November 17, 2021

Kampus UMKM Shopee Jakarta Resmi Dibuka, Beri Kemudahan Akses Pelatihan UMKM Lokal

Penulis: Desmal Andi
Kampus UMKM Shopee Jakarta Resmi Dibuka, Beri Kemudahan Akses Pelatihan UMKM Lokal  

Mobitekno – UMKM lokal kini bisa menambah keahliannya dalam meningkatkan bisnisnya dengan hadirnya Kampus UMKM Shopee Jakarta. Kampus yang berlokasi di Gedung Pakuwon, Jakarta Selatan ini, secara resmi dibuka Shopee dan Pemrov DKI Jakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut Handhika Jahja selaku Direktur Shopee Indonesia dan Elisabeth Ratu Rante Allo selaku Kepala Dinas perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM), mewakili Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Pemulihan ekonomi Indonesia akan bergantung pada UMKM kita. Jika kita bisa membuat UMKM semakin tangguh, kita dapat membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri. Dengan memperhitungkan keterbatasan UMKM untuk bisa mengakses edukasi dan fasilitas penunjang digitalisasi bisnis mereka, Kampus UMKM Shopee hadir di berbagai kota, termasuk Jakarta, untuk memastikan UMKM lokal bisa naik kelas,” ungkap Handhika Jahja.

Hadirnya kampus ini juga sebagai realisasi dari komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM yang terus membina lebih banyak pelaku UMKM agar bisa naik kelas. Oleh sebab itu, bersama-sama Pemprov DKI Jakarta, mereka berharap kampus ini bisa menjadi tempat untuk menambah keahlian pelaku UMKM. Shopee dan Pemprov DKI Jakarta akan melakukan pendampingan agar para pelaku usaha bisa menikmati beberapa fasilitas serta layanan yang ada, terutama untuk mengakomodir kebutuhan pengembangan bisnis UMKM agar dapat berkembang lebih maksimal.

“Dukungan yang diberikan Shopee dengan mendirikan kampus kami sambut baik dalam rangka membantu UMKM meningkatkan bisnisnya. Pengembangan ini (secara) komprehensif diberikan melalui program edukasi yang berkesinambungan. Dengan dukungan berupa kampus ini, para pelaku UMKM bisa mendapatkan tambahan pengetahuan serta mendapatkan aspek pengembangan bisnis sehingga bisa meningkatkan skala usahanya,” kata Elisabeth Ratu.

Pemotongan Tumpeng Kampus UMKM Shopee Jakarta

Di dalam Kampus UMKM Shopee Jakarta ini terdapat berbagai layanan dan program pelatihan. Tersedia trainer dan Tim Administrasi Shopee yang terdedikasi, ruang pelatihan untuk UMKM mengikuti berbagai modul pembelajaran mengenai konsep bisnis online di e-commerce, cara berjualan secara online, mengenal psikologi pembeli sebelum berjualan serta pengenalan tentang cara menggunakan aplikasi Shopee dan fitur-fitur pendukung untuk membuat penjualan lebih efektif.

Tersedia juga fasilitas seperti ruang foto produk dan spot live streaming yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten agar dapat memasarkan produk, dan juga fasilitas bantuan sebagai pusat edukasi serta simulasi gudang. Seluruh fasilitas dan pelatihan ini dapat dinikmati oleh UMKM lokal secara gratis.

Hadirnya Kampus UMKM Shopee Jakarta merupakan kado istimewa yang Shopee siapkan untuk membantu perkembangan UMKM lokal. Sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, digitalisasi UMKM diharapkan bisa membantu mereka untuk bertahan di kala pandemi.

Tags: , , ,


COMMENTS