March 5, 2021

Terapkan Secure SD-WAN, 3 Indonesia Bantu FamilyMart Kelola Seluruh Cabangnya Lebih Efisien, Fleksibel, dan Aman

Penulis: Iwan RS
Terapkan Secure SD-WAN, 3 Indonesia Bantu FamilyMart Kelola Seluruh Cabangnya Lebih Efisien, Fleksibel, dan Aman  

Mobitekno – Operator seluler 3 Indonesia (PT. Hutchison 3 Indonesia) baru saja mengumumkan kerjasamanya dengan waralaba toko ritel (convenience store) asal Jepang, FamilyMart, terkait transformasi jaringan operasional WAN (wide area network) mereka di Tanah Air.

Melalui kolaborasi tersebut, 3Business (unit bisnis 3 Indonesia), akan menyediakan solusi Secure SD-WAN (software-defined wide area network) untuk melakukan transformasi WAN di infrastruktur jaringan FamilyMart. Untuk menyediakan solusi Secure SD-WAN ini, 3Business menggandeng dengan Versa Networks.

Sebagai informasi, kata “Software Defined” menjadi poin penting karena merupakan teknologi lanjutan dari WAN sebelumnya. SD-WAN sepenuhnya dikontrol oleh aplikasi perangkat lunak yang terpusat, membuat jaringan virtual di atas hardware atau disebut sebagai overlay. SD-WAN membawa keuntungan dalam aspek peningkatan visibilitas, kinerja, dan pengelolaan WAN. Sederhananya, ini membuat infrastruktur jaringan WAN di perusahaan menjadi lebih cerdas dan dinamis.

Dengan SD-WAN baru yang aman ini, 3 Indonesia mengklaim FamilyMart menjadi mudah dalam melakukan ekspansi bisnis dan membuka berbagai toko baru. Bila sebelum transformasi, FamilyMart butuh waktu sampai berminggu-minggu; kini sesudah transformasi, FamilyMart butuh waktu hanya dalam hitungan hari.

“Berkolaborasi dengan FamilyMart dan Versa Networks, solusi berbasis SD-WAN dari 3Business kami memberikan dampak positif bagi sektor retail di Indonesia,” sebut M. Danny Buldansyah (Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia).

Wirry Tjandra selaku CEO FamilyMart Indonesia menyatakan bahwa kerjasama dan sinergi dengan 3 Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertkembangan perusahaan dan mengukuhkan posisi FamilyMart sebagai satu-satunya convenience store di Indonesia dengan penggunaan teknologi terdepan.

Tak hanya ekspansi bisnis dan membuka toko baru, transformasi WAN FamilyMart memanfaatkan Secure SD-WAN dari 3Business juga diharapkan dapat membantu FamilyMart dalam menyederhanakan serta mengautomasi pengelolaan dan operasional WAN-nya. Karena aman, FamilyMart pun dapat mengontrol toko-tokonya secara penuh melalui smartphone. Alhasil, 3 Indonesia menyebutkan produktivitas kinerja FamilyMart akan makin meningkat dan efisiensi biaya operasionalnya tetap terjaga.

Brett Hunter selaku South East Asian American Sales Director Versa Networks menyebut bahwa Versa SASE dan Secure SD-WAN memenuhi banyak kebutuhan dan persyaratan industri, termasuk sektor retail, serta memberikan fleksibilitas, keamanan, kinerja, dan implementasi yang lebih cepat kepada pelanggan.

“Bersama 3 Indonesia dan FamilyMart, kami berhasil melakukan implementasi solusi ini yang manfaatnya dapat dirasakan langsung. Kami berharap dapat melanjutkan kolaborasi ini di masa-masa mendatang,” tutup Brett.

Tags: , , , , ,


COMMENTS