November 9, 2022

Fleksibilitas Samsung Galaxy Z Fold4 5G Bikin Journaling Setiap Hari Jadi Lebih Nyaman

Penulis: Desmal Andi
Fleksibilitas Samsung Galaxy Z Fold4 5G Bikin Journaling Setiap Hari Jadi Lebih Nyaman  

Mobitekno – Aktivitas journaling merupakan bentuk atau cara seseorang mengekspresikan pikiran tentang aktivitas hariannya dalam sebuah tulisan di buku harian. Namun, ternyata aktivitas ini tidak hanya sekadar menulis di buku harian. Ternyata ada banyak manfaat dibaliknya, yaitu menjadi salah satu cara untuk melepas stres sehingga kesehatan mental bisa tetap terjaga.

Berbeda dengan menulis diary yang bersifat lebih privacy, journaling bisa menceritakan apa saja tentang aktivitas yang dilakukan seharian penuh. Dahulu, journaling banyak dilakukan di buku harian. Mulai dari bangun tidur, aktivitas ini sudah bisa dilakukan. Morning Journaling bisa dilakukan untuk menggambarkan suasana hati pada saat itu, sekaligus menceritakan aktivitas apa yang dilakukan di siang atau sore harinya. Dilanjut dengan journaling siang atau malam yang menggambarkan seluruh aktivitas yang dilakukan pada hari tersebut. Kini, di zaman yang serba digital, journaling tidak hanya bisa dilakukan di buku harian, akan tetapi juga bisa di PC, laptop, atau bahkan smartphone. Ya, smartphone. Perangkat mobile tersebut justru dianggap praktis untuk melakukan aktivitas ini.

IMG20221109145147
Galaxy Z Fold4 5G

Samsung melalui Galaxy Z Fold4 5G mampu menjadi teman yang baik untuk seseorang yang ingin melakukan aktivitas journaling. Fitur multitasking dan fitur pendukung journaling sudah disiapkan oleh Samsung dalam smartphone yang memiliki ukuran layar bagian dalam 7,6 inci. Ukuran layar tersebut cukup lega bagi pengguna untuk mengeksplorasi pikirannya. Apalagi smartphone ini didukung prosesor Snapdragon 8 plus Gen 1 yang performanya begitu kencang, membuat aktivitas ini dilakukan dengan nyaman tanpa lag. Sementara aplikasi pendukungnya juga ada Samsung Notes yang memiliki segudang fitur untuk aktivitas menulis, yang bahkan bisa dikonversi ke format PDF. Dan adanya S Pen berlatensi sangat rendah juga turut membantu dengan respon yang cepat sehingga seperti menulis dengan pena sesungguhnya.

Flex Mode

Sejak awal, hadirnya Flex Mode dalam Galaxy Z Fold4 5G menawarkan cara unik dalam menggunakan aplikasi smartphone dan menikmati berbagai konten di dalamnya. Flex Mode bisa dihadirkan di smartphone ini berkat digunakannya teknologi foldable (layar lipat) di Galaxy Z Fold4 5G.

Untuk melakukan journaling, Flex Mode juga bisa diterapkan saat ingin mengetik dokumen. Buka saja salah satu aplikasi untuk mengetik dokumen. Selanjutnya lipat layar menjadi 90 derajat. Hal unik akan langsung terlihat, dengan layar atas menampilkan lembar dokumen yang siap diketik. Sementara bagian layar bawahnya menyajikan tampilan keyboard yang siap digunakan. Dengan produktivitas dalam FlexMode ini, Kamu seperti menggunakan laptop dengan ukuran yang lebih kecil. Mau lebih asik lagi, bisa koneksikan bluetooth mouse. Bekerja pun menjadi lebih nyaman, serasa menggunakan laptop dalam ukuran yang lebih kecil.

IMG20221109103623
Flex Mode

Ingin menambahkan foto selfie dalam tulisan tanpa harus repot? Gampang. Kamu bahkan bisa menggunakan kamera utama untuk selfie ini sehingga hasilnya tentu lebih jernih dan detail. Caranya, posisikan smartphone dalam keadaan tidak terlipat (unfold). Kemudian pegang dan arahkan kamera utama ke wajah. Bagaimana cara melihat wajah kita sendiri? Sementara saat kondisi unfold, layar bagian dalam yang aktif. Tenang, lihat ke layar bagian dalam. Pada aplikasi kamera, jika layar kita tekuk sedikit, akan muncul beberapa icon fungsi di atas preview foto. Tekan icon pratinjau Cover screen yang berada paling kanan. Secara otomatis, cover screen akan menyala.

Taskbar

Saat journaling, seringkali kamu membuka banyak aplikasi karena membutuhkan informasi lain untuk ditulis. Misalnya aplikasi calendar untuk melihat jadwal acara hari ini. Atau, browser untuk mencari berbagai istilah yang ingin tahu artinya. Biasanya, di kebanyakan smartphone, untuk beralih ke aplikasi lain, kamu memanfaatkan tombol recent. Galaxy Z Fold4 5G tidak demikian. Karena smartphone ini memiliki fitur Taskbar.

Keberadaan Taskbar membuat pengoperasian Galaxy Z Fold4 5G seperti menggunakan aplikasi pada laptop atau PC Desktop. Seluruh aplikasi yang terbuka bisa Kamu pilih sesuai keinginan, dengan cara men-tap icon aplikasi yang ada di bawah layar. Beralih antar-aplikasi pun menjadi lebih cepat.

IMG20221109104354
Taskbar

Untuk mengaktifkan fitur taskbar ini, silakan ke menu Setting. Lalu ketikkan “Taskbar” di dalam kolom “Search”. Selanjutnya, aktifkan Taskbar dengan menggeser slider ke posisi “On”. Pastikan juga opsi “Show recent Apps” aktif. Terakhir, buka tampilan Home pada Main Screen, lalu drag aplikasi ke baris aplikasi paling bawah (seluruh aplikasi yang dipilih tersinkronisasi secara otomatis ke Taskbar, dengan delapan slot yang tersedia)

S Pen

Inilah yang menjadi pembeda seri flagship Samsung dengan smartphone lainnya. Samsung Galaxy Z Fold4 5G didukung juga dengan S Pen yang bisa dibeli secara terpisah (optional). Samsung mengembangkan S Pen ini untuk melengkapi pengalaman multitasking pengguna, termasuk aktivitas journaling.

Berkat retractable pen tip dan latensi yang rendah, kamu bisa menulis hingga menggambar dengan lebih nyaman. Tidak hanya nyaman saat menulis di rumah atau kantor, S Pen-nya ini juga nyaman saat digunakan di tengah perjalanan. Hal ini dimungkinkan karena Samsung telah meningkatkan interaksi antara S Pen dengan layar Galaxy Z Fold4 5G. Dengan begitu, interaksi yang terjadi akan terasa sangat smooth tanpa terasa adanya jeda. Jadi, S Pen sangat ideal untuk edit foto dan dokumen, bikin ilustrasi, menyusun notulen dari online meeting, maupun menuangkan ide-ide kreatif secara instan.

Samsung Notes

Ini juga menjadi ciri khas smartphone Galaxy. Samsung Notes selalu berkembang setiap tahunnya. Fitur-fitur di dalamnya selalu ditingkatkan. Samsung Notes akan bertambah optimal jika kamu memadukan dengan S Pen untuk menulis jurnal. Di sini, kamu dapat mengedit, menulis, meng-copy, menambahkan catatan, hingga mengimpor file PDF ke dalam catatan. Jangan takut jika kamu menulis dengan mode handwriting. Jika tulisan tangan berantakan karena terburu-buru, dapat dirapikan dengan cepat melalui fitur Auto Straightens.

