September 1, 2023

IFA 2023: Samsung SmartThings Bawa Pengalaman Rumah yang Lebih Cerdas dan Efisien

Penulis: Rizki R
IFA 2023: Samsung SmartThings Bawa Pengalaman Rumah yang Lebih Cerdas dan Efisien  

Mobitekno – Samsung Electronics Co, Ltd., salah satu pemimpin teknologi global, telah memamerkan inovasi terbaru untuk rumah yang terhubung (connected home) pada Konferensi Pers IFA 2023 di Berlin, Jerman. Melalui ekosistem SmartThings yang terus berkembang, Samsung bertujuan untuk memberikan pengalaman di dalam rumah yang lebih cerdas, efisien, dan bermanfaat bagi lebih dari 285 juta pengguna di Eropa.

Samsung memahami peran penting rumah dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai tempat kerja, tempat hiburan, atau tempat bersantai. Aplikasi SmartThings memungkinkan pengguna untuk mengontrol rumah mereka dari mana saja, sehingga mereka dapat menikmati hiburan secara seamless sambil menjaga keamanan.

Benjamin Braun, Chief Marketing Officer, Samsung Europe, menyatakan, “Samsung sangat antusias dalam menghubungkan pengguna kami dengan orang-orang, tempat dan hiburan yang paling berarti bagi mereka,”

“Kami akan terus memanfaatkan berbagai peluang yang ditawarkan oleh inovasi terbaru dalam teknologi untuk memastikan ekosistem SmartThings tumbuh dan berkembang dengan cara yang memungkinkan orang untuk membuat lebih banyak lagi koneksi yang penting bagi mereka,” lanjutnya. 

Riset konsumen di Eropa menunjukkan bahwa teknologi memiliki dampak positif dalam kehidupan sehari-hari, termasuk interaksi dengan keluarga dan teman, pekerjaan rumah, dan hobi.

Ekosistem SmartThings Hadirkan Pengalaman Rumah yang Lebih Cerdas

Samsung Food

SmartThings

Samsung telah menghadirkan aplikasi all-in-one terbaru, Samsung Food, yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi, menyimpan, dan berbagi resep, serta merencanakan makanan mereka. Aplikasi ini tidak hanya membantu dalam memasak tetapi juga terhubung secara langsung dengan peralatan dapur Samsung yang kompatibel, mengirimkan waktu dan suhu yang tepat ke oven.

Menggunakan teknologi Vision AI, Samsung Food akan menggunakan foto yang diambil dari makanan untuk memeriksa informasi nutrisi, mengenali bahan makanan, dan merekomendasikan resep terbaik dari bahan makanan itu.

Dalam pengembangan ke depannya, Samsung Food akan menyediakan resep yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi diet pengguna.

Pengalaman Hiburan yang Menyenangkan

Samsung, sebagai pemimpin di pasar TV selama 17 tahun berturut-turut, telah melengkapi jajaran TV premiumnya dengan teknologi terbaru, termasuk Neo QLED 8K dan 4K. Rangkaian TV Micro LED juga akan segera hadir di Eropa, memberikan pengalaman menonton yang luar biasa dengan kontras dan detail yang mengesankan.

SmartThings_Samsung TV

Selain itu, Samsung merayakan ulang tahun ke-100 Disney dengan peluncuran The Frame – Disney 100 Edition, yang menampilkan 100 karya seni ikonik dari berbagai studio termasuk Walt Disney Animation Studios dan Marvel.

Proyektor Portabel Inovatif

Samsung juga memperkenalkan proyektor portabel serbaguna, The Freestyle 2nd Gen, yang menghadirkan pengalaman layar lebar di mana pun. Dengan Smart Edge Blending, dua proyektor dapat dipasangkan untuk menghasilkan pengalaman menonton panorama dan vertikal yang mengagumkan.

SmartThings_The Freestyle 2nd gen

Bekerja sama dengan Xbox dan Bethesda Softworks, kini sudah termasuk Starfield juga di antaranya, yakni game role-playing generasi terbaru yang memukau. Gim ini sudah dapat dimainkan melalui Samsung Gaming Hub dengan keanggotaan Xbox Game Pass Ultimate, tanpa memerlukan konsol.

Tak berhenti sampai di situ, Samsung pun memiliki komitmen untuk mengembangkan produk yang membantu pengguna menghemat energi dan berkontribusi pada kebaikan lingkungan. Samsung SmartThings Energy membantu mengoptimalkan penggunaan energi di seluruh peralatan, sedangkan filter mesin cuci eksternal mengurangi emisi microplastic hingga 98% selama siklus pencucian.

Samsung juga terlibat dalam pengembangan teknologi pemanas seperti heat pump yang dapat mengoptimalkan penggunaan energi berdasarkan preferensi pengguna. Mereka juga dapat terhubung ke ekosistem SmartThings, sehingga penggunaan energinya dapat dipantau dan disesuaikan dengan lingkungan yang disukai pengguna

Di samping itu, Samsung bermitra dengan berbagai perusahaan, termasuk Yale dan ABB Smart Buildings, untuk menyediakan solusi keamanan rumah yang lebih baik dan mengintegrasikan teknologi pintar ke dalam rumah sebelum dibeli. Teknologi pintar, ditambah dengan solusi SmartThings semakin menjadi kebutuhan dasar bagi rumah yang modern, dan Samsung berkomitmen untuk membuatnya lebih mudah diakses oleh pengguna.

Samsung terus mendorong batasan teknologi untuk menciptakan rumah yang lebih terhubung, cerdas, dan berkelanjutan bagi pengguna di Eropa. Dengan inovasi terbaru dalam berbagai bidang, Samsung melalui SmartThings-nya membantu pengguna menjalani kehidupan yang lebih baik dan berkontribusi pada perlindungan lingkungan yang lebih baik.

Tags: , , , ,


COMMENTS