April 27, 2024

Ramadan & Lebaran 2024, Tokopedia & TikTok Shop | Tokopedia Beberkan Rahasia Belanja Online Laris Manis

Penulis: Rizki R
Ramadan & Lebaran 2024, Tokopedia & TikTok Shop | Tokopedia Beberkan Rahasia Belanja Online Laris Manis  

Mobitekno – Momen Ramadan-Lebaran tahun 2024 tidak hanya menjadi periode spiritual yang penuh berkah bagi umat Muslim di Indonesia, tetapi juga membawa peluang bisnis online yang lebih baik bagi para pelaku usaha, terutama mereka yang tergabung di platform Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia. Inisiatif kolaboratif antara kedua platform ini telah memberikan dorongan positif bagi ekosistem bisnis online Indonesia.

Nuraini Razak, E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia, momen Ramadan-Lebaran 2024 dimanfaatkan dengan baik oleh Tokopedia dan TikTok untuk menghadirkan berbagai inisiatif, seperti program Beli Lokal dan Ramadan Ekstra Seru. Kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia, khususnya brand lokal, agar menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

“Produk Groceries (produk-produk kebutuhan sehari-hari termasuk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan diri serta masih banyak lagi), Rumah Tangga dan Fashion adalah beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024,” ungkap Nuraini.

Ramadan Ekstra Seru

Di berbagai pulau di Indonesia, tren belanja online juga menunjukkan pola yang serupa, dengan kategori tertentu yang menjadi favorit di setiap wilayah. Contohnya, pulau Sumatra dan Jawa adalah Groceries, Rumah Tangga dan Fashion. Sedangkan di pulau Kalimantan, beberapa kategori yang terlaris adalah Elektronik, Groceries dan Rumah Tangga.

Di sisi lain, di pulau Sulawesi, Tokopedia mencatat kategori yang laris manis adalah Groceries, Elektronik dan Fashion. Di pulau Papua, kategori Elektronik, Groceries serta Olahraga dan Hobi adalah beberapa kategori yang terlaris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024.

Kesuksesan Kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru’

Kampanye Ramadan Ekstra Seru yang diselenggarakan oleh Tokopedia dan Shop | Tokopedia di TikTok telah memberikan dampak yang signifikan. Penjualan produk groceries, elektronik, dan fashion mengalami peningkatan hampir dua hingga 2,5 kali lipat selama kampanye tersebut berlangsung.

IMG 20240427 094955 scaled

Program Beli Lokal merupakan komitmen Tokopedia dan TikTok untuk mendukung brand lokal dan UMKM di Indonesia. Hasilnya, penjualan sejumlah brand lokal mengalami peningkatan hingga 9 kali lipat selama bulan Ramadan 2024. Hal ini membawa dampak positif bagi pertumbuhan bisnis online di Indonesia.

Beberapa pelaku usaha lokal seperti Tulus Skin, Jenna and Kaia, dan Hijrahfood Meatshop telah merasakan manfaat dari kolaborasi dengan Tokopedia dan TikTok. Dukungan yang diberikan oleh platform-platform ini membantu mereka meningkatkan penjualan, membuka lapangan kerja baru, dan memperluas jangkauan pasar mereka.

Salah satu Pemilik Usaha Tulus Skin, Jessica Anggrainy, mengungkap, “Sejak awal bergabung Tokopedia dari tahun 2021 sampai saat ini, omzet Tulus Skin mengalami kenaikan hingga 5 kali lipat. Sistem rekomendasi TikTok yang berbasis konten membuka peluang bagi kami untuk memperluas jangkauan ke lebih banyak masyarakat,”

Foto 5

“Itulah mengapa kami juga memanfaatkan platform Shop | Tokopedia agar konten kami dapat ditemukan oleh komunitas dengan minat yang sesuai. Kami bahkan rutin mengikuti kampanye, termasuk Beli Lokal dan Festival Ramadan Ekstra Seru. Penjualan kami selama Ramadan-Lebaran 2024 pun bisa meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa,” lanjutnya.

Sementara itu, Pemilik Usaha Jenna and Kaia, Lira Krisnalisa, menerangkan bahwa sejak bergabung di Tokopedia pada 2018 dan aktif mengikuti berbagai kampanye online di Tokopedia, termasuk Tokopedia Fashion selama bulan Ramadan 2024, penjualan Jenna and Kaia meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye tersebut.

Foto 4

“Kini Jenna and Kaia semakin aktif berjualan melalui Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, khususnya menggunakan fitur LIVE yang tidak hanya memudahkan pengguna untuk melihat try on produk kami, tetapi juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi,” ucap Lira.

Momen Ramadan-Lebaran 2024 tidak hanya menjadi waktu yang penuh makna secara spiritual, tetapi juga membawa peluang bisnis yang besar bagi para pelaku usaha online di Indonesia. Kolaborasi antara Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia telah membantu memperkuat ekosistem bisnis online Indonesia dan mendukung pertumbuhan brand lokal serta UMKM. Dengan inisiatif yang terus berkembang dan dukungan yang terus-menerus, masa depan bisnis online di Indonesia terlihat cerah dan penuh harapan.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS