December 8, 2022

Ada Fitur Nightography, Galaxy Z Fold4 5G Sangat Mumpuni Untuk Merekam Momen Konser di Malam Hari

Penulis: Desmal Andi
Ada Fitur Nightography, Galaxy Z Fold4 5G Sangat Mumpuni Untuk Merekam Momen Konser di Malam Hari  

Mobitekno – Semenjak pembatasan aktivitas karena pandemi Covid-19 telah diturunkan ke level 1, berbagai acara menarik pun perlahan hadir kembali. Ini merupakan kabar baik bagi yang menyukai pertunjukan-pertunjukan musik karena acara konser kembali ramai seperti sebelum Covid-19 menyerang Indonesia. Apalagi berbagai musisi luar negeri juga diketahui sudah menetapkan jadwal konsernya di tanah air. Tentunya akan menjadi momen yang indah untuk ditangkap dan diabadikan. Oleh sebab itu, dibutuhkan juga smartphone yang memadai, ringkas, dan fleksibel untuk menangkap momen tersebut. Dan, Samsung Galaxy Z Fold4 5G bisa diandalkan untuk kebutuhan ini. Desain inovatif layarnya yang mengusung konsep layar lipat membuat perangkat ini begitu fleksibel saat diajak untuk mengambil foto maupun video.

Lebih menarik lagi karena Galaxy Z Fold4 5G sudah dibekali flagship camera yang terdiri dari lima buah kamera di seluruh bodinya. Tiga kamera berlaku sebagai kamera utama, terdiri dari kamera Wide 50MP, kamera Ultra Wide 12MP, dan kamera telefoto 10MP. Kamera telefoto ini bisa melakukam 3X zoom optical dan 30X space zoom. Satu kamera berada di cover screen yang berlaku sebagai kamera selfie dengan kemampuan 10MP. Dan terakhir adalah kamera bawah layar (under display camera) yang berada di layar utama (saat smartphone di-unfold). Under display camera ini memiliki kemampuan 12MP. Lima kamera tersebut ditunjang oleh chipset Snapdragon 8+ gen 1. Chipset ini menawarkan kinerja CPU dan GPU yang lebih cepat dibanding pendahulunya.

Nightography, kemampuan baru di Galaxy Z Fold4 5G untuk menangkap gambar di kondisi minim cahaya

Ada satu hal menarik dari kemampuan kamera di Galaxy Z Fold4 5G ini dibandingkan seri sebelumnya. Kini, Galaxy Z Fold4 5G juga dilengkapi Nightography, fitur yang tidak tersedia di perangkat terdahulu. Fitur ini hadir lengkap dengan kemampuan Super Night Resolution serta OIS dan VDIS yang telah ditingkatkan. Jadi, pengguna bisa mendapatkan foto dan video yang lebih tajam, lebih stabil, dan lebih jernih, baik siang maupun malam.

Tiga kamera utama Galaxy Z Fold4 5G yang memiliki fitur Nightography

Sebagai smartphone flagship, tentunya kamera pada Galaxy Z Fold4 5G juga memiliki fitur Pro Mode. Ini bisa membuat foto-foto saat menyaksikan konser bisa terlihat lebih tajam, walau dengan kondisi cahaya yang selalu berubah.

Saat konser, biasanya kondisi pencahayaan panggung memang sangat bervariasi, dari yang minim cahaya sampai yang berlimpah macam-macam warna. Di sinilah fitur nightography yang ada di galaxy Z Fold4 5G berperan. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan pengaturan manual untuk mendapatkan foto yang lebih tajam dan detail di berbagai kondisi pencahayaan. Misalnya saja, saat kondisi lampu panggung tiba-tiba meredup (low light), kamu mengatur ISO yang lebih tinggi dan shutter speed yang lebih lambat supaya perangkat bisa menangkap lebih banyak cahaya untuk hasil foto yang lebih jernih. Lalu, saat panggung dipenuhi cahaya warna-warni, kamu bisa mengatur white balance untuk mendapatkan nuansa warna yang paling tepat agar hasil foto tetap detail.

Menariknya, pengaturan-pengaturan manual di mode Pro ini bisa diterapkan ke masing-masing lensa kamera. Jadi, selain kamu bisa memilih jenis lensa kamera (wide, ultra wide, atau telefoto), masing-masing pilihan tadi juga menyediakan pengaturan manual. Ini tentunya berbeda dibandingkan smartphone lain yang pengaturannya Pro-nya biasanya menjadi satu.

untuk hasil yang lebih bagus, kamu bisa manfaatkan mode Pro dengan mengatur shutter speed atau ISO

Oya, satu hal lagi yang penting untuk diingat saat ingin mengabadikan momen konser dengan galaxy Z Fold4 5G adalah mematikan flash. Flash memang bisa membantu kita dalam mendapat sumber cahaya lebih untuk menciptakan foto atau video yang lebih terang. Namun, flash tidak disarankan untuk digunakan saat konser. Pasalnya, penggunaan flash mungkin akan membuat objek di panggung jadi lebih terang, tapi latar belakang di sekitar objek akan jadi lebih gelap. Selain itu, jika misalnya efek asap sedang memenuhi panggung, penggunaan flash justru akan membuat asap tersebut jadi terlalu terang. Apalagi, kalau kamu mau foto suasana konser, flash akan terpantul balik dari orang-orang di sekitar kamu yang malah menjadi noise yang merusak foto.

Jika ingin mengabadikan foto tanpa melalui Pro Mode, kamu tetap bisa mendapatkan hasil maksimal untuk aksi musisi di panggung maupun suasana penonton di di sekitar tanpa flash dari Galaxy Z Fold4 5G dengan fitur Nightography. Fitur ini bisa memastikan foto dan video yang kamu tangkap di kondisi low light dan malam hari tampil begitu terang dan detail. Dengan adanya Nightography, kamu cukup memaksimalkan sumber cahaya dari lampu yang ada di panggung untuk mendapatkan hasil foto dan video yang epic. Kamu bisa memotret dan merekam saat lampu panggung memancarkan warna cerah seperti kuning atau putih untuk foto yang lebih terang atau memotret dan merekam dengan nuansa gelap dari biru atau ungu untuk foto yang lebih moody sesuai dengan artis yang kamu tonton atau lagu yang dibawakannya.

Manfaatkan pencahayaan yang ada, fitur Nightography pada Galaxy Z Fold4 5G akan menangkap detail gambar dengan lebih banyak

Lalu, bagaimana jika posisi kamu berdiri dalam menyaksikan konser tidak terlalu dekat dengan panggung? Apakah hasil foto atau video bisa tetap bagus? Tenang sja jika menggunakan Galaxy Z Fold4 5G. Kamu bisa memaksimalkan fitur Space Zoom di Galaxy Z Fold4 5G untuk mendekatkan para musisi yang ada di atas panggung layaknya sedang berada tepat di depan kamu. Fungsi zoom di smartphone ini tetap akan menjaga kualitas gambar tetap tajam.

Selfie dengan backgound panggung dengan fitur Dual Preview

Saat konser berlangsung, seringkali suasana panggung kamu jadikan background dari foto selfie yang kamu buat. Ini biasanya dilakukan untuk kebutuhan update status untuk membagi momen-momen konser kepada teman-teman di media sosual. Nah, berkat desain layar lipat, selfie pun bisa dilakukan dengan kamera utama agar tampilan yang didapat lebih bagus dan tajam. Namun, biasanya selfie dengan kamera utama di smartphone lain akan sangat sulit dan repot dilakukan karena tidak ada preview. Jadi, tidak jarang proses selfie ini dilakukan berulang-ulang.

Ini tentunya berbeda jika kamu menggunakan Galaxy Z Fold4 5G. Galaxy Z Fold4 5G dapat menemani kamu mengekspresikan diri dengan cara yang yang tak kalah seru. Hal ini tentunya berkat fitur-fitur yang memberi fleksibilitas lebih saat capture momen, salah satunya Dual Preview. Lewat fitur ini, kamu bisa selfie, baik foto maupun video, dengan rear camera 50MP sambil lihat tampilan gambar di Cover Screen. Jadi, kamu bisa lebih mudah dalam mendapat kualitas konten yang lebih baik, yang tentunya jadi pengalaman yang tidak bisa ditemukan di smartphone lain. Bikin konten maupun ber-selfie ria dengan background penyanyi pujaan jadi lebih mudah.

Kemampuan HDR10+ yang bikin perekaman video jadi lebih tajam

High Dynamic Range atau lebih dikenal dengan HDR, kini menjadi standar yang banyak digunakan untuk membantu reproduksi warna pada layar. Jika di smartphone lain baru sebatas HDR10, di Galaxy Z Fold4 5G ini sudah mengadopsi HDR10+ yang merupakan hasil peningkatan dari laboratorium Samsung untuk semakin meningkatkan rentang warna dan kecerahan dinamis.

HDR10+ di Galaxy Z Fold4 5G adalah teknologi khusus yang menambahkan metadata dinamis ke kamera smartphone. Sederhananya, teknologi ini dapat mengubah pengaturan kamera berdasarkan konten di layar dan mengoptimalkan setiap frame. Ini akan memberi video Anda lebih detail dan rentang warna yang lebih besar. Faktanya, HDR10+ dapat memberi Anda lebih dari satu miliar corak warna.

Namun, untuk menggunakan HDR10+ ini, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi kamera di Galaxy Z Fold4 5G yang kamu miliki.

Masuk ke aplikasi kamera

2. Masuk ke bagian settings dan pilih opsi Advanced Recording Options.

Menu Settings

3. Di bagian HDR1-+ videos kamu geser slidernya ke kanan untuk mengaktifkannya.

Aktifkan HDR10+ Videos

Galaxy Z Fold4 5G hadir tanpa peningkatan harga dari pendahulunya dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB), Rp26.999.000 (12GB/512GB), dan Rp30.999.000 (12GB/1TB) dalam pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy. Galaxy Z Flip4 5G hadir lebih terjangkau dari generasi sebelumnya dengan harga Rp13.999.000 (8GB/128GB), Rp14.999.000 (8GB/256GB), dan Rp16.999.000 (8GB/512GB) dalam warna Bora Purple, Graphite, Pink Gold, dan Blue.

Untuk menjadikan momen akhir tahun ini makin berkesan bagi konsumen, Samsung menawarkan promo spesial untuk pembelian lini foldables-nya, yakni Galaxy Z Fold4 5G | Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold3 5G | Z Flip3 5G. Di setiap pembelian Galaxy Z Fold4 5G | Z Flip4 5G, konsumen bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti cashback hingga Rp2.000.000 untuk Trade-In dan Purchase with Purchase dengan Galaxy Wearables dan aksesori lainnya, paket data hingga 1.200GB untuk 12 bulan, perlindungan penuh dari Samsung Care+ selama setahun, dan cicilan 0%. Lalu, di setiap pembelian Galaxy Z Fold3 5G | Z Flip3 5G, konsumen bisa menikmati cashback hingga Rp3.000.000. Promo ini berlaku mulai dari 18 November 2022 sampai 8 Januari 2022.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS