April 1, 2021

Review WD My Passport SSD: Mini dan Kencang, Sangat Bisa Diandalkan

Penulis: Muhammad R
Review WD My Passport SSD: Mini dan Kencang, Sangat Bisa Diandalkan  

Mobitekno – Menyoal penyimpanan eksternal di era ‘konten’ saat ini, kebanyakan orang masih menggunakan solusi penyimpanan eksternal berbasis HDD atau SSD SATA. Kecepatan transfer data keduanya terbilang cukup terbatas. Nah, bagi pembuat konten (content creator) yang memilih menggunakan laptop dan penyimpanan eksternal untuk mengedit video, tentunya masalah tersebut akan sangat terasa.

Menanggapi hal tersebut, WD belum lama ini memperkenalkan WD My Passport SSD, yang menggunakan SSD NVMe yang dijamin ngebut dengan fisik mungil. Tim Mobitekno berkesempatan menjajal WD My Passport SSD varian kapasitas 1 TB lewat review singkat. Bagaimana performanya? Namun sebelum itu, berikut ini kelengkapan di dalam kotak kemasan WD My Passport SSD.

  1. WD My Passport SSD
  2. USB Type-C
  3. Adaptor dari USB Type-C ke Type-A
  4. Buku petunjuk

Desain

Membawa dimensi 100 x 55 x 9 mm dan berat di bawah 54 gram, tampilan desain WD My Passport SSD ramping, tipis, dan mudah dimasukkan ke dalam saku. Sisi luar perangkat ini dilapisi oleh bodi berbahan metal yang tahan terhadap guncangan maupun getaran. WD sendiri mengklaim bahwa perangkat ini bisa bertahan dari ketinggian kurang dari 2 meter (1,98 meter) di atas permukaan tanah ketika terjauh.

Inilah isi di dalam kotak kemasan WD My Passport SSD, terdapat unit WD My Passport SSD, kabel USB Type-C, Adaptor, dan buku petunjuk  

Meski tipis dan mungil, bodi WD My Passport SSD mendapat sentuhan berbahan metal yang kuat terhadap getaran dan guncangan

Performa

Pada pengujian dalam jangka waktu yang lama, harddisk eksternal memang akan menimbulkan panas. Hal tersebut berkaitan erat dengan penggunaan SSD NVMe yang memang menimbulkan panas. Namun panas yang dihasilkan tidak terlalu mengganggu saat kita memegangnya.

Lebih jauh, memanfaatkan teknologi NVM Express (NVMe), cip yang tertanam di dalam WD My Passport SSD ini diklaim mampu melesat hingga 1.050 MB/s untuk kecepatan membaca dan 1.000 MB/s untuk kecepatan menulisnya. Di samping itu, agar data tetap terlindungi WD juga menyediakan fitur password yang terenkripsi secara hardware.

Ilustrasi

Untuk melakukan pengetesan, penulis menggunakan laptop yang tentunya memiliki USB 3.2 Gen 2 dan menggunakan software Crystal Disk Mark. Selama pengujian, kami mendapatkan kecepatan baca maksimal di angka 972MB/s dan tulis maksimal 946MB/s Crystal Disk Mark. Sebagai informasi, protokol yang dipakai di My Passport SSD ini adalah USB 3.2 Gen 2, yang punya bandwidth maksimal 10GB/s.

 

 

 

Hasil pengukuran kecepatan baca maksimal melalui software Crystal Disk Mark

Bila laptop atau komputer Anda tidak memiliki USB Type-C, tak perlu khawatir. Pada paket penjualan, WD memberikan adaptor dari USB Type-C ke Type-A. Akan tetapi, kemungkinan Anda akan mendapatkan kecepatan yang sedikit lebih lambat jika dibandingkan saat menggunakan Type-C.

Dengan pengontrol USB 3.2 Gen2 dan SSD NVMe SN550E, SSD portabel ini dibuat untuk memberikan kinerja yang luar biasa. Selain itu, drive ini dilengkapi dengan enkripsi AES 256-bit berbasis perangkat keras untuk keamanan. WD menyertakan kabel USB Type-C enam inci yang relatif pendek dan adaptor Type-C ke Type-A satu inci dengan drive. WD menyediakan perangkat lunak Discovery untuk mengelola perangkat dan memungkinkan pengunduhan beberapa aplikasi lain. Perangkat lunak WD Security dan WD Backup mengelola perlindungan kata sandi perangkat dan mengonfigurasi tugas pencadangan pada komputer berbasis macOS dan Windows.

Spesifikasi

Interface: USB 3.2
Connector: USB-C
Sequential Read: 1.050 MB/s
Sequential Write: 1.000 MB/s
Dimensi: 100 x 55 x 9 mm
Bobot: 45,7 gram
Varian Kapasitas: 500 GB, 1 TB, dan 2 TB

Dukungan Sistem Operasi:

  1. Windows 10 atau Windows 8.1
  2. macOS Catalina, Mojave, atau High Sierra

Ilustrasi

Kesimpulan

Ukurannya yang hanya berkisar 100 x 55 x 9 mm dengan bobot ringan (45,7 gram) membuat WD MyPassport SSD sangat nyaman untuk dibawa kemana-mana, terlebih bagi para pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Di samping itu, bodinya yang terbuat dari metal terasa solid dan kokoh untuk bisa melindunginya dari berbagai insisden yang tidak diinginkan seperti terjatuh ataupun terkena guncangan saat bepergian.

Di sisi lain, penggunaan SSD dengan teknologi NVMe dan interface USB-C 3.2 pun membuat perangkat ini mampu menampilkan kinerja yang sangat mumpuni. Bagi pengguna yang bergulat di bidang konten–kerap memindahkan data berukuran besar, hal ini sangat penting karena hal tersebut menjadi bisa dilakukan dengan waktu yang jauh lebih efisien dan tentunya sangat bisa diandalkan.

Tags: , , ,


COMMENTS