October 4, 2021

Hal Unik dan Menarik Ini Bisa Maksimalkan Penggunaan Kamera Galaxy Z Flip3 5G

Penulis: Desmal Andi
Hal Unik dan Menarik Ini Bisa Maksimalkan Penggunaan Kamera Galaxy Z Flip3 5G  

Mobitekno – Samsung Galaxy Z Flip3 5G hadir di Indonesia dengan membawa karakteristik yang cukup unik, hasil dari inovasi Samsung yang ingin menyuguhkan kemudahan dan kepraktisan dalam sebuah smartphone. Smartphone ini memiliki desain yang ikonis, kompak, sehingga pas untuk digenggam dengan satu tangan. Namun, walaupun bisa berwujud mungil dan kompak, spesifikasi yang dihadirkan Samsung dalam smartphone ini tidak main-main. Penggunaan prosesor Snapdragon 888 menjadi buktinya. Ditambah memori lega 8GB dan pilihan storage 128 serta 256GB.

Dengan penampilan dan fitur yang disuguhkan tersebut, tidak heran jika Galaxy Z Flip3 5G merupakan perangkat ideal bagi konsumen yang mementingkan perpaduan gaya dan fungsionalitas, serta ingin melakukan hal baru yang bisa menjadi trendsetter. Salah satu pengalaman baru dan unik yang bisa didapatkan dari smartphone ini adalah fotografi. Pengalaman lebih luas bisa didapatkan dengan Galaxy Z Flip3 5G karena smartphone ini mengusung konsep foldable, alias bisa dilipat. Dengan begitu ada banyak hal unik yang bisa ditemukan di smartphone ini, termasuk urusan fotografi dan videografi.

Samsung memang membekali dua kamera utama berkemampuan 12MP Wide dan 12MP Ultra Wide pada smartphone ini. Sementara kamera selfie-nya berkemampuan 10MP. Dengan kamera yang cukup mumpuni dalam meng-capture momen-momen indah di sekitar pengguna, ditambah dengan konsep foldable, tentu saja penggunaan aplikasi kamera bisa menjadi lebih fleksibel. Bahkan hal-hal unik bisa Anda dapatkan dalam penggunaan kamera Galaxy Z Flip3 5G ini untuk aktivitas fotografi dan videografi. Cover Screen menjadi salah satu hal unik yang ada di smartphone ini. Namun, kali ini kita akan memberikan tips menarik di luar Cover Screen untuk memaksimalkan fungsi kamera Galaxy Z Flip3 5G. Nah, apa saja sih hal unik dan menarik yang bisa memaksimalkan penggunaan kamera smartphone ini?

Buat File GIF yang unik dari kamera

Jika kamera biasanya digunakan untuk mengambil foto alias gambar diam, serta video saja, di Galaxy Z Flip3 5G ini, pengguna bisa memanfaatkannya untuk membuat file GIF secara langsung. File GIF ini bisa digunakan untuk berbagai hal, terutama di media sosial pengguna.

Untuk menggunakannya, cukup masuk ke aplikasi kamera. Selanjutnya pilih mode “Photo”. Lanjutkan dengan membuka Camera Setting dengan mengetuk icon berbentuk roda gerigi yang ada di kiri atas. Jika sudah, masuk ke bagian ‘Swipe Hutter Button to”. Dari opsi yang disediakan, pilih “Take burst Shot”. Kembali ke tampilan default kamera. Kini untuk mengambil video berformat GIF, pengguna bisa melakukan swipe ke kanan dan tahan tombol shutter. Jumlah frame pengambilan foto akan bergulir di sebelahnya. Jika sudah mendapatkan jumlah foto yang diinginkan, lepas tombol shutter. Dengan membuka “Preview”, pengguna bisa melihat hasil video GIF yang baru dibuat dari kumpulan jepretan foto.

Cara unik mengambil foto vertikal

Jika pada smartphone biasa, mengambil foto dengan subjek ada di atas permukaan bidang rata seperti meja, pengguna biasanya mengambil posisi berdiri agar bisa melihat subjek yang dibidik pada aplikasi kamera. Hal ini karena tampilan layar akan menghadap ke atas. Hal berbeda bisa dilakukan pada Galaxy Z Flip3 5G. Hal ini berkat adanya Flex Mode yang bisa membuat pengguna cukup fleksibel mengambil foto, terutama untuk foto vertikal.

Flex Mode permudah pengambilan foto

Dengan Flex Mode, cukup buka layar smartphone membentuk sudut sekitar 90 derajat. Selanjutnya arahkan kamera ke bawah. Pada posisi ini, biasanya layar atas akan menampilkan tampilan foto, sementara layar bawah menampilkan fungsi kontrol kamera. Jika dengan posisi tersebut pengguna merasa kesulitan untuk menekan tombol shutter yang ada di layar bawah, maka posisi kedua layar tersebut bisa ditukar. Tekan saja icon kecil yang berada di sudut kanan bawah layar untuk menukar tampilan posisi kedua layar. Jadi, pengguna bisa meletakkan tampilan foto di layar atas atau bawah. Dengan demikian, mengambil foto vertikal dengan cara ini bisa lebih mudah bagi pengguna.

Cara lain dengan memanfaatkan Flex Mode pada mode pengambilan foto vertikal adalah dengan menggunakan tripod kecil. Biasanya untuk foto vertikal dengan tripod standar agak susah dilakukan. Namun, Flex Mode pada Galaxy Z Flip3 5G bisa menjadi solusinya. Letakkan smartphone pada tripod seperti biasanya. Lalu tekuk layar smartphone dengan bagian yang memiliki kamera menghadap ke bawah. Pengguna bisa memanfaatkan kamera utama atau selfie dengan mode ini. Dengan demikian, kini mengambil foto vertikal menjadi lebih mudah dengan Galaxy Z Flip3 5G.

Paduan unik Flex Mode dan Pro Mode

Galaxy Z Flip3 5G juga dibekali mode profesional dalam pengambilan foto. Cukup masuk ke bagian “More” lali pilih “Pro Mode”. Mode ini membuat pengambilan foto atau video bisa menyesuaikan keinginan pengguna. Tingkatan ISO, kecerahan cahaya, zoom, hingga jarak fokus bisa diatur secara manual.

Nah, jika Pro Mode ini digabungkan dengan Flex Mode, hal ini akan lebih menarik. Pengaturan fitur-fitur dalam Pro Mode menjadi lebih mudah. Hal ini karena dalam Flex Mode, layar atas bisa menampilkan subjek yang ingin dibidik, sementara layar bawah bisa digunakan untuk mengatur berbagai setting foto secara manual. Di sini pengguna bisa bereksperimen dan langsung melihat perubahan hasil setting yang dilakukannya. Cukup menarik bukan?

Reset Camera ke mode pabrik

Setelah mengutak-atik bagian kamera dengan berbagai jenis setting, bisa saja pengguna lupa untuk mengatur ke setting awal. Tidak usah terlalu dipikirkan untuk masalah seperti ini. Cukup melakukan proses reset camera, semua pengaturan kamera bisa balik ke pengaturan awal.

Untuk Melakukannya, buka aplikasi kamera, lalu masuk ke menu settings dengan mengetuk icon roda gigi. Kini pilih “Reset Settings” yang berada pada bagian bawah. Akan muncul jendela popup yang mengkonfirmasi untuk melakukan reset. Jawab saja dengan “Yes” untuk melanjutkan proses reset.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G tersedia dalam pilihan warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black. Smartphone ini bisa didapatkan dengan harga Rp14.999.000 (8GB/128GB) dan Rp15.999.000 (8GB/256GB).

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS