April 1, 2021

Unreal Engine dari Epic Games Bisa Jadi ‘Senjata Baru’ di Industri Kreatif Indonesia

Penulis: Muhammad R
Unreal Engine dari Epic Games Bisa Jadi ‘Senjata Baru’ di Industri Kreatif Indonesia  

Mobitekno – Visualisasi kreatif telah mengalami evolusi selama bertahun-tahun. Mulai animasi 3D dan imaging software hingga tools baru yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Visual Reality (VR) demi menciptakan dunia baru yang imersif.

Teknologi visualisasi kreatif pernah terlempar ke ranah pekerjaan grafis komputer atau komunitas game. Namun, peningkatan pesat teknologi dan fitur-fiturnya yang semakin intuitif dan mudah digunakan membuka banyak sekali peluang untuk mendorong inovasi di berbagai sektor.

Teknologi visualisasi seperti AR dan VR serta real time rendering yang sudah diadopsi secara luas di sektor video game bisa menjadi kelengkapan bagi content creator, produser serta penyelenggara acara dan komunikator menghidupkan visi mereka dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga menghadirkan konten canggih, pengalaman interaktif dan dunia virtual yang imersif.

Epic Games melalui alat barunya Unreal Engine menawarkan hal yang tidak biasa. Unreal Engine digadang-gadang bisa memotong durasi syuting dalam pembuatan film.

Hal tersebut dijelaskan oleh Arvind Neelakantan Head of Tech- India/ASEAN Epic Games yang menjelaskan bahwa kemampuan yang akan dihadirkan olehnya di Indonesia akan bisa menjadi game changer bagi industri perfilman di Indonesia.

“Baik untuk pencarian virtual, mendesain rangkaian aksi atau mengendalikan lampu dan kamera, teknologi visualisasi memungkinkan alur kerja yang lebih cepat dan lebih kolaboratif di semua jalur produksi,” kata Neelakantan, Selasa (30/3).

Arvind Neelakantan, Head of Tech– India/ASEAN Epic Games

Seperti adaptabilitas Artificial Intelligence (AI), yang penggunaannya mulai dari memprediksi perubahan di rantai pasokan global hingga penggunaan chatbot di situs e-commerce, visualisasi kreatif dan teknologi real time juga bisa diperluas di beberapa sektor lain. Peluangnya sangat luas dan pengembang hanya dibatasi oleh imajinasi mereka.

The Unreal Engine 

Unreal Engine dari Epic Games adalah jajaran lengkap alat pengembangan berkualitas tinggi bagi mereka yang ingin memanfaatkan solusi teknologi real time, baik di telepon genggam, PC, konsol, platform AR dan VR. Mulai dari visualisasi desain hingga pengalaman sinematik yang imersif, creator kini bisa memanfaatkan teknologi Unreal untuk visualisasi photorealistic, desain produk interaktif, film, produksi virtual, siaran TV realitas campuran dan kebutuhan hiburan animasi.

Terlepas dari industrinya, Unreal Engine sudah terbukti sebagai sekutu kreatif strategis bagi creator dan inovator di era digital. Khusus di industri yang sifatnya teknis, Unreal sudah menjadi revolusioner dalam mentransformasi alur kerja, memungkinkan pengguna untuk mewujudkan imajinasi dan visi mereka jadi lebih hidup dan lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Unreal Engine telah digunakan pada pengembangan gim perusahaan dengan menampilkan detail gambar yang hampir realistis. Kendati demikian, persaingan dalam industri gim salah satunya adalah membawa grafik permainan menjadi semakin realistis, di samping penyampaian cerita yang baik.

Pengembang gim Coral Island, Soma Putera, menampilkan contoh gim yang menggunakan kemampuan Unreal Engine. Terlihat ada beberapa aktivitas yang mendekati realitas, seperti ketika memukul, berjalan, dan menggali tanah.

“Pertarungan di dunia gim adalah mengenai kualitas tinggi grafis yang ada,” kata Soma.

Soma mengaku telah meraup untung hingga miliaran rupiah dari pengembangan gim yang ia lakukan menggunakan Unreal Engine.

Pengembang gim Coral Island, Soma Putera

Saat ini Epic Games sudah berekspansi ke Asia Tenggara. Di garis depan berikutnya, perusahaan menargetkan untuk menggunakan teknologi Unreal Engine untuk membuka dan mendorong kreativitas di industri selain industri game, dengan memberikan dukungan lebih besar bagi pengembang dan creator dengan perjanjian lisensi bebas dan adil.

Epic Games juga berkomitmen untuk mendukung para pencipta melalui edukasi online dan dukungan finansial.

Epic Games telah memperkenalkan kesempatan berupa paket pembelajaran online yang bisa dimanfaatkan oleh mereka yang ingin belajar teknologi 3D real time agar bisa lebih memperdalam keterampilan mereka saat terjadi kelesuan ekonomi akibat krisis. Ini termasuk webinar dan workshop mengenai cara menggunakan dan menjelajahi Unreal Engine, serta beragam kursus komprehensif lain.

Selain itu, inisiatif Epic Mega Grants dari perusahaan ini sudah menyalurkan US$100 juta untuk mendukung pengembang game, pekerja kreatif profesional, creator, siswa dan pendidik yang telah memanfaatkan Unreal Engine dengan cara-cara yang kreatif.

Tags: , , , , ,


COMMENTS