March 20, 2024

Jadi Primadona, Tokopedia Catat Penjualan Kolak Pisang Melonjak 21 Kali Lipat!

Penulis: Rizki R
Jadi Primadona, Tokopedia Catat Penjualan Kolak Pisang Melonjak 21 Kali Lipat!  

Mobitekno – Bulan Ramadan merupakan momen yang pas untuk mencari berbagai makanan atau minuman manis sebagai takjil untuk berbuka. Hal ini terbukti dari data internal Tokopedia yang mencatat lonjakan penjualan khusus minuman, khususnya selama awal bulan Ramadan 2024.

Menyadari tren ini, Tokopedia memperhatikan berbagai minuman dingin yang menjadi favorit saat buka puasa. Penjualan jus buah, es cendol, es kopyor, dan kolak pisang mengalami peningkatan yang signifikan di awal bulan Ramadan 2024, tidak hanya secara nasional, tetapi juga di daerah-daerah seperti Jawa Barat dan Kota Bandung.

“Jus buah secara nasional mengalami kenaikan transaksi hingga lebih dari 1,5 kali lipat di awal bulan Ramadan 2024. Sedangkan untuk di Jawa Barat, penjualan jus buah juga naik lebih dari 4 kali lipat dan di Kota Bandung sendiri penjualan jus buah naik lebih 3,5 kali lipat,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Tokopedia 2 scaled

Ada pula, es cendol, salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat, yang turut mengalami kenaikan hampir 3 kali lipat secara keseluruhan di toko hijau ini saat awal bulan Ramadan 2024. Bahkan penjualan es cendol di Jawa Barat juga naik hampir 3 lipat di Jawa Barat dan naik 6 kali lipat khususnya di Kota Bandung.

Kolak pisang juga sangat populer untuk dijadikan menu takjil di bulan Ramadan. Selama awal bulan Ramadan 2024, penjualan kolak pisang secara nasional di Tokopedia mengalami lonjakan hingga 21 kali lipat. Di Jawa Barat sendiri, penjualan kolak pisang pun mencapai 29 kali lipat,” ujar Rizky.

Tokopedia

Bentuk Dukungan Tokopedia untuk UMKM

Rizky menilai potensi industri makanan dan minuman masih sangat besar, maka dari itu perusahaan terus mendorong kampanye Tokopedia NYAM! untuk menyediakan panggung yang seluas-luasnya bagi pelaku usaha, khususnya UMKM lokal makanan dan minuman, agar bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia termasuk saat Ramadan 2024.

Melalui kampanye Tokopedia NYAM! dan program lainnya seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Dilayani Tokopedia, UMKM dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dengan mudah.

Selain memberikan platform penjualan, Tokopedia juga memberikan dukungan kepada UMKM makanan dan minuman melalui berbagai inisiatif. Ini termasuk pelatihan digitalisasi, literasi keuangan, dan webinar #SIAPRAMADAN 2024 untuk membantu UMKM mempersiapkan strategi penjualan mereka selama dan setelah Ramadan.

Tokopedia

Chef Ronny Gunawan dan Coffee Professional and Indonesian Barista Champion, Mikael Jasin, memberikan tips dan ide kepada UMKM tentang bagaimana berinovasi dengan menu minuman yang unik dan relevan. Mereka menekankan pentingnya adaptasi bisnis dan strategi omnichannel untuk tetap bersaing di pasar yang terus berubah.

Dengan kolaborasi strategis, dukungan, dan inovasi yang terus menerus, Tokopedia dan UMKM makanan dan minuman di Indonesia dapat merayakan bulan Ramadan dengan sukses dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

Tags: , , , , ,


COMMENTS