September 26, 2023

Garmin Run Asia Series 2023 Sukses Digelar, Diikuti Lebih 5.000 Peserta

Penulis: Desmal Andi
Garmin Run Asia Series 2023 Sukses Digelar, Diikuti Lebih 5.000 Peserta  

Mobitekno – Garmin sukses menggelar acara lari yang sangat dinantikan, Garmin Run Asia Series 2023 Indonesia, yang berlangsung di Uptown Park – Summarecon Mall Serpong, Tangerang. Acara lari ini mengusung tema “From Zero to Hero” dan berhasil menarik partisipasi dari lebih dari 5.000 peserta dari berbagai kelompok usia yang ambil bagian dalam berbagai nomor lari, mulai dari 5K, 10K, hingga 21K, serta Kids Dash.

Tujuan utama dari Garmin Run 2023 adalah untuk menyatukan semua pelari, dari berbagai tingkat keahlian dan usia, dalam sebuah perayaan lari yang luar biasa. Antusiasme yang luar biasa dari para penggemar lari di Indonesia sangat terlihat, dengan tiket acara Garmin Run 2023 yang habis terjual dalam waktu kurang dari satu bulan setelah diumumkan.

Scoppen Lin, Assistant General Manager, Garmin Asia, mengucapkan terima kasih atas antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Indonesia. Ia menyatakan, “Kesuksesan Garmin Run 2023 tidak mungkin ada tanpa dukungan luar biasa dari para penggemar lari di Indonesia. Kami berharap dapat terus menginspirasi dan mendukung pelari untuk menaklukkan setiap tantangan yang mereka hadapi.”

Garmin Run Asia Series 2023

Garmin Run Asia Series 2023 ini memang memiliki skala internasional karena diikuti oleh tujuh negara di Asia, termasuk Indonesia, Taiwan, Thailand, Malaysia, Jepang, Hongkong, dan Vietnam. Jumlah peserta dari seluruh acara Garmin Run 2023 Asia Series mencapai angka yang mengesankan, yaitu 40.000 peserta.

Selain peserta umum, acara Garmin Run Asia Series 2023 juga menarik perhatian beberapa atlet dan pegiat olahraga terkenal di Indonesia, seperti dr. Tirta, Jauhari Johan, Emilia Nova, dan Sally Tanudjaja. Mereka adalah contoh nyata dari individu yang memanfaatkan fitur dan teknologi yang dimiliki oleh Garmin untuk mengikuti lomba lari Garmin Run Asia Series 2023 ini. Mereka menggunakan perangkat Garmin untuk merencanakan latihan, memantau kemajuan latihan mereka, serta menyesuaikan tubuh mereka terhadap rangkaian latihan sebelum lomba. Dengan dedikasi dan bantuan teknologi Garmin, mereka berhasil menyelesaikan nomor 10K dengan waktu yang mengesankan, yaitu 33:45 menit.

Salah satu anggota #TeamGarmin Indonesia yang juga seorang atlet triatlon, Jauhari Johan, berbagi pengalamannya dengan perangkat Garmin. Ia mengatakan, “Menggunakan Garmin Forerunner 965 sangat membantu bukan hanya untuk lomba lari, namun juga untuk memantau kebugaran. Saya sangat terbantu dengan latihan berbasis ilmiah untuk pelari sehingga ketika saya berlatih di GRC (Garmin Run Club), saya dapat memecahkan rekor terbaik dan terhindar dari cedera. Di latihan berbasis ilmiah Garmin, saya memanfaatkan fitur Running Science seperti HRV dan Running Power untuk memantau kemajuan lari saya sebelum lomba hari ini.”

Sebagai bagian dari persiapan untuk Garmin Run Asia Series 2023, Garmin telah mengadakan serangkaian acara Road to Garmin Run 2023, baik secara online maupun offline, di beberapa kota seperti Jakarta, Tangerang, dan Bandung. Acara Easy Run, yang mengundang pecinta lari di Indonesia untuk berlari bersama sebagai pemanasan untuk Garmin Run 2023, sangat mendapat sambutan hangat dari peserta di berbagai kota. Antusiasme ini tercermin dari kerumunan peserta yang meramaikan acara Car Free Day di Jakarta.

