April 18, 2020

Puluhan Ribu Pekerja Informal Terdampak COVID-19 Sambut Kampanye ‘Patungan Untuk Berbagi THR’

Penulis: Rizki R
Puluhan Ribu Pekerja Informal Terdampak COVID-19 Sambut Kampanye ‘Patungan Untuk Berbagi THR’  

Mobitekno – Ramadan menjadi momen yang tepat untuk membangun kolaborasi, solidaritas dan semangat berbagi sebagai sesama masyarakat Indonesia. Melalui kampanye ‘Patungan Untuk Berbagi THR’, ekosistem digital terbesar di Indonesia, Tokopedia, OVO, dan Grab, memperkuat program jaring pengaman sosial pemerintah dengan menggalang bantuan sembako bagi pekerja informal yang terdampak pandemi COVID-19. 

Program ini menyasar para pengguna Tokopedia, OVO dan Grab yang memungkinkan berdonasi secara digital dari smartphone masing-masing, sehingga memungkinkan masyarakat untuk berdonasi dengan nyaman dari rumah mereka. Donasi yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk paket sembako oleh BenihBaik bersama komunitas sosial rekanan seperti Jaringan Gusdurian dan PP Pemuda Muhammadiyah, dan didistribusikan kepada puluhan ribu pekerja informal yang berada di Jabodetabek secara minim kontak. 

Selain menghimpun dana donasi masyarakat, OVO, Tokopedia dan Grab juga berkomitmen untuk melipatgandakan setiap donasi yang terkumpul, sampai dengan Rp1,5 miliar. Dengan 115 juta perangkat dalam ekosistemnya, OVO, Tokopedia, dan Grab berfungsi sebagai jembatan yang kuat untuk berbagi.

Patungan Untuk Berbagi THR akan menjadi gerakan berbasis-digital terbesar yang membantu pekerja sektor informal di Indonesia, melalui donasi minim kontak; dari pengumpulan dana, pemesanan barang, hingga pengiriman.

Foto 4

Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO mengatakan, ”OVO akan terus mengedukasi pentingnya transaksi dan donasi nontunai, terutama di masa-masa yang luar biasa sulit ini, untuk mencegah penyebaran COVID-19 melalui uang tunai. Patungan Untuk Berbagi kembali lagi untuk memantik semangat kolaborasi, solidaritas dan berbagi di antara sesama anak bangsa Indonesia,”

Dalam kesempatan yang sama, Melissa Siska Juminto, COO Tokopedia juga mengungkapkan, “Tokopedia percaya bahwa penggunaan teknologi dapat mendorong lebih banyak orang Indonesia untuk berpartisipasi dalam membantu orang lain, terutama mereka yang bekerja di sektor informal dan kehilangan pendapatan mereka karena pandemi COVID-19. Di Patungan Untuk Berbagi THR kali ini, kami mendorong gerakan donasi tanpa kontak, mulai dari pengumpulan dana, pesanan barang, hingga pengiriman bantuan.”

Sementara itu, Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia mengatakan “Sejalan dengan misi GrabForGood, kami terus berkomitmen untuk membawa dampak positif dari teknologi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Terlepas dari situasi COVID-19 yang membatasi aktivitas publik, sebagai aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia, Grab Indonesia tetap beroperasi dan #SiapAntarRamadanmu, agar pelanggan Grab memiliki momen Ramadan yang membahagiakan. Selain itu, Grab juga kembali melaksanakan Patungan untuk Berbagi dengan Tokopedia dan OVO, siap membantu masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan mengantarkan bantuan bagi pekerja sektor informal yang membutuhkan.”

Terkait kampanye Patungan Untuk Berbagi, Alissa Wahid, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian menyambut baik dilibatkannya Jaringan Gusdurian dalam aksi kolaborasi dan solidaritas sosial yang menggugah semangat gotong royong dan berbagi dari seluruh lapisan masyarakat yang sedang melakukan social distancing.

“Kami mengapresiasi inisiatif Patungan Untuk Berbagi THR. Ini adalah saatnya bagi kita untuk berbagi tanpa melihat golongan. Pandemi COVID-19 ini menyatukan kita semua. Inilah saatnya kita melakukan introspeksi diri bahwa pada dasarnya kita semua sama di muka bumi ini,” kata Alissa Wahid.

Adapun paket sembako yang akan dibagikan kepada para pekerja informal mencakup: beras, gula, minyak goreng, dan biskuit. Untuk memastikan kontak dan keterlibatan uang tunai secara minimum, BenihBaik akan melakukan pembayaran menggunakan OVO dan paket Sembako akan dikirimkan oleh layanan kurir instan GrabExpress, langsung ke penerima manfaat.

Tags: , , , ,


COMMENTS