October 1, 2016

Kravasia.com, Marketplace yang Berani Angkat Kearifan Lokal

Penulis: Eko Lannueardy
Kravasia.com, Marketplace yang Berani Angkat Kearifan Lokal  

MOBITEKNO – Satu lagi marketplace yang mengangkat kearifan lokal hadir di Indonesia, Kravasia.com. Dibuat oleh dua anak muda alumni FEB-UI, Maulana Muhammad dan Ignasius Ryan Hasim, Kravasia.com sebagai jembatan yang menghubungkan pengrajin batik dan tenun dengan pembeli. Marketplace ini diluncurkan bertepatan dengan perayaan Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2016.

Batik dan tenun merupakan salah satu potensi terbesar ekonomi di Indonesia yang dimotori oleh para pengrajin lokal. Terbukti pada tahun 2015, batik, tenun dan kerajinan daerah juga telah ikut mendorong pertumbuhan industri kreatif Tanah Air mencapai Rp 642 trilliun atau 7,1 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Akan tetapi, pertumbuhan industri batik, tenun dan kerajinan Indonesia belumlah optimal. Hal ini dikarenakan keterbatasan pengrajin lokal mengenai akses informasi, teknologi serta promosi produk. Singkatnya, Kravasia.com hadir untuk mengajak industri batik dan tenun dari seluruh Indonesia untuk memasarkan produknya secara online.

"Didukung oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat, kami berharap dengan didirikannya Kravasia.com, kami dapat ikut memberdayakan industri ekonomi kreatif di Indonesia lewat pengembangan bisnis pengrajin. Di sisi lain, hadirnya marketplace ini mampu memberikan pengalaman belanja batik dan tenun online terbaik kepada customer," ujar Maulana Muhammad, CEO Kravasia.com.

""

Hal senada juga ditegaskan oleh Ignasius Ryan Hasim, COO Kravasia.com. Ia menegaskan bahwa kesulitan utama yang dihadapi pengrajin adalah mengembangkan pemasaran secara luas, untuk itulah Kravasia.com hadir sebagai jembatan membantu mereka lewat sebuah teknologi. Kini, ribuan produk batik dan tenun dari seluruh pengrajin lokal telah tersedia di Kravasia.com. 

"Kami mencoba memahami masalah yang dihadapi pengrajin dengan mengunjungi kampung batik di Jawa Tengah dan berdiskusi dengan mereka. Ternyata masalah utama yang dihadapi adalah kesulitan mengembangkan bisnis online karena keterbatasan akses informasi Permasalahan ini yang ingin diselesaikan oleh Kravasia.com." tambah Ignasius. 

Lalu disisi customer keuntungan apa yang bisa diraih? Lewat Kravasia.com, pembeli dapat berbelanja dengan melihat koleksi batik terlengkap dari pengrajin ataupun brand yang ada di Indonesia. Baik Maulana dan Ignasius juga menyakinkan bahwa Kravasia.com melakukan kurasi yang ketat untuk memastikan bahwa produk yang ditawarkan adalah produk yang berkualitas.

"Tak hanya kurasi yang ketat untuk menawarkan produk yang berkualitas, Kravasia.com juga menawarkan beberapa fitur spesial kepada konsumennya, seperti pengembalian gratis, gratis pengiriman dan pengemasan eksklusif. Dalam jangka waktu dua tahun, kami mempunyai misi untuk menjadi pusat batik, tenun dan kerajinan tangan terbesar di Asia," pungkas Maulana.

Tags: , , , , ,


COMMENTS