March 9, 2024

Maksimalkan Penggunaan Emoji untuk Meningkatkan Penjualan: Pelajaran dari Art of Emoji Report edisi eCommerce

Penulis: Rizki R
Maksimalkan Penggunaan Emoji untuk Meningkatkan Penjualan: Pelajaran dari Art of Emoji Report edisi eCommerce  

Mobitekno – Penggunaan emoji, sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 telah menjadi bahasa universal dalam komunikasi digital. Dari menyampaikan ekspresi, subteks, hingga menyiratkan emosi yang sulit diungkapkan lewat teks biasa, emoji menjadi elemen penting dalam berinteraksi secara online.

CleverTap, platform engagement all-in-one, belum lama ini meluncurkan Art of Emoji Report edisi eCommerce, sebuah laporan yang mengungkapkan tren penggunaan emoji, keefektifan, dan strategi penggunaannya dalam industri eCommerce.

Menurut Emojipedia Annual Report 2023, penggunaan emoji telah mengalami lonjakan sebesar 77% year-over-year (YoY), menandakan popularitas yang terus meningkat dari medium komunikasi ini. Dalam konteks eCommerce, emoji menjadi alat yang sangat efektif dalam membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

Laporan CleverTap Art of Emoji Report menemukan bahwa notifikasi yang mengandung emoji meningkatkan tingkat klik sebesar 12% dibandingkan dengan notifikasi tanpa emoji. Oleh karena itu, banyak brand eCommerce melihat emoji sebagai tools persuasif untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan mereka.

CleverTap

Temuan Utama dari Laporan Penggunaan Emoji

CleverTap menganalisa 10 miliar data point dari 40 juta push notification yang dikirim oleh platform eCommerce di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa temuan utama dari laporan tersebut:

– Penggunaan Emoji Berdasarkan Kawasan: Laporan ini menguraikan emoji yang paling umum digunakan, emoji dengan performa terbaik, dan emoji yang sebaiknya dihindari berdasarkan kawasan, termasuk India, Asia Tenggara, Timur Tengah, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

– Efektivitas Emoji: Emoji-emoji tertentu terbukti lebih efektif dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Namun, laporan juga menunjukkan bahwa banyak perusahaan eCommerce hanya menggunakan sebagian kecil dari emoji yang memiliki performa terbaik.

– Strategi Penggunaan Emoji: Berdasarkan data analisa, laporan memberikan saran tentang bagaimana marketer dapat memanfaatkan emoji secara efektif untuk membangun engagement yang lebih kuat dengan pelanggan mereka.

Paling umum

Performa terbaik

Harus dihindari

India

👟💯👇😍🥳😱💰🎁😎🥰🛒

🧘‍♂️🧡🌧️🦚👑😍😎🤑

😱🥳💰👇👍🎁👟💯🍬

Asia Tenggara

😎👉🛒📲🍺📢🎁🥰😍🏃🔥👀💨🤑🚀

🚗👜👗💞😭💰🛋️🙏🧸

😎😉😋😜🤯🍺📲🥛

Timur Tengah

💃🔥🚨💄👉👖💪🥰🚗😎🚘

📲🚗💫🚘🚨🚀🤍🤯

🤸🏋️👊💋👕👚💪🥰

Eropa

📲👕😋💰💸💳🍔🍗🍕🍟🍏🧥

🔍🛑🥕🥩🔔💧💻🍗🍕

📱👖📄🛍️🍪🔌💄👗🪷

Amerika Utara

💰💸🚀🎉🤤🥪🎵🍽️🕒👛🤩

📲👋🛒🔴💸😂🧊🥰

👛🤤🛰️💰🚘📌🎁🎵🎉

Amerika Selatan

🍷🤑🚨🎁👀🚚🏷️👉🍾🤩🚀💨

👋📲🛒🔺💸💡👇🆕👑

🔥🔒📢🤔🍷🌍💃🏷️

Joe Maulana Harahap, Country Manager Indonesia CleverTap, menekankan pentingnya penggunaan emoji yang tepat dan relevan dalam komunikasi dengan pelanggan.

“Marketer harus bereksperimen dengan berbagai emoji untuk menemukan yang paling efektif untuk target audiens mereka, namun hanya digunakan ketika konteksnya relevan. Ingat bahwa Anda ingin menjaga agar segala sesuatunya tetap fresh, selalu relate, dan yang terpenting, peka terhadap budaya yang ada ketika Anda harus menggunakan tools persuasif semacam itu di dalam marketing toolbox Anda,” terang Joe.

Penggunaan Emoji

20171107084534 Ini Dia Emoji yang Paling Populer Digunakan di iOS dan MacOS

Dengan kemajuan di dalam MarTech, emoji akan semakin terpersonalisasi dan terintegrasi dengan AR/VR, mengubah cara pelanggan berinteraksi dengan produk dan layanan. Joe juga menambahkan, “Emoji akan disesuaikan secara dinamis berdasarkan sentimen dan konteks pembicaraan, sehingga meningkatkan kedalaman emosi dalam komunikasi. Bersamaan dengan hal tersebut, semakin banyak integrasi emoji dengan AR/VR akan membuat pelanggan dapat mengekspresikan diri mereka dengan lebih jelas di lingkungan yang imersif,”

Laporan CleverTap Art of Emoji Report edisi eCommerce menjadi panduan berharga bagi brand eCommerce untuk memahami dan memanfaatkan potensi besar emoji dalam membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan mereka di era digital yang terus berkembang.

Tags: , , , ,


COMMENTS