June 9, 2021

Epic Games Menyebut Human Machine Interface sebagai Katalis Migrasi Industri Otomotif ke Kendaraan Listrik

Penulis: Muhammad R
Epic Games Menyebut Human Machine Interface sebagai Katalis Migrasi Industri Otomotif ke Kendaraan Listrik  

Mobitekno – Industri otomotif telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia, dengan investasi di sektor ini mencapai Rp99,16 trilliun dan produksi 2,35 juta unit mobil setiap tahun yang menyerap lebih dari 1,5 juta tenaga kerja dari seluruh rantai pasok industri otomotif. Demkian catatan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Pemerintah menargetkan sebelum 2025, 20 persen dari semua kendaraan yang diproduksi di Indonesia adalah kendaraan listrik yang terdiri dari kendaraan hybrid, plug-in-hybrid dan bertenaga baterai. Jawabannya mungkin mengejutkan, terutama karena ini juga melibatkan disrupsi industri besar lainnya, yakni roadmap menuju otonomi.

Dean Reinhard, Evangelist dan Technical Account Manager di Epic Games Southeast Asia, menjelaskan, “Ketika General Motors (GM) mengumumkan mobil Hummer tenaga listriknya yang baru, pemasok yang disebut secara khusus adalah Epic Games, pengembang dan penerbit Fortnite, salah satu game online paling populer di dunia.

“Platform grafis real time Unreal Engine milik Epic juga memotori Human Machine Interface (HMI) di Hummer baru ini,” ujarnya

Mesin game, menurut Reinhard memberikan kebebasan baru bagi desainer untuk mencari cara yang paling efektif untuk mengomunikasikan informasi ini, serta cara yang cepat dan efisien untuk membangun dan menguji setiap opsi untuk menciptakan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) atau sistem pendukung yang bisa menjadikan kendaraan lebih aman dibandingkan dengan mengendarai kendaraan dengan cara yang konvensional.

Saat satu sudah terpilih, jalan pengembangan bagi para insinyur biasanya adalah menulis kode software, yang pada akhirnya berlanjut ke proses iteratif, di mana desainer dan ahli ergonomi melakukan review sistem, dan insinyur merevisi kodenya. Pengembang game bekerja tanpa silo ini, sehingga platform terbaik dibentuk untuk memungkinkan perancang mengembangkan end-product secara real time (pengembangan yang didorong desain) dengan cepat dan efisien, sembari menjalankan pekerjaan rutin mereka.

Tapi ini bukan sekadar teknologi baru. Ada juga pertanyaan mengenai cara mengomunikasikan nilai merek ketika konsumen terbiasa dengan benda elektronik yang memiliki siklus penyegaran produk yang jauh lebih cepat. Mengemudikan mobil baru untuk membeli komik tidak bisa disebut sebagai ‘high-tech/canggih.’

Salah satu produsen besar untuk kendaraan di Jerman baru-baru ini berkomitmen menuju model kendaraan perusahaan tunggal yang prosesnya dimulai dengan konsep paling awal dan berevolusi mulus mulai dari teknis (engineering) hingga pemasaran dan manufaktur, di mana spesifikasi tepat kendaraan pelanggan bisa dimuat ke HMI.

Saat Anda melihat ke bawah untuk menyaksikan bagaimana sistem elektrik kendaraan memanen daya saat Anda menurunkan kecepatan, ini akan jadi kendaraan Anda sesungguhnya, dengan warna dan trim yang tepat, dengan ban pilihan Anda. Ketika ban ini berputar, alih-alih biaya besar yang disebabkan oleh proses menciptakan gerakan seperti flip book, gambar tersebut akan dikalkulasikan ulang secara real time saat berputar, memberikan fleksibilitas penuh dan kualitas visual yang sangat baik bagi para perancang.

Pembaruan over the air dan layanan berbasis cloud. Roadmap teknis untuk HMI ternyata penting, tak hanya untuk kesuksesan pemanfaatan teknologi kendaraan baru, tetapi juga aliran pendapatan baru.

‘’Kami sudah menyebutkan tiga disruptor besar – EV, ADAS, dan layanan berbasis cloud – semuanya akan memberikan manfaat lebih saat diimplementasikan bersama dengan generasi terbaru dari HMI berteknologi tinggi. Petunjuknya ada di namanya: Human-Machine Interface. Saat teknologi kendaraan dan layanan berevolusi, HMI menjadi titik sentuh yang paling kuat antara produk industri kami dan pelanggan kami, dengan Unreal Engine yang membantu untuk mempercepat pengembangan ini,” pungkas Reinhard.

Tags: , , , ,


COMMENTS