May 21, 2022

Unreal Engine dari Epic Games Dorong Kreator Manfaatkan Teknologi Real Time

Penulis: Desmal Andi
Unreal Engine dari Epic Games Dorong Kreator Manfaatkan Teknologi Real Time  

Mobitekno – Jajaran lengkap alat pengembangan berkualitas tinggi dari Epic Games ini memang sudah memanfaatkan solusi teknologi real time terkini, yang bisa digunakan di seluruh platform seluler, PC, konsol, AR, dan VR. Teknoloigi unreal-nya sendiri memungkinkan kreator untuk memvisualisasikan berbagai macam hal menjadi lebih realisits. Misalnya untuk produk seperti foto, produk interaktif, film, produksi virtual, penyiaran TV realita, hingga kebutuhan hiburan serta game.

Saat ini, visualisasi kreatif banyak digunakan para kreator dan mengalami banyak evolusi selama beberapa tahun. Dunia visualisasi ini bisa membawa manusia ke dunia baru yang lebih imersif dan fantastis. Dan, kKemajuan teknologi real ime menjadi kunci dalam hal visualisasi ini. Kamu bisa melihat contohnya pata serial Game of Thrones atau The Mandalorian. Keduanya bisa membawa penontonnya ke dunia baru yang lebih fantastis dengan visualisasi yang ada di dalamnya.

Ini artinya, software real time sudah memungkinkan kreator untuk bekerja secara kreatif dan kolaboratif, tanpa waktu rendering yang panjang dan alur kerja yang tertutup. Saat diaplikasikan ke industri media dan hiburan, penulis, tim produksi, artis, sutradara dan kru film bebas untuk berfokus pada penciptaan dan mewujudkan ide-ide mereka lebih cepat, lebih kreatif, dan fleksibel dibandingkan sebelumnya.

Teknologi Unreal terbaru dari Epic Games memungkinkan kreator untuk berkreasi dalam dunia visualisasi

Hal inilah yang digambarkan oleh Epic Games dalam sebuah acara Unreal Engine & Disguise Virtual Production Webinar yang telah dilaksanakan melalui Zoom pada hari Kamis, 19 Mei 2022. Dengan teknologi visualisasi terkini, dari pembuat film independen hingga stasiun-stasiun TV besar, bahkan penyelenggara acara, siapa saja kini dapat memanfaatkan teknologi real-time dalam produksi virtual dan in-camera visual effect (ICVFX) untuk menciptakan lokasi yang imersif dan interaktif, bahkan imajiner, di dalam batas-batas panggung.

Epic Games selalu mendorong era baru storytelling, dengan visualisasi real-time yang mentransformasi cara kita menciptakan dan menikmati konten. Teknologi kini diberdayakan untuk mendisrupsi alur kerja dengan efisiensi produksi end-to-end, seperti aset optimal, efek visual in-camera, real-time compositing dan rendering, serta alat produksi virtual. Ini berdampak kepada keseluruhan proses kreatif – dari pencarian lokasi virtual, hingga mendesain urutan adegan dan bahkan pencahayaan dan kontrol kamera.   Visualisasi real time memungkinkan alur kerja lebih cepat, lebih kolaboratif di semua alur produksi, sehingga profesional bisa membuat keputusan kreatif dengan cepat tanpa dibatasi oleh waktu, anggaran, sumber daya, atau bahkan kondisi cuaca.

Dengan adanya teknologi unrel terbaru dari Epic Games ini, banyak kreator Asia Tenggara yang siap menangkap banyak peluang. Bahkan, studio seperti AUX Media di Singapura, 3Particle di Malaysia dan V2 Indonesia sudah memanfaatkan produksi virtual real time untuk membuka jalan baru di produksi live broadcast, virtual event, video musik, dan lainnya. Saat kreator di wilayah ini siap untuk membuat perubahan ini, satu hal yang pasti – masa depan cerah dengan visualisasi kreatif real time.

 

Tags: ,


COMMENTS