluruh jaringan seluler, fixed, dan cloud. Nokia berhasil menghadirkan jaringan yang aman, andal, dan berkelanjutan.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS