October 14, 2016

Masuk Pasar Konsumen, Western Digital Perkenalkan SSD WD Blue dan WD Green

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Masuk Pasar Konsumen, Western Digital Perkenalkan SSD WD Blue dan WD Green  

MOBITEKNO – Setelah menyelesaikan akuisisi SanDisk (SanDisk Corp.) senilai US$ 19 miliar pada bulan Maret lalu, masuknya WD (Western Digital Corp.) ke pasar konsumen (consumer market) produk SSD tinggal menunggu waktu saja.

Kini waktunya telah tiba dengan dirilisnya dua SSD untuk kelas pengguna biasa (konsumen), yaitu WD Blue dan WD Green. Kedua SSD dengan interface SATA III ini akan hadir dalam dua form factor, yaitu SSD 2,5 inci (case 7 mm case) seperti pada HDD notebook dan SSD M.2 2280.

Menurut Western Digital, SSD WD Blue yang menwarkan kecepatan baca (sequential write) dan tulis (sequential write) berturut-turut 545 MB/detik dan 525MB/detik. Sedangkan endurance rating TBW (Terabytes Written) dan reliability rating MTBF (Mean Time Between Failures) diklaim sudah mencapai 400 TBW dan 1.75 juta jam.

WD Blue yang tersedia dalam tiga kapasitas ini (250 GB, 500 GB, dan 1TB) akan dipasarkan ke seluruh dunia dengan harga retail berturut-turut US$ 87, US$ 150, dan US$ 300.

""

Seperti juga warna-warni produk HDD-nya, SSD WD Green  yang juga tersedia dala form, factor 2.5 inci dan M.2 lebih ditargetkan bagi pengguna laptop/notebook yang membutuhkan SSD yang lebih efisien daya (listrik).

Konsekuensinya, SSD WD Green ditawarkan dengan sequential read dan write yang lebih rendah (540 MB/detik dan 405 MB/detik). Ukuran kapasitas yang ditawarkan pun berbeda. SSD WD Green akan tersedia dalam dua pilihan kapasitas, yaitu 120 GB dan 240 GB.

Dibandingkan SSD Blue, SSD WD Green memiliki endurance rating yang jauh lebih rendah (80 TBW), meskipun reliability rating-nya (MTBF) masih setara (1.75 juta jam). Sayangnya, harga resmi SSD WD Green belum diumumkan meski diperkirakan harganya akan dipatok di bawah harga SSD WD Blue.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS