March 9, 2021

Mencoba Kemampuan Kamera Galaxy S21 Ultra 5G, Hasilnya Begitu Nyaman Dilihat Mata

Penulis: Desmal Andi
Mencoba Kemampuan Kamera Galaxy S21 Ultra 5G, Hasilnya Begitu Nyaman Dilihat Mata  

Mobitekno – Samsung telah membekali Galaxy S21 Ultra 5G dengan fitur kamera yang sangat lengkap. Dengan empat kamera belakang, Galaxy S21 Ultra bisa membuat berbagai macam jenis foto menarik. Bahkan, beberapa fitur diantaranya tidak ditemukan di brand smartphone lainnya. Kamera-kamera di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G terdiri dari kamera Ultra-Wide 12MP, kamera wide-angle 108MP, dan dua kamera telephoto 10MP dengan kemampuan optical 3X dan 10X. Dilengkapi dengan fitur Laser Auto Focus, bidikan kamera menjadi lebih jelas dan fokus. Tidak heran, lengkapnya fitur dan teknologi kamera di Galaxy S21 Ultra 5G membuat smartphone ini menjadi pilihan andalan para social expressors. 

Kamera utamanya sendiri adalah yang 108MP. Teknologi Nona-Binning tetap digunakan pada kamera utama ini. Kamera utama ini mampu membuat foto dengan resolusi hingga 12.000 x 9.000 piksel dengan kualitas foto final sebesar 12MP. 

Kamera utama ini menggunakan sensor ISOCELL HM3 terbaru. Sensor HM3 ini memiliki peningkatan performa dibandingkan sensor HM1 sebelumnya yang digunakan Galaxy S20 Ultra dan Note20 Ultra. Beberapa peningkatan performa yang diberikan oleh Samsung, diantaranya adalah dukungan kemampuan HDR, ketajaman saat low light, dan fungsi autofocus. ISOCELL sendiri merupakan sensor yang dikembangkan Samsung sejak lama yang dapat memperkecil ukuran piksel tanpa harus mengurangi kualitas foto. 

Selain sensor kamera yang memiliki performa bagus, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dibekali juga dengan beragam mode foto dan video, efek, hingga filter, sehingga membuat foto dan video yang dihasilkan dari smartphone ini ada di atas standar foto dan video yang ada saat ini. Berikut ini beberapa fitur kamera andalan yang sempat kami uji dari Galaxy S21 Ultra 5G

Single Take 2.0

Begitu membuka aplikasi kamera, pilihan paling pertama yang dilihat adalah Single Take. Ini adalah mode kamera yang sangat memudahkan pengguna dalam mengambil banyak momen foto hanya dalam satu kali penekanan tombol shutter. Di fitur Single Take 2.0, Samsung telah menambahkan performanya dengan adanya Dynamic Slo-Mo serta Highlight video yang ditenagai dengan peningkatan AI. Ini memberikan kemudahan pengguna dalam menghasilkan beragam pilihan konten epic dalam sekali jepret. 

Penggunaannya sangat mudah. Tinggal sekali menekan tombol shutter, menunggu beberapa detik, dan hasilnya sudah tersedia di Galeri. Buka Galeri dan pengguna akan disuguhkan mulai dari gambar diam, potongan video pendek, hingga animasi GIF. Bahkan, foto dengan warna hitam putih pun bisa didapat. Pengguna bisa menyimpan semuanya atau memilih foto yang terbaik saja. 

Single Take yang menawarkan banyak foto dalam satu jepretan saja

Zoom

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki fungsi zoom optical 3X dan 10X serta zoom digital sejauh 30X dan 100X. Ini membuat kamera bisa membidik subjek yang jaraknya cukup jauh. Penggunaannya juga cukup mudah. 

Hadirnya dua kamera telephoto dalam Galaxy S21 Ultra 5G membantu meningkatkan performa zoom pada smartphone ini dibandingkan pada S20 Ultra sebelumnya. Dengan adanya dua kamera telephoto, pengguna yang ingin melakukan zoom dengan jarak yang tidak terlalu jauh, kini tidak perlu menggunakan sistem pembesaran foto dari kamera utama. Dan, untuk proses zoom yang sangat jauh juga tidak lagi mengandalkan pembesaran dari hasil satu kamera telephoto saja. 

Proses Zoom-nya juga kini lebih baik. Jika pengguna menggunakan space zoom 100X misalnya. Kini hasil akhirnya akan disempurnakan sehingga foto yang dijepret akan tampil lebih halus. Selain itu, proses penguncian fokus (Zoom Lock) juga bisa digunakan agar subjek pada kamera tetap bisa diambil dengan lebih stabil. 

Night Mode

Mode ini kami acungi jempol sehingga bisa menjadi andalan saat kamera digunakan pada malam hari atau pada kondisi minim cahaya. Hal ini karena foto yang dihasilkan tetap tampil jelas dan detail. Foto dengan mode malam ini dijepret dengan proses otomatis dan bisa menghasilkan ketajaman gambar yang sangat baik serta noise yang sangat rendah. Saturasi warnanya juga tetap terjaga baik seperti pada foto siang hari. 

Foto malam hari pada pukul 01.00 dengan cahaya di sekitar yang minim

Director’s View

Ini salah satu fitur dalam aplikasi kamera yang hadir di Galaxy S21 Ultra 5G. Mode ini menjadi sangat menarik karena semua kamera dapat bekerja bersamaan dalam sekali proses perekaman. Empat kamera belakang dan satu kamera depan saling bekerja sama untuk mendapatkan banyak angle  video. Dengan fitur Director’s View ini, pengguna bisa membuat konten video seperti seorang sutradara profesional dan juga vlogger. 

Director’s View

Portrait Video

Tidak hanya foto yang bisa dibuat dengan efek bokeh. Dengan Galaxy S21 Ultra 5G, video pun bisa dibuat bokeh. Bahkan, efek bokeh ini tidak hanya bisa digunakan untuk kamera belakang, tetapi juga kamera depan. Ini menjadi sesuatu yang menarik karena hasil video menjadi terlihat sinematik. Di dalam mode ini pun, disediakan pula filter-filter yang bisa menambah daya tarik video. Salah satunya adalah Color Point. Filter ini membuat subjek dalam video bisa tetap dengan warna aslinya. Sementara background akan dibuat dengan wrna hitam putih. 

Tampilan Portrait Video dengan subjek yang tetap berwarna

Kamera 108MP

Mode kamera ini membuat pengguna akan mendapatkan foto dengan kualitas terbaik. Kamera 108MP ini sebenarnya sudah ada di Samsung Galaxy S20 Ultra sebelumnya. Namun kini, Samsung telah memberikan peningkatan performa pada aplikasi foto. Dibantu dengan teknologi Nona-Binning, foto sebesar 12MP bisa dihasilkan dengan jumlah piksel yang lebih sedikit. Hal ini  karena teknologi Nona-Binning bisa menggabungkan sembilan piksel menjadi satu piksel saja. 

Foto dengan mode kamera 108MP yang menghasilkan resolusi foto maksimal
Tags: , , ,


COMMENTS