August 1, 2023

Yuga Labs Akuisisi Roar Studios untuk Dukung Ambisinya di Proyek Metaverse Otherside

Penulis: Iwan RS
Yuga Labs Akuisisi Roar Studios untuk Dukung Ambisinya di Proyek Metaverse Otherside  

Mobitekno – Yuga Labs, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi blockchain dan aset digital diketahui telah memutuskan untuk mengakuisisi Roar Studios, perusahaan yang bisnisnya berfokus pada metaverse di industri gaming, media sosial, dan musik.

Kabar akuisi yang tidak diumumkan nilainya tersebut telah beredar sejak bulan Februari dianggap sebagai strategi mereka untuk memperkuat kapabilitasnya di dunia metaverse.

Sebelumnya pada Oktober 2022 lalu, Yuga Labs yang lebih dikenal publik karena koleksi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) telah memperluas ekspansi bisnis di dunia NFT dengan mengakuisisi kepemilikan koleksi NFT populer lainnya, yakni Cryptopunks dan Meebits.

Yuga Labs 02
BAYC: Koleksi 10.000 avatar kera NFT populer dari Yuga Labs. Setiap kera unik dan memiliki atributnya masing-masing, seperti topi, kacamata, dan aksesori lainnya. BAYC diluncurkan pada April 2021 dan dengan cepat menjadi salah satu koleksi NFT paling populer di dunia.

Akuisisi Roar Studios disebut bertujuan untuk memperluas metaverse Otherside dan menciptakan pengalaman sosial yang menghibur bagi komunitas Web3.

Roar Studios, yang didirikan dua tahun lalu oleh Eric Reid, eksekutif di industri hiburan, mencoba mengkombinasikan industri musik, game, dan media dengan teknologi metaverse. Studio ini telah berhasil menghimpun dana US$ 7 juta untuk membangun “music metaverse” agar para musisi dan artis dari seluruh dunia dapat berkolaborasi secara kreatif dalam dunia digital.

Otherside: Ambisi Yuga Labs di dunia metaverse

Yuga sudah menyatakan ambisinya untuk menjadikan metaverse Otherside sebagai wadah bagi properti intelektual (IP) milikinya untuk dioptimalkan dengan baik.

Otherside disebut Yuga sebagai metaverse yang di-gamified dan interoperable akan menggabungkan nuansa game genre MMORPG, seperti World of Warcraft, dengan teknologi metaverse berbasis blockchain, seperti Sandbox dan Decentraland.

Yuga Labs 01
Akuisisi Roar Studios akan mendukung proyek metaverse Otherside dari Yuga Labs.

Meskipun masih dalam tahap Beta, perusahaan telah terus memberikan pembaruan tentang Otherside melalui demo langsung yang disebut “Trips” yang tersedia bagi pemegang NFT Otherdeed.

Dengan teknologi inovatif Roar Studios, misalnya karakter dan lingkungan yang berbasiskan 3D voxel diharapkan dapat berkontribusi siginifikan pada Yuga untuk mendukung ambisnya dalam pengembangan proyek metaverse Otherside.

Akuisisi Roar Studios akan menjadi amunisi baru Yuga Labs untuk menghadirkan fasilitas ruang digital yang persisten dan interoperable bagi pemilih NFT secara cepat dan mudah.

Akuisisi Roar Studios untuk dukung visi Yuga Labs

Seperti yang dilansir dari Coindesk, CEO Yuga Labs, Daniel Alegre, menyatakan bahwa dedikasi Roar Studios terhadap pembuatan konten kreatif dan koneksi sosial dapat mempercepat eksekusi terhadap visi Yuga Labs khsusnya untuk proyek Otherside dan ekosistem Yuga secara lebih luas.

Eric Reid, pendiri dan CEO Roar Studios, akan bergabung dengan Yuga sebagai GM Otherside dan akan mengawasi pengembangannya. Akuisisi ini akan membawa bakat dan teknologi yang sangat melengkapi visi ekspansif Yuga untuk Otherside.

Akuisisi Roar Studios adalah langkah strategis yang menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan proyek metaverse Otherside yang ambisius. Dengan menggabungkan kekuatan kedua perusahaan, potensi untuk menciptakan pengalaman metaverse yang unik dan menarik akan semakin besar.

Ini adalah langkah penting dalam perjalanan Yuga Labs untuk menghubungkan komunitas dan mengekspresikan diri dalam cara-cara baru melalui teknologi Web3, dan bisa menjadi titik balik dalam cara kita mengalami konten media dalam Metaverse.

Metaverse: Industri baru yang masih akan berkembang

Industri metaverse telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pangsa pasar metaverse global telah mencapai US$ 47,48 miliar pada tahun 2022 dan diperkirakan akan tumbuh menjadi US$ 678,80 miliar pada tahun 2030, dengan CAGR sebesar 39,44% selama periode 2022-2030.

Ada sejumlah faktor yang mendorong pertumbuhan industri metaverse. Diantaranya, popularitas teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) dan meningkatnya permintaan akan pengalaman imersif dalam game, hiburan, dan pendidikan. Semakin tingginya adopsi teknologi blockchain juga dianggap menjadi faktor pendung perkembangan metaverse. Investai di industri metaverse oleh perusahaan teknologi , seperti Meta, Microsoft, dan Roblox juga terus meningkat.

Secara keseluruhan, akuisisi Roar Studios merupakan langkah strategis Yuga Labs untuk mengembangkan kemampuannya di metaverse dan bersaing dengan platform metaverse lainnya. Hal ini juga menjadi indikasi bahwa Yuga Labs serius tentang metaverse dan berkomitmen untuk membangun platform metaverse terkemuka di industri.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS