October 7, 2023

Komitmen Shopee Dukung UMKM Lokal: Majukan Industri Batik Go Global

Penulis: Rizki R
Komitmen Shopee Dukung UMKM Lokal: Majukan Industri Batik Go Global  

Mobitekno – Shopee, platform e-commerce terdepan di Indonesia, terus berkomitmen untuk mendukung UMKM lokal, termasuk industri batik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penjualan batik di Shopee, baik di pasar domestik maupun internasional.

Berdasarkan data Shopee, sepanjang tahun 2023 ini, sudah jutaan produk fashion batik karya UMKM lokal, berhasil terjual di Shopee, bahkan hingga mancanegara. Hal ini menunjukkan bahwa Shopee telah menjadi platform utama bagi UMKM batik untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Didiet Maulana, perancang busana ternama Indonesia, turut mengapresiasi peran Shopee dalam mendukung perkembangan industri batik.

UMKM lokal_Shopee

“Shopee telah menjadi platform yang sangat membantu UMKM batik untuk memperluas pasarnya hingga ke luar negeri. Hal ini tentu saja akan semakin meningkatkan popularitas batik sebagai warisan budaya Indonesia,” ujar Didiet.

Salah satu UMKM batik yang sukses mengembangkan bisnisnya melalui Shopee adalah Damakara. Damakara merupakan jenama batik asal Bandung yang berkolaborasi dengan anak-anak berkebutuhan khusus.

Dhini Prihastiti, pemilik Damakara, mengungkapkan bahwa Shopee telah memberikan banyak manfaat bagi bisnisnya.

“Jadi saya dan suami saya Bheben, bangun Damakara itu di tahun 2019, terinspirasi dari Iris Grace, anak berkebutuhan khusus yang mengekspresikan diri lewat painting dan hasil lukisannya dinilai bagus oleh kurator, terinspirasi dari hal tersebut kita pun bekerja sama membuat produk berkolaborasi dengan anak berkebutuhan khusus. Kemudian tahun 2020, usaha yang baru kita dirikan ini cukup tersendat, karena pandemi. Akhirnya kita coba untuk go digital lewat Shopee, dan alhamdulillah sampai sekarang masih eksis dan berkembang terus,” ungkap Dhini.

Berkat dukungan Shopee, Damakara berhasil mencatatkan kenaikan omzet hingga 770%. Selain itu, pangsa pasar produk Damakara juga semakin luas, mencakup seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

“Shopee telah membantu kami untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, baik di Indonesia maupun luar negeri. Selain itu, Shopee juga memberikan berbagai program dan pelatihan yang sangat bermanfaat bagi UMKM,” tambah Dhini.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, membenarkan kalau penjualan batik dari tahun ke tahun memang mengalami peningkatan.

“Berdasarkan data yang kami miliki, semakin ke sini, penjualan batik semakin meningkat, tidak bergantung pada momen-momen tertentu saja. Di sepanjang tahun 2023 ini saja, sudah jutaan produk fashion batik karya rekan-rekan UMKM lokal, sudah berhasil terjual di Shopee, bahkan hingga mancanegara, ” jelas Monica.

Shopee akan terus berkomitmen untuk mendukung UMKM lokal, termasuk industri batik. Shopee percaya bahwa UMKM batik memiliki potensi besar untuk berkembang dan menjadi salah satu produk unggulan Indonesia di pasar global.

IMG 20231007 WA0002 scaled

Dukungan Shopee untuk UMKM Lokal

Berikut adalah beberapa upaya Shopee untuk mendukung UMKM lokal khususnya batik:

Program Ekspor Shopee

Shopee memiliki program Ekspor Shopee yang memudahkan UMKM untuk menjangkau pasar internasional. UMKM dapat mendaftarkan produknya ke program ini dan akan mendapatkan pendampingan dari Shopee untuk proses ekspor.

Laman Shopee Pilih Lokal

Shopee memiliki laman Shopee Pilih Lokal yang menampilkan produk-produk UMKM lokal, termasuk batik. Laman ini memudahkan pelanggan untuk menemukan produk UMKM lokal.

Program dan pelatihan untuk UMKM

Shopee juga mengadakan berbagai program dan pelatihan untuk UMKM, termasuk pelatihan tentang pemasaran digital dan branding. Program dan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengembangkan bisnisnya.

IMG 20231007 WA0004 scaled

Shopee percaya bahwa dukungan dari berbagai pihak akan semakin mendorong perkembangan industri batik di Indonesia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS