September 1, 2023

Huawei Cloud Gelar Acara Perdana “CXO Cloud-Camp”. Sorot Peluang dan Tantangan Digitalisasi di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Huawei Cloud Gelar Acara Perdana “CXO Cloud-Camp”. Sorot Peluang dan Tantangan Digitalisasi di Indonesia  

Mobitekno – Huawei Cloud Indonesia baru-baru ini menggelar acara perdana CTO joint innovation yang dinamakan CXO Cloud-Camp untuk merumuskan visi tentang transformasi digital Indonesia. Ajang perdana ini berlangsung di Bali mulai tanggal tanggal 24 hingga 26 Agustus 2023 lalu.

Acara ini bertemakan “Together for Digital Evolution” atau “Bersama untuk Evolusi Digital” dihadiri oleh CTO dan eksekutif terkemuka dari perusahaan global dan nasional, termasuk Deloitte Consulting, eclicktech, RCTI+, Astra Digital Arta, dan BNC.

Pembicara utama di acara CXO-Camp adalah Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia, H.E. Djauhari Oratmangun dan Budi Prawara selaku Ketua Organisasi Penelitian Elektronika dan Informatika di bawah payung Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Indonesia.

Huawei CXO Engine
Pembicara di ajang CTO Cloud CXO Joint Innovation Camp yang berlangsung dari tanggal tanggal 24-26 Agustus 2023.

Para peserta juga berbagi wawasan inovatif dan perspektif praktis tentang transformasi digital, meliputi tren digitalisasi, penerapan teknologi canggih, dan peluang bisnis yang timbul dari gelombang kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI).

Tujuan bersamanya adalah untuk memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sambil merencanakan jalur baru untuk evolusi sektor digital negara tersebut.

Digitalisasi vital bagi pertumbuhan Indonesia ke depan

Indonesia, sebagai negara dengan populasi besar dan kaya akan keragaman budaya, mengakui digitalisasi merupakan penggerak penting bagi kemajuan ekonomi dan sosialnya. Belakangan ini, pemerintah Indonesia memprioritaskan digitalisasi, dengan tujuan mempercepat transformasi digital negara melalui peningkatan kerjasama lintas batas, peningkatan infrastruktur informasi, dan adopsi luas teknologi digital.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia H.E. Djauhari Oratmangun menekankan pentingnya digitalisasi untuk pertumbuhan masa depan selama acara tersebut.

Huawei CXO Engine Program 02
Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia, YM. Djauhari Oratmangun.

Selain menyoroti potensi beragam teknologi digital di berbagai sektor sambil mengakui tantangan dan peluangnya, Djauhari juga menekankan bahwa transformasi digital adalah proses panjang yang membutuhkan upaya kolektif dan inovasi untuk meningkatkan efektivitasnya.

Berbicara tentang inovasi sebagai katalis vital bagi pertumbuhan ekonomi digital, Budi Prawara, Ketua Organisasi Penelitian Elektronika dan Informatika di bawah payung Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Indonesia, menguraikan empat komponen penting dari digitalisasi selama pidatonya.

Huawei CXO Engine Program 03
Budi Prawara, Kepala Organisasi Riset Elektronika dan Informatika, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Faktor-faktor ini meliputi meningkatkan pembinaan bakat digital; menciptakan lingkungan operasional yang kondusif (termasuk meningkatkan kesadaran publik tentang kerangka regulasi dan AI); mempromosikan inovasi digital di bidang penelitian, pengembangan, dan investasi yang dipandu oleh strategi pemerintah; serta fokus pada penyempurnaan kemampuan bisnis yang berpusat pada kegiatan kewirausahaan dan investasi serta pemberdayaan AI.

Huawei Cloud Indonesia luncurkan CXO Engine program

Huawei Cloud menyatakan komitmennya untuk memberikan layanan komputasi awan yang andal, efisien, dan aman bagi pelanggan korporat dan individu di Indonesia. Pada ajang ini, Huawei Cloud Indonesia juga meluncurkan CXO Engine Program untuk mendukung perusahaan di tanah air dalam mengadopsi transformasi digital.

Program ini dirancang untuk membantu para CTO di Indonesia dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka tentang teknologi cloud dan AI. Cakupannya mulai dari dasar cloud computing, arsitektur, sekuriti, data analytics, hingga cloud computing AI.

CEO Huawei Cloud Indonesia James Zhang yang meluncurkan rencana CXO Engine program ini mengakui tantangan baru transformasi digital yang dihadapi baik oleh bisnis berbasis internet maupun perusahaan tradisional.

Huawei CXO Engine Program 01
Bersamaan dengan ajang ini Huawei Cloud Indonesia juga meluncrukan CXO Engine Program.

Dengan mengemukakan berbagai peluang yang tercipta dari transformasi digital, James menekankan bahwa kesuksesan di sektor digital hanya dapat tercapai ketika pemimpin industri di berbagai sektor berkolaborasi, berbagi ide, menyusun strategi, saling belajar dan berkembang.

Acara CXO-Camp ini merupakan langkah maju bagi Huawei Cloud Indonesia dalam membantu mempercepat transformasi digital di Indonesia. Dengan mengemukakan berbagai peluang yang tercipta dari transformasi digital, James menekankan bahwa kesuksesan di sektor digital hanya dapat tercapai ketika pemimpin industri di berbagai sektor berkolaborasi, berbagi ide, menyusun strategi, saling belajar dan berkembang.

Director, Deloitte Consulting, Asia Tenggara, Yun-Han Lee, mengemukakan adanya transisi global yang tengah terjadi dan mengarah pada dunia tanpa batas. Transisi ini pun menghadirkan banyak peluang bagi pihak yang cukup gesit menangkapnya. Dia mengajak seluruh pihak agar menyambut perubahan secara proaktif, mengeksplorasi peluang baru, serta menciptakan nilai tambah baru.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS