July 21, 2018

Beralih ke Cloud, Alfacart Transformasi Bisnisnya dengan Solusi Aplikasi F5

Penulis: Rizki R
Beralih ke Cloud, Alfacart Transformasi Bisnisnya dengan Solusi Aplikasi F5  

Mobitekno – Berawal sebagai saluran e-commerce dari Alfamart, jaringan convenience store ternama di Indonesia, Alfaonline bertransformasi menjadi Alfacart.com, toko online dan marketplace yang menghubungkan lebih dari 13 ribu gerai Alfamart di seluruh penjuru negeri.

Dalam prosesnya, Alfacart mendapat dukungan dari F5—penyedia layanan solusi Cloud –untuk memperkuat keamanan aplikasi dan manajemen trafik webnya.

Seperti dikatakan oleh Dendy Pramudito, Vice President of Information Technology, Alfacart, bahwa Alfacart.com mampu memproses jumlah transaksi online sepuluh kali lipat setiap harinya, dibandingkan sebelum menggunakan F5. “Ini merupakan perubahan yang sangat positif karena operasional online adalah inti dari bisnis kami,” katanya.

Melalui strategi online-to-offline, Alfacart mengembangkan model bisnisnya agar bisa menjadi marketplace, tempat para merchant menjual produk-produknya. Langkah ini tergolong revolusioner karena mencakup antara lain jaringan geografis toko fisik yang menjadi tempat pengambilan (penjual untuk menitipkan produknya atau pembeli jika ingin mengembalikan barang), pengiriman, dan pembayaran.

Alfacart menjangkau calon pelanggan melalui pemasaran digital yang luas dan melakukan promosi online untuk menyampaikan  inforrmasi mengenai model bisnis baru ini kepada khalayak. Sebagai konsekuensinya, trafik pada situs tumbuh pesat sehingga tim IT yang dipimpin Dendy harus bekerja lebih keras.

Tim ini harus memastikan infrastruktur IT Alfacart cukup mumpuni dalam menyediakan dan mendukung perkembangan layanan marketplace. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka harus melakukan desain ulang data center dan melakukan pembaruan peralatan IT perusahaan yang secara teknologi sudah mulai ketinggalan.

“Kami bisa dengan mudah dan cepat mengidentifikasi masalah, khususnya dalam proses transaksi, karena dengan infrastruktur F5 kami dapat segera mendeteksi masalah pada aplikasi atau pun database,” jelasnya.

Laman Alfacart.com yang didukung oleh F5 saat ini dapat menerima transaksi online pada saat bersamaan, dalam jumlah besar. Juga, laman tersebut menawarkan proses yang ringkas dengan penyediaan dan routing konten pada satu titik. Optimalisasi situs ini juga berarti waktu loading yang cepat dengan konsumsi sumber daya komputasi dengan lebih sedikit.

Keuntungan:

  • Trafik jaringan yang optimal untuk aplikasi yang lebih cepat, selalu tersedia, dan aman
  • Caching dinamis untuk performa optimal
  • Modul keamanan untuk melindungi dari segala ancaman
Tags: , , ,


COMMENTS