April 19, 2024

Tokopedia Buktikan Komitmen Bantu Sesama, Kumpulkan Zakat dan Donasi Rp7,8 Miliar di Ramadan

Penulis: Rizki R
Tokopedia Buktikan Komitmen Bantu Sesama, Kumpulkan Zakat dan Donasi Rp7,8 Miliar di Ramadan  

Mobitekno – Tokopedia telah menjalin kemitraan yang kuat dengan berbagai lembaga kemanusiaan, seperti BAZNAS, LAZIS NU, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, dan Rumah Zakat, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah dan berbagi kebaikan selama Ramadan 2024.

Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia, mengungkapkan bahwa platform ini telah menyediakan beragam fitur, termasuk Zakat Fitrah, Donasi, Wakaf, Fidyah, dan Zakat Maal, yang memungkinkan masyarakat untuk berkontribusi secara mudah.

Pada Ramadan 2024, jumlah zakat dan donasi yang terkumpul melalui Tokopedia mencapai lebih dari Rp7,8 miliar. Antusiasme masyarakat terhadap pembayaran zakat fitrah secara online juga meningkat drastis, meningkat lebih dari 3,5 kali lipat empat hari jelang Lebaran 2024 dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Tokopedia

Selain itu, transaksi menggunakan fitur Zakat Maal melalui platform ini juga mengalami lonjakan hampir 1,5 kali lipat dalam periode yang sama. Bagi masyarakat yang membayar zakat melalui Tokopedia, mereka akan mendapatkan Bukti Setor Zakat yang telah disahkan oleh Pemerintah, sesuai dengan peraturan yang ada.

Hal ini membantu mengurangi penghasilan kena pajak, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

Tokopedia Hadirkan Dampak Positif

Selain zakat fitrah, minat masyarakat dalam berdonasi juga tinggi, dengan jumlah transaksi pada fitur Donasi meningkat hampir 2 kali lipat selama Ramadan 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tokopedia 1

Donasi yang terkumpul melalui Tokopedia telah disalurkan oleh mitra lembaga kemanusiaan terhubung untuk memenuhi kebutuhan Ramadan bagi masyarakat yang membutuhkan, seperti hidangan buka puasa, parsel Lebaran, dan perlengkapan ibadah.

“Semoga donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan sekaligus menginspirasi lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama,” tutup Rizky.

Foto 1 1

Kolaborasi Tokopedia dengan mitra lembaga kemanusiaan telah memberikan dampak positif yang luas, menjangkau berbagai daerah di Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Semoga donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat terus membantu mereka yang membutuhkan dan menginspirasi lebih banyak orang untuk berbagi kebaikan dengan sesama. Dengan bersama-sama, kita dapat menjadikan Ramadan sebagai momentum untuk memberikan yang terbaik bagi sesama.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS