August 6, 2021

Lanxess Selesaikan Akuisisi Emerald Kalama Chemical Senilai US$ 1,075 Miliar

Penulis: Desmal Andi
Lanxess Selesaikan Akuisisi Emerald Kalama Chemical Senilai US$ 1,075 Miliar  

Mobitekno – Perusahaan bahan kimia, Lanxess, baru saja menyelesaikan proses akuisisi Emerald Kalama Chemical. Lanxess telah membeli perusahaan bahan kimia khusus ini dengan total pembelian senilai US$ 1,075 miliar. Nilai ini setara dengan EUR 870 juta. Nilai total ini tentunya setelah dikurangi dengan liabilitas. Nilai perusahaan Emerald Kalama Chemical sendiri sebelumnya adalah US$ 1,075 miliar atau setara EUR 900 juta.

“Emerald Kalama Chemical memberi dorongan besar lain di jalur pertumbuhan kami. Bisnis baru adalah strategi yang cocok untuk kami. Kami memperkuat posisi kami di pasar dengan tingkat pertumbuhan yang menarik dan membuka area aplikasi baru dengan margin tinggi, terutama di sektor minuman dan makanan atau dalam produk pembersih dan kosmetik. Tidak hanya itu. Emerald Kalama Chemical terintegrasi dengan sempurna, memperkuat rantai nilai kami dalam Consumer Protection. Segmen ini merupakan mesin penting yang membuat Lanxess lebih stabil dan menguntungkan,” kata Matthias Zachert, Chairman of the Board of Management Lanxess AG. “Sebuah tim yang kuat saat ini bekerja dengan kecepatan penuh untuk memastikan integrasi yang cepat.”

Dengan rampungnya akuisisi ini, Lanxess memperoleh tambahan karyawan. Sekitar 470 karyawan baru ini kini ada dalam naungan Lanxess dan tersebar di tiga lokasi, yaitu di Kalama/Washington (Amerika Serikat), Rotterdam (Belanda), dan Widnes (Inggris Raya).

Emerald Kalama Chemical pada tahun 2020 kemarin sukses mencatatkan penjualan global dengan angka cukup besar. Perusahaan berhasil melakukan penjualan global sekitar US$ 425 juta dan EBITDA pre exceptional sekitar US$ 90 juta. Dengan catatan ini, tidak heran jika Lanxess mengharapkan tambahan kontribusi pada EBITDA tahunan sekitar US$ 30 juta. Tentunya hal ini akan meningkatkan perndapatan per saham secara bertahap pada tahun fiskal pertamanya.

Dari akuisisi ini juga, Lanxess akan meingkatkan penjualan bahan kimia khusus. Hal ini karena sekitar seperempat penjualan dari bisnis Emerald Calama Chemical adalah banah kimia khusus untuk industri, terutama di industri plastik, cat dan pelapis, hingga perekat. Produk-produk ini akan diintegrasikan ke daalam unit bisnis Polymer Additives.

LANXESS mengakuisisi Emerald Kalama Chemical dengan sekitar 470 karyawan dan tiga lokasi produksi. Foto pabrik di Kalama Washington USA
Lanxess mengakuisisi Emerald Kalama Chemical dengan sekitar 470 karyawan dan tiga lokasi produksi. Foto pabrik di Kalama-Washington USA

Portofolio Produk untuk Sektor Layanan Konsumen

Sekitar tiga perempat penjualan dari bisnis yang diakuisisi diperoleh dari produk khusus untuk layanan konsumen.

Akuisisi ini menjadikan LANXESS sebagai salah satu penyedia perasa makanan dan wewangian terkemuka – sektor yang diharapkan LANXESS dapat mencatatkan tingkat pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan.

Zat ini digunakan terutama dalam produk perawatan pribadi, kosmetik dan wewangian eksklusif, selain makanan dan minuman. Rangkaian produk dalam portofolio LANXESS yang baru mencakup lebih dari 30 bahan kimia aroma dengan wewangian natural, bunga, buah, pedas dan herbal.

LANXESS menggabungkan bisnis ini ke dalam unit bisnis Flavours & Fragrances yang baru didirikan, dan akan menjadi bagian dari segmen Consumer Protection.

Akuisisi ini juga memperkuat posisi terdepan LANXESS dalam bisnis pengawet. Produk-produk baru ini akan digunakan dalam aplikasi dengan pertumbuhan tinggi pada industri makanan dan minuman, serta deterjen, pelembut kain, kosmetik dan produk perawatan pribadi.

 

Tags: ,


COMMENTS