July 21, 2018

Teken Nota Kesepahaman, Anabatic dan IBM Indonesia Jamin Ketersediaan “PocketBank” di Indonesia

Penulis: Rizki Romdoni
Teken Nota Kesepahaman, Anabatic dan IBM Indonesia Jamin Ketersediaan “PocketBank” di Indonesia  

Mobitekno – Di era digital seperti sekarang, industri perbankan dituntut untuk memperbaiki pengalaman pelanggan melalui transformasi digital. Nasabah yang “melek digital” umumnya selalu menantikan teknologi terbaru yang akan dirilis dari tempat mereka menabung.

Belum lama ini, PT Anabatic Technologies Tbk melalui anak usahanya yakni PT Anabatic Digital Raya bersama dengan IBM Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk dunia keuangan di Indonesia melalui implementasi teknologi PocketBank dalam menjawab tantangan transformasi bank digital.

Memajang tagline “Menggeser Pengalaman Perbankan”, PT Anabatic Digital Raya berharap dapat membantu para pelaku bisnis keuangan di Indonesia menjawab kebutuhan branchless banking, e-money, mobile banking, customer application dan juga aplikasi untuk agen asuransi. Melalui kerja sama ini, Anabatic menargetkan pelanggan di Indonesia dan kawasan regional ASEAN pada tahun 2018.

PocketBank merupakan aplikasi mobile yang dapat digunakan oleh pengguna jasa keuangan untuk melakukan transaksi keuangan di mobile, misalnya proses transfer, cek saldo, penarikan uang. Bahkan dapat memerankan peran perbankan seperti melakukan proses transfer ke seseorang yang tidak memiliki rekening di bank yang sama menggunakan penerima transfer melalui nomor telepon mobile dengan kode unik.

LinuxOne yang mendukung kerja PocketBank akan memudahkan perusahaan untuk fokus memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya.” tambah Novan.

Adriansyah Adnan, CEO PT Anabatic Digital Raya, mengatakan, “Bagi bank, PocketBank ini memberikan manfaat maksimal karena kini mereka tidak perlu lagi membuka banyak cabang dengan investasi tinggi. Melalui solusi ini, bank dapat mengakses target pasar mereka dengan sistem core banking mereka yang ada di saku nasabah,”

Bahkan, ia melanjutkan, solusi ini juga dapat menangkap semua informasi perilaku nasabah di mobile seperti informasi geografis ketika nasabah melakukan transaksi, mendeteksi OS dan tipe mobile mereka. Melalui data ini, bank dapat melakukan proses analytics terhadap perilaku nasabah mereka.

Adriansyah menambahkan, “Fitur lain yang menjadi unggulan PocketBank adalah mendukung proses transaksi non finansial seperti registrasi nasabah, pembukaan rekening, profiling nasabah, dan juga customer service selain itu Pocketbank juga mendukung independensi terhadap system yang suidah di miliki oleh customer.”

Untuk mendukung teknologi ini dibutuhkan perangkat hardware dan software yang mumpuni dan dapat digunakan disemua platform. Novan Adian, Country Manager Global Business Partner, IBM, mengatakan “LinuxOne merupakan jawaban tepat, karena memiliki performanace andal, tingkat keamanan (security) yang tinggi, high availability yang di desain untuk meminimalisasi downtime, cloud ready, serta scalable yang memudahkan adanya pertumbuhan transaksi tanpa berdampak pada proses yang berjalan.

Hingga saat ini, PocketBank telah di gunakan oleh bank di Indonesia, Regional ASEAN dan di Timur Tengah. Namun sayangnya, ia enggan menyebutkan Bank mana yang sudah menerapkan teknologi ini.

Tags: , , , , ,


COMMENTS