September 26, 2023

Platform Digital Tomps dari Telkom Bantu 65 BUMN dalam Mengelola Aset

Penulis: Iwan RS
Platform Digital Tomps dari Telkom Bantu 65 BUMN dalam Mengelola Aset  

Mobitekno – Sebagai perusahaan yang terus melalkukan transformasi menjadi digital telco, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berupaya melaksanakan tanggung jawabnya sebagai poros utama digitalisasi di Indonesia melalui implementasi layanan manajemen aset digital di Portal Aset KBUMN dengan memanfaatkan platform Tomps.

Aset BUMN (Badan Usaha Milik Negara) merupakan salah satu aspek penting dalam perekonomian nasional. Aset BUMN mencakup tanah, bangunan, infrastruktur, peralatan, dan lain-lain yang dimiliki oleh berbagai badan usaha milik negara di Indonesia.

Pengelolaan aset BUMN yang baik dan akurat berdampak pada peningkatan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam penggunaan sumber daya negara.

Tomps 03

Meski demikian, pengelolaan aset BUMN tidaklah mudah. Ada banyak tantangan yang dihadapi, seperti data aset yang tidak terintegrasi, tidak terverifikasi, tidak terstandarisasi, dan tidak terbarukan. Selain itu, ada juga risiko hukum yang mengancam kepemilikan aset BUMN, seperti sengketa tanah, gugatan perdata, dan tuntutan pidana.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia telah mengembangkan sebuah platform digital bernama Tomps. Tomps merupakan salah satu produk digital di bawah payung Leap-Telkom Digital (Leap), sebuah brand baru yang mewadahi berbagai inovasi digital Telkom untuk mendigitalisasikan bangsa.

Tomps hadirkan layanan manajemen aset di lingkungan BUMN

Sebagai platform digital, Tomps menawarkan layanan manajemen aset digital untuk mengakses perkembangan aset secara real-time, akurat, dan transparan. Platfomr ini dapat digunakan untuk melakukan pemantauan seputar perencanaan, aset, proyek, dan bangunan. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pemutakhiran data aset secara otomatis dengan menggunakan teknologi geospasial dan artificial intelligence.

“Aset BUMN menjadi hal penting yang sejatinya perlu dilakukan pendataan dan pembaruan data secara berkala. Implementasi layanan manajemen aset digital yang diberikan oleh Tomps membawa perubahan positif dalam mengoptimalkan manajemen aset yang dimiliki oleh BUMN di Indonesia,” ujar Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid.

Tomps 01

Salah satu implementasi platform ini adalah dalam Portal Aset KBUMN, sebuah portal online yang menyediakan informasi lengkap tentang berbagai aset BUMN di seluruh Indonesia. Portal Aset KBUMN merupakan inisiatif dari Kementerian BUMN untuk meningkatkan akselerasi digitalisasi di jajaran BUMN.

Dengan menggunakan platform digital ini, sebanyak 65 BUMN yang telah bergabung dengan Portal Aset KBUMN dapat melakukan pemutakhiran data aset tanah maupun bangunan dengan cepat, mudah dan terjaga keakuratannya. Layan yang dosediakn platform tersebut mampu meningkatkan transparansi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam manajemen aset di jajaran BUMN dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Tomps dapat melakukan verifikasi legalitas aset ke BPN

Platform ini juga mampu meminimalisasi risiko kepemilikan aset BUMN yang kompleks agar terhindar dari masalah hukum. Platform besutan Telkom ini dapat melakukan verifikasi legalitas aset dengan menghubungkan data aset dengan data sertifikat tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tomps juga dapat memberikan rekomendasi tindakan hukum yang perlu dilakukan jika ada masalah terkait aset.

Tomps telah mendapatkan banyak apresiasi dan kepercayaan dari berbagai BUMN yang telah menggunakan layanan manajemen aset digitalnya. Salah satunya adalah PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), sebuah BUMN yang bergerak di bidang transportasi laut.

Tomps 02

“Semenjak sistem manajemen aset diimplementasi dengan Tomps, kami merasa platform Portal Aset KBUMN lebih user friendly. Terlebih sekarang layanan dan fiturnya mudah dipahami. Tomps memberikan layanan digital dengan opsi upload yang bisa dilakukan secara efisien dan massal,” ungkap Junior Analis Akuntansi Aset ASDP Indonesia Ferry, Dicky Yulian Anantha.

Kehadiran Tomps menjadi bukti nyata Telkom dalam mengorkestrasikan ekosistem digital di Indonesia. Sampai dengan tahun 2023, Tomps telah melakukan ratusan kerja sama strategis dengan kementerian dan berbagai perusahaan di Indonesia.

Tidak hanya Tomps, Leap Telkom Digital juga memayungi platform digital cerdas lainnya yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan dari Leap Telkom Digital dapat dilihat di sini.

Selain dimanfaatkan oleh banyak perusahaan pelat merah, platform pengelolaan aset ini juga diguakan oleh perusahaan swasta yang ingin mengelola aset, proyek, program, dan operasional bangunan mereka secara digital.
Sebagai solusi manajemen berupa aplikasi pengelolaan berbasis mobile dan web, Tomps juga dipercaya oleh berbagai perusahaan swasta dari berbagai industri di Indonesia, seperti PT Yodya Karya, PT Finnet Indonesia, PT Egis International Indonesia, dan lain-lain.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS