September 6, 2016

Lumen dan IT Corp Raih Juara Pertama dalam Ajang IBM Linux Challenge 2016

Penulis: Eko Lannueardy
Lumen dan IT Corp Raih Juara Pertama dalam Ajang IBM Linux Challenge 2016  

MOBITEKNO – Mengikuti suksesnya penyelenggaraan kompetisi yang sama di tahun 2015, IBM Indonesia sejak tanggal 11 Mei 2016 lalu telah menggelar kompetisi bertajuk “IBM Linux Challenge 2016”. Kompetisi ini sendiri mendapat dukungan penuh dari Setiaji selaku Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City.

Ajang kompetisi yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan para developer Teknologi Informasi (TI) dalam membuat aplikasi lokal menggunakan platform bebasis Linux/Open Source ini berhasil mengumpulkan 53 proposal dalam kurun waktu empat bulan. Ada dua kategori yang dihadirkan dalam kompetisi ini, yakni Mahasiswa dan Profesional.

Dari ke-53 proposal yang masuk, tim juri yang terdiri dari IBM Indonesia, Bapak Budi Rahardja yang mewakili praktisi dan tokoh open source serta perwakilan Jakarta Smart City mengundang 18 proposal terpilih untuk mempresentasikan ide. Tahap terakhir, terpilih empat pemenang, yakni Lumen, Sinar Indonesia Jaya, IT Corp dan Indjuri.

Lumen yang terpilih sebagai pemenang pertama untuk kategori Mahasiswa mengedepankan robot bantuan informasi (helpdesk) otomatis berbasis kecerdasan buatan yang dapat memberikan layanan informasi dan menjawab pertanyaan. Aplikasi inipun rencananya akan diterapkan sebagai bagian dari Jakarta Smart City.

Sementara, IT Corp terpilih sebagai pemenang pertama untuk kategori profesional berhasil menarik perhatian juri dengan aplikasi buatannya yang mampu memfasilitasi masyarakat modern, seperti di DKI Jakarta dalam mengakses layanan kesehatan dengan cepat, tepat dan mantap.

Ditegaskan oleh Al Novam Basukiwijaya, Country Manager Hardware IBM Indonesia bahwa ajang ini sengaja digelar dengan mengusung konsep Smart City. Tak hanya di Jakarta, acara serupa juga digelar oleh IBM di sejumlah kota di dunia, seperti Rio De Jeneiro – Brasil dan Davao – Filiphina.

"Kami sengaja menggelar kompetisi ini untuk mengajak mahasiswa dan kalangan profesional yang berkecimpung di industri teknologi informasi agar mau berkontribusi untuk mewujudkan smart city. Untuk itu kami sangat berharap aplikasi yang tercipta dapat mendukung konsep Jakarta Smart City dan bermanfaat bagi masyarakat luas," ujar Al Novam Basukiwijaya.

Sebagai perusahan teknologi terdepan, IBM Indonesia akan terus berupaya mendukung kreatifitas developer dalam negeri untuk berkayar lebih banyak. IBM Linux Challenge 2016 ini terselenggara atas dukungan Avnet Datamation Solutions dan PT Global Infotech Solution yang juga merupakan IBM Business Partner untuk memperkenalkan dan memasarkan IBM Server Power Linux.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS