May 11, 2023

Produk Beras dan Makanan Kering Meroket 6 Kali Lipat di Platform Tokopedia

Penulis: Rizki R
Produk Beras dan Makanan Kering Meroket 6 Kali Lipat di Platform Tokopedia  

Mobitekno – Sebuah laporan menujukkan sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023. Hal ini sejalan dengan tren belanja online yang terdapat pada Tokopedia.

Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menjelaskan bahwa pada kuartal I 2023, produk seperti makanan dan minuman, perlengkapan kebersihan serta perawatan tubuh dan kecantikan menjadi beberapa produk yang paling laris di Tokopedia dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Pada kuartal I 2023, masyarakat melengkapi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk makanan dan minuman di Tokopedia.

“Kami mencatat produk seperti daging dan seafood, makanan sarapan serta beras dan makanan kering (seperti beras shirataki dan kacang almond) masing-masing mengalami peningkatan transaksi lebih dari 3 kali lipat, lebih dari 4 kali lipat dan lebih dari 6 kali lipat,” jelas Ekhel.

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai bahan makanan segar dan produk kebutuhan lainnya dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran serta bebas ongkir lewat Tokopedia NOW!. Selain itu, ada pula Tokopedia NYAM! yang menyediakan flash sale mulai dari Rp10 ribu untuk berbagai pilihan menu makanan dan minuman terkurasi.

Tokopedia juga melihat adanya peningkatan transaksi pada produk perlengkapan kebersihan sebesar lebih dari 3,5 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Produk seperti sabun cuci piring, pembersih kaca dan pengharum ruangan menjadi sejumlah produk perlengkapan kebersihan yang paling diburu masyarakat Indonesia.

 

Tokopedia Tips Jualan Online Ramadan 2023

Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan berbagai produk perlengkapan kebersihan melalui kampanye Waktu Indonesia Bersih yang menawarkan promo menarik seperti diskon hingga 90% untuk berbagai pilihan perlengkapan kebersihan seperti cairan pembersih hingga pengharum ruangan.

Produk perawatan tubuh dan kecantikan juga diserbu masyarakat. Tokopedia mencatat produk perawatan tubuh dan kecantikan (seperti sampo, vitamin dan pengharum rambut) mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 2 kali lipat pada kuartal I 2023. Berbagai produk perawatan tubuh dan kecantikan bisa didapatkan lewat Tokopedia Beauty dengan promo flash sale hingga 90%.

Transaksi Penjual Naik Nyaris 6 Kali Lipat Berkat Inisiatif Hyperlocal Tokopedia

Tokopedia, kata Ekhel, melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia, sehingga membuat perusahaan berupaya untuk terus membantu pelaku usaha memanfaatkan kanal digital sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal.

Kumpulan Toko Pilihan (KTP) misalnya, sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli. “Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Karawang (Jawa Barat), Madiun (Jawa Timur) dan Gianyar (Bali) mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada kuartal I 2023 dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 4 kali lipat,” jelas Ekhel.

Di sisi lain, untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia menghadirkan Dilayani Tokopedia. Layanan pemenuhan pesanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

“Data internal Tokopedia menunjukkan, pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan hampir 6 kali lipat,” jelas Ekhel.

Strategi Hyperlocal Dorong Transaksi pada Kuartal I 2023

Kehadiran inisiatif Hyperlocal juga turut membantu mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia. “Hal ini ditunjukkan dengan Maluku Barat Daya (Maluku), Konawe Kepulauan (Sulawesi Tenggara) dan Lombok Utara (NTB) menjadi sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi, pada kuartal I 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2,5 kali lipat,” ungkap Ekhel.

Ekhel menambahkan bahwa ketiga wilayah tersebut–Maluku Barat, Konawe Kepulauan dan Lombok Utara–juga merupakan sejumlah wilayah yang memiliki peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi di Tokopedia selama kuartal I 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2,5x lipat.

Sedangkan, Prabumulih (Sumatra Selatan), Pandeglang (Banten) dan Pemalang (Jawa Tengah) tercatat sebagai sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi menggunakan pengiriman same day dan instan paling tinggi di Tokopedia selama kuartal I 2023, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 7,5 kali lipat.

 

Tags: , , ,


COMMENTS