May 1, 2024

NVIDIA Perluas Jangkauan Generative AI ke Jutaan PC: Didukung Tensor Core GPU, LLMs, dan Tools AI untuk RTX PC dan Workstation

Penulis: Rizki R
NVIDIA Perluas Jangkauan Generative AI ke Jutaan PC: Didukung Tensor Core GPU, LLMs, dan Tools AI untuk RTX PC dan Workstation  

Mobitekno – Sebagai pionir dalam industri PC selama beberapa dekade, NVIDIA senantiasa berkomitmen menetapkan standar tertinggi dengan lebih dari 100 juta RTX GPU yang telah memimpin lahirnya era AI PC. Kini, NVIDIA kembali memimpin dengan serangkaian inovasi terbaru yang dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman penggunaan generative AI melalui perangkat komputasi.

Salah satu inovasi terbaru yang menonjol adalah akselerasi NVIDIA TensorRT™ pada model Stable Diffusion XL, yang merupakan solusi populer untuk alur kerja teks-ke-gambar. Dengan peningkatan performa hingga 60% dibandingkan dengan sebelumnya, TensorRT membawa pengalaman pengguna ke tingkat yang baru dalam hal kecepatan dan konsistensi.

“Kami sangat antusias dengan masa depan premium AI PC. Misi utama kami adalah memberikan edukasi kepada konsumen. Melalui pemahaman tentang kepentingan AI, kami percaya akan menggali potensi yang luar biasa. Sebelum 2025, AI akan menjadi seperti ‘revolusi industri’ yang berdampak besar,” ungkap Adrian Lesmono, Country Consumer Business Lead Indonesia, NVIDIA di Jakarta, Selasa (30/4).

Generative AI

Adrian Lesmono, Country Consumer Business Lead Indonesia, NVIDIA

Lebih lanjut, platform NVIDIA RTX Remix memperkenalkan alat generative AI yang memodernisasi tekstur gim klasik dengan resolusi 4K, menggunakan materi rendering yang canggih. Layanan mikro NVIDIA ACE juga menghadirkan generative AI untuk mendukung model percakapan dan animasi, memungkinkan pengembang untuk menambahkan avatar digital cerdas dan dinamis ke dalam gim.

“Dengan memanfaatkan RTX, mulai dari seri 20, NPU berperan dalam menghemat daya, sementara GPU bertanggung jawab atas performa. Tapi, pertanyaannya, mana yang lebih baik antara NPU atau GPU? Keduanya memiliki peran krusial,” sambung Adrian.

Pentingnya kinerja yang cepat dalam AI tidak bisa diabaikan, dan NVIDIA memahami hal ini dengan memperkenalkan TensorRT-LLM (TRT-LLM), sebuah open-source library yang mempercepat dan mengoptimalkan kinerja inferensi dari model bahasa besar terbaru. Dengan dukungan untuk lebih banyak model yang telah dioptimalkan sebelumnya untuk PC, TRT-LLM membuka pintu bagi pengalaman pengguna yang lebih halus dan responsif.

IMG 20240501 114602

Generative AI

Tidak hanya itu, NVIDIA DLSS 3 dengan Frame Generation menghadirkan peningkatan frame rate hingga 4x dibandingkan dengan waktu rendering pada umumnya, membuat pengalaman bermain gim menjadi lebih lancar dan imersif. Teknologi ini akan hadir pada sejumlah judul gim baru yang didukung RTX, seperti Horizon Forbidden West, Pax Dei, dan Dragon’s Dogma 2.

Generative AI Transisi Platform Paling Signifikan

Dalam upaya untuk mempermudah integrasi AI pada PC, NVIDIA juga memperkenalkan ChatRTX, sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan berbagai data pribadi mereka menggunakan retrieval-augmented generation (RAG). Dengan ChatRTX, pengguna dapat dengan mudah mengakses catatan pribadi, dokumen kerja, dan konten pribadi lainnya, serta menggunakan aplikasi ini sebagai referensi terbuka untuk proyek mereka sendiri.

“Banyak aplikasi untuk content creator yang tersedia secara gratis untuk pengguna dan dapat diunduh melalui website NVIDIA, ini adalah langkah kami untuk mengajak dan memperkenalkan penggunaan AI,” jelas Adrian.

IMG 20240430 145902 scaled

Alva Jonathan, Hardware Technology Reviewer/Professional Overclocker, Anjas Maradita, Content Creator and Corporate AI Consultant, Adrian Lesmono, Country Consumer Business Lead Indonesia, NVIDIA dan Patty Kusnandar, Country Marketing Manager Indonesia, NVIDIA

Dengan terus menghadirkan inovasi terbaru dan meningkatkan kinerja generative AI, NVIDIA memastikan bahwa pengguna PC di seluruh dunia dapat mengoptimalkan potensi perangkat keras mereka dan menikmati pengalaman yang mengagumkan dalam menghadapi era AI.

“Generative AI merupakan transisi platform paling signifikan dalam sejarah komputasi dan akan mentransformasi seluruh industri. Dengan dukungan lebih dari 100 juta PC dan workstation RTX AI, NVIDIA memberikan fondasi yang kokoh bagi para pengembang dan pengguna untuk menikmati keajaiban generative AI,” pungkas Adrian.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS