March 9, 2021

MediaTek Luncurkan MT9638, Chip Televisi Pintar 4K yang Didukung AI

Penulis: Rizki R
MediaTek Luncurkan MT9638, Chip Televisi Pintar 4K yang Didukung AI  

Mobitekno – MediaTek belum lama ini telah mengumumkan chip televisi pintar 4K barunya, MT9638 dengan integrasi AI processing unit (APU) berperforma tinggi.

MT9638 mendukung ragam kecanggihan teknologi AI mutakhir, antara lain resolusi super AI, kualitas gambar AI dan asisten suara AI, ditambah dengan kecepatan variable refresh rate (VRR) dan MEMC (motion estimation and motion compensation) sehingga gambar grafik tampak lebih halus.

Dengan proses performa tinggi untuk pengoptimalan kualitas visual, MT9638 berikan fitur-fitur premium untuk merancang TV pintar 4K yang kompetitif kepada para perancang TV global.

Alex Chen, General Manager of the TV Business Unit, MediaTek, mengungkapkan, “TV pintar kini menjadi pusat baru bagi rumah pintar karena para konsumen memanfaatkan fitur multimedia yang didukung AI untuk mengontrol semua perangkat mereka langsung dari TV pintar mereka,”

Ia melanjutkan, chip MT9638 baru ini meneruskan perjalanan kami sebagai penyedia chip No. 1 untuk TV pintar, memberikan pengalaman AI, multimedia, game, dan hiburan yang luar biasa kepada para konsumen dengan kualitas teater 4K.

Teknologi chip TV premium MediaTek dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan APU kustom MediaTek yang menghadirkan performa tinggi komputasi AI ke beragam televisi pintar.

Dengan teknologi kualitas gambar AI built-in, chip ini memungkinkan tampilan konten secara real-time dan pengenalan adegan, yang secara otomatis menyesuaikan saturasi warna, kecerahan, ketajaman, kompensasi gerakan dinamis, dan pengurangan suara bising pintar untuk meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan.

Teknologi resolusi super AI dari MediaTek ini, dikombinasikan dengan teknologi MEMC milik perusahaan, secara cerdas meningkatkan resolusi melalui penggabungan multi-frame untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas pada resolusi asli TV pintar.

MediaTek Smart TV MT9638 Chipset

Chip ini mendukung teknologi konektivitas terbaru termasuk Wi-Fi 6 untuk kecepatan dan keandalan konektivitas serta HDMI 2.1, yang mengintegrasikan dukungan untuk VRR agar sesuai dengan film atau kecepatan bingkai game konsol untuk menghindari layar gambar pecah.

MT9638 juga mendukung aplikasi-aplikasi yang didukung oleh pengenalan suara AI dan panggilan video berkemampuan AI, memberikan cara baru bagi konsumen untuk memakai TV pintar mereka dan berinteraksi dengan keluarga serta teman mereka.

Teknologi ini mengubah ruang keluarga menjadi pusat hiburan rumah sesungguhnya, menghadirkan pengalaman baru yang imersif untuk streaming, game, dan hiburan lainnya.

MT9638 dari MediaTek mendukung berbagai teknologi canggih, antara lain:

  • Multi-core Arm Cortex-A55 CPU, Arm Mali-G52 GPU, dan APU MediaTek khusus yang terintegrasi ke dalam satu chip, memberikan performa unggul sekaligus sangat hemat daya.
  • Dukungan resolusi hingga 4K60 dengan mesin multimedia decoding untuk HEVC, VP9 dan konten AV1 terbaru.
  • Dukungan tampilan HDR10+, memungkinkan peredupan lokal dengan lampu latar susunan penuh dengan >2000 zona.
  • Hadir dengan dukungan suara Dolby Atmos premium dan DTS Virtual X.
  • Antarmuka HDMI 2.1a dan USB 3.0 terbaru, menambah dukungan selain konektivitas Wi-Fi 6 kelas gigabit.
  • Dengan hingga empat mikrofon jarak jauh, chip ini memberikan jangkauan seluruh ruangan untuk asisten suara dengan konsumsi daya sangat rendah (0,5W) saat kondisi standby dan sangat cepat, ringkasan satu detik untuk pengaktifan kata-kata.

MediaTek telah mengirimkan lebih dari dua miliar unit chip TV-nya secara global, mendukung beragam produk dari tingkat pemula hingga kelas unggulan dengan solusi komprehensif yang memenuhi spesifikasi TV global.

Menyediakan solusi hiburan kelas dunia selama lebih dari 20 tahun, MediaTek adalah mitra terpercaya untuk semua produsen TV global terkemuka. TV pintar 4K MT9638 diharapkan akan menjangkau pasar konsumen pada Q2 2021.

Tags: , , , ,


COMMENTS