March 2, 2021

LANXESS Teken Kontrak Akuisisi Emerald Kalama Chemical

Penulis: Rizki R
LANXESS Teken Kontrak Akuisisi Emerald Kalama Chemical  

Mobitekno – Demi mengakselerasi laju pertumbuhan, LANXESS baru saja menandatangani perjanjian yang mengikat untuk mengakuisisi 100 persen saham Emerald Kalama Chemical pada tanggal 14 Februari 2021.

Emerald Kalama Chemical adalah produsen terdepan di dunia untuk bahan kimia khusus, terutama untuk segmen konsumer dan sebagian besar dimiliki oleh afiliasi firma ekuitas swasta Amerika Serikat, American Securities LLC.

Nilai perusahaan yang berbasis di AS ini mencapai USD 1,075 miliar. Setelah dikurangi item-item setara utang, nilai pembeliannya menjadi sekitar USD 1,04 miliar (EUR 867 juta), yang akan dibiayai LANXESS dari likuiditas yang dimiliki perusahaan.

Transaksi tersebut diharapkan rampung pada semester kedua 2021 dan saat ini masih menunggu persetujuan dari pihak otoritas-otoritas terkait.

Matthias Zachert, Chairman of the Board of Management, LANXESS AG, menjelaskan bahwa perusahaan akan terus memperkuat segmen Consumer Protection dan membuka bidang-bidang aplikasi baru dengan marjin yang kuat, contohnya di industri makanan dan sektor kesehatan hewan.

“Selain itu, kami juga akan memperbesar kehadiran kami di wilayah pertumbuhan di Amerika Utara. Semua ini membuat kami bisa meraih laba lebih besar dan lebih stabil,” ujarnya.

Pada tahun 2020, penjualan Emerald Kalama Chemical mencapai sekitar USD 425 juta dan EBITDA pre exceptionals sekitar USD 90 juta. Dalam tiga tahun setelah rampungnya transaksi ini LANXESS mengharapkan tambahan kontribusi EBITDA tahunan sekitar USD 30 juta (EUR 25 juta) sebagai hasil dari sinergi ini. Akuisisi ini akan memberi tambahan pada nilai laba per lembar saham pada tahun fiskal pertama setelah akuisisi rampung.

Emerald Kalama Chemical memiliki sekitar 500 karyawan di dunia dan mengoperasikan pabrik di Kalama, Washington (AS), Rotterdam (Belanda) dan Widnes (Inggris Raya). Perusahaan ini menghasilkan sekitar 45% dari omsetnya di Amerika Utara. “Emerald Kalama Chemical beroperasi dengan sangat efisien dengan cara menggabungkan semua aktivitas produksinya hanya di tiga lokasi. Inilah alasan yang membuat kami berharap bisa mengintegrasikan bisnis baru ini dengan sangat cepat,” ungkap Zachert.

Target ekspansi portofolio di segmen Consumer Protection

75% pendapatan Emerald Kalama Chemical dihasilkan dari bahan kimia khusus di segmen konsumer. Ini termasuk bahan pengawet untuk makanan, aplikasi untuk kebutuhan barang rumah tangga dan kosmetik, perisa dan pewangi serta produk untuk nutrisi hewan. Sisa 25% dari penjualan berasal dari bisnis bahan kimia khusus untuk penggunaan di sektor industri, termasuk plastik dan industri perekat.

Dengan akuisisi ini, LANXESS mengejar target ekspansi portofolionya: Perusahaan berada di posisi kuat di dunia dengan bahan aktif anti mikroba dan pengawet, termasuk untuk produk perlindungan konsumer dan kebersihan hewan. Contohnya adalah disinfektan yang efektif melawan virus Corona dan African Swine Fever (Demam Babi Afrika)

Tags: , , , ,


COMMENTS