IMG20221109164026
Samsung Notes

Di Samsung Notes ini, kamu juga bisa menggunakan Audio Bookmark di dalamnya. Fitur ini bisa menandai sebuah rekaman dengan catatn kecil. Ini cocok untuk kamu yang sedang malas menulis panjang. Rekam saja suara kamu lalu tandai (bookmark) bagian-bagian yang penting. Jadi, saat ingin mengulang bagian penting tadi, kamu cukup men-tap salahs atu list bookmark saja.

Dengan Samsung notes, jika kamu memiliki file berformat PDF yang berisi catatan penting, bisa ditambahkan ke dalam jurnal. Hal ini karena Samsung Notes bisa mengimpor file berformat PDF.

Text Extraction

Fitur ini juga sangat bermanfaat dalam menjalankan aktivitas journaling. Jika dengan Samsung Notes kamu bisa menambahkan tulisan dengan cara mengimpor file PDF. Ini berbeda lagi. Text Extraction memungkinkan kamu untuk mengambil seluruh teks yang ada pada sebuah file gambar. Cara yang sangat membantu karena Text Extraction mampu membuat seseorang tidak perlu mengetik ulang teks yang ada pada sebuah gambar.

Untuk melakukan cara ini ikuti langkah berikut:

1. Buka file gambar

IMG20221109161530

2. Jika menggunakan S Pen, dalam menu S Pen tap SmartSelect Button

IMG20221109161610

3. Selanjutnya seleksi area yang ingin diekstrak

IMG20221109161627

4. Terakhir, pindahkan teks tersebut ke aplikasi lain seperti Samsung Notes

IMG20221109161726

Live Transcribe

Fitur ini juga sangat membantu dalam menjalankan aktivitas journaling. Mengapa? Karena fitur ini dapat mengubah suara menjadi teks. Live transcribe bisa digunakan saat kamu sedang malas untuk menulis. Cukup jalankan aplikasi Live Transcribe. Lalu pilih bahasa.

Untuk memudahkan penggunaan Live Transcribe ini, kamu bisa bikin shortcut-nya di layar utama. Masuk saja ke menu Settings. Selanjutnya ketikkan live Transcribe dalam menu pencarian. Tap pilihan Live Transcribe lalu aktifkan opsi “Live Transcribe Shortcut”. Kini aplikasi tersebut bisa dibuka dengan men-tap icon paling kanan di bagian bawah layar.

Jika aplikasi sudah terbuka, silakan kamu bercerita dengan bebas. Aplikasi akan mengubah suara menjadi teks. Dengan demikian, kamu bisa menyalin teks tersebut lalu pindahkan ke aplikasi lainnya. Ada bagusnya, agar aplikasi berjalan sempurna, berceritalah dengan intonasi suara yang jelas dan tidak terlalu cepat. 

IMG20221109104314
Live Transcribe

Untuk kamu yang tertarik dengan fleksibilitas yang ditawarkan Galaxy Z Fold4 5G ini, Samsung memberikan berbagai penawaran ekslusif bagi happy user Galaxy Z Flip4 5G | Galaxy Fold4 5G, mulai dari 7 Oktober 2022 sampai 6 Januari 2023. Dapatkan diskon menarik Food and Beverages, di beberapa restoran dan coffee shop di Jakarta hingga 35% di Paris Baguette, GIOI, Fish n Co untuk makanan dan minuman pilihan. Diskon hingga potongan harga sebesar Rp. 100,000 di Venchi dan coffeeshop favorit seperti % Arabica sebesar 10%. Terlebih lagi, nikmati promo ekslusif di Tanamera Coffee, dapatkan special drink free coffee dengan logo Z (Hot Cappucino, Piccolo dan Flat White), Latte Art Coffee Mold Stencil Samsung Galaxy Z senilai Rp.100,000 per cangkir. Untuk entertainment dan Leisure, dapatkan potongan harga berupa voucher diskon nonton Mtix senilai Rp. 100,000 di Cinema XXI dan voucher diskon Traveloka GiftCard di Traveloka. Khusus bagi pengguna Galaxy Z Fold4 5G bisa memanfaatkan area parkir ekslusif di Pacific Place, Jakarta sepanjang periode 14 Oktober 2022 sampai 13 Januari 2023.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS