April 12, 2022

Epic Games Dapat Suntikan Dana 2 Miliar Dolar dari Sony dan Kirkbi untuk Bangun Metaverse

Penulis: Iwan RS
Epic Games Dapat Suntikan Dana 2 Miliar Dolar dari Sony dan Kirkbi untuk Bangun Metaverse  

Mobitekno – Epic Games yang baru saja merilis game engine baru Unreal Engne 5 berhasil mendapatkan dana U$ 2 miliar (sekitar Rp 28,7 trilun) dari Sony Group Corporation dan Kirkbi. Kirkbi diketahui merupakan induk perusahaan mainan legendaris asal Denmark, yakni The Lego Group.

Epic Games menyatakan akan menggunakan pendanaan Sony dan Kirkbi (masing-masing US$ 1 miliar) tersebut untuk membangun dan mendukung platform metaverse yang berkelanjutan.

Metaverse tersebut diharapkan dapat menjadi platform hiburan sosial yang membuka inovasi baru antara dunia digital dan fisik. Pendiri dan CEO Epic Games Tim Sweeney nantinya masih akan memegang kendali Epic Games.

Sony Epic Games 01

Sweeny melalui rilis dari Epic menyatakan bahwa pendanaan dapat mempercepat pekerjaan kami dalam membangun metaverse dan menciptakan ruang di mana pemain dapat bersenang-senang dengan teman-teman, membangun pengalaman kreatif dan imersif, dan pembuat konten dapat membangun komunitas untuk berkembang.

Metaverse adalah versi 3D imersif dari internet yang dirancang untuk mengubah interaksi online, dengan sejumlah besar pengguna yang berbagi satu dunia tanpa batas. Sejauh ini, metaverse belum banyak bergerak melampaui avatar VR di ruang digital.

Epic sejauh ini sudah mulai menggarap metaverse dalam game Fortnite. Game gratis yang populer ini sudah menggelar acara online, seperti konser musik dalam game. Di sana, pemain dapat menghadiri acara bersama orang lain dari berbagai penjuru dunia.

Sony Epic Games 02

“Kami yakin bahwa keahlian Epic, termasuk game engine yang andal, dikombinasikan dengan teknologi Sony, akan mempercepat berbagai upaya kami seperti pengembangan pengalaman penggemar digital baru dalam olahraga dan inisiatif produksi virtual kami,” ujar presiden dan CEO Sony Group, Kenichiro Yoshida.

Søren Thorup Sørensen dari grup investasi Kirkbi mengatakan investasi akan mempercepat keterlibatan perusahaa mereka di dunia permainan digital, dan kami senang berinvestasi di Epic Games untuk mendukung pertumbuhan mereka yang berkelanjutan dalam jangka panjang menuju metaverse masa depan.”.

Tags: , , , ,


COMMENTS