Garmin Run Asia Series 2023
Garmin Run Asia Series 2023

Garmin Asia Virtual Run 2023

Selain itu, Garmin juga mengadakan Garmin Asia Virtual Run 2023 yang diikuti oleh pengguna Garmin di seluruh Asia. Acara lari online ini menawarkan total hadiah senilai $85.000 dan kesempatan untuk memenangkan perjalanan ke Taiwan. Selama persiapan, Garmin juga menyelenggarakan rangkaian seminar yang membantu peserta memahami lebih dalam tentang performa olahraga mereka melalui data ilmiah, termasuk topik seperti manfaat fitur HRV untuk pelari, kebutuhan nutrisi untuk pelari, dan tips untuk mempersiapkan diri sebelum lomba.

Pada hari lomba, para peserta menunjukkan semangat kompetitif mereka, dan hasilnya tidak mengecewakan. Pemenang dalam nomor 21K adalah Westi Indah dan Nurshodiq dengan waktu finish masing-masing 1:33:50 menit dan 1:11:34. Di nomor 10K, Novia Nur Nirwani menjadi juara wanita dengan waktu finish 38:08 menit, sementara Rahmad Setiabudi menjadi juara pria dengan waktu finish 33:38 menit. Sedangkan dalam nomor 5K, Yvonne Beti dan Elisar Gamashi berhasil keluar sebagai juara dengan catatan waktu finish 21:29 menit dan 16:17 menit.

Garmin Run Asia Series 2023
Diikuti lebih dari 5.000 peserta

Garmin bukan hanya sekadar penyelenggara lomba lari, tetapi mereka juga aktif memberikan informasi, tips, dan rangkaian acara sebelum perhelatan besar ini melalui akun resmi @garminid dan @garmingrc.id. Mereka memberikan panduan tentang fitur “Race Predictor” yang memberikan prediksi target waktu untuk lomba lari 5K, 10K, dan 21K. Selain itu, Garmin juga menyediakan Training Plan yang membantu pelari berlatih setiap hari dengan beragam jenis latihan seperti interval run, long run, dan sprint, yang disesuaikan dengan data kesehatan pengguna. Semua pelatihan ilmiah ini bertujuan agar pelari dapat menyelesaikan lomba dengan baik dan mengurangi risiko cedera.

Scoppen menambahkan, “Sebagai penggagas Garmin Run, kami berkomitmen untuk menyediakan smartwatch dengan fitur dan metrik pelatihan yang berwawasan serta umpan balik langsung, sehingga pelari dapat mendorong batasan mereka dan mencapai kemampuan terbaik mereka. Bersama-sama, kami merayakan semangat tak tergoyahkan para pelari dan menginspirasi mereka untuk menaklukkan cakrawala baru, langkah demi langkah.”

Didukung Banyak Pihak

Kesuksesan Garmin Run Asia Series 2023 di Indonesia tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk Jenius dari Bank BTPN. Jenius memahami bahwa baik berlari maupun mengelola keuangan memerlukan dedikasi, kesabaran, dan komitmen untuk mencapai tujuan.

Anita Ekasari, Digital Banking Acquisition, Service, and Marketing Head Bank BTPN, menyatakan, “Jenius mendukung Garmin Run Asia Series 2023 di Indonesia untuk mengajak lebih banyak masyarakat digital savvy di tanah air mewujudkan hidup yang lebih sehat, baik secara fisik maupun finansial. Fitur-fitur revolusioner pada aplikasi Jenius dapat membantu para pelari dalam mengelola keuangan mulai dari persiapan mengikuti race hingga race day.”

Untuk mendukung acara Garmin Run Indonesia 2023, Jenius menghadirkan program #laribarengjenius yang mencakup fun run, workshop, dan talk show tentang persiapan mengikuti lomba lari. Jenius juga menawarkan penawaran khusus untuk pengguna Jenius, termasuk pembelian tiket Garmin Run Indonesia 2023 dengan diskon khusus dan penawaran istimewa untuk pembelian produk Garmin menggunakan Jenius sebagai metode pembayaran.

Selama dua hari pengambilan race pack pada 22-23 September 2023, dan pada hari perlombaan Garmin Run 2023 Indonesia, 24 September 2023, Jenius menyelenggarakan berbagai aktivitas, termasuk Jenius Auction, Jenius Cheering Zone, Jenius Running Experience Booth, dan banyak lagi, untuk menambah keseruan acara.

Kolaborasi dengan Allianz

Garmin Run Asia Series 2023 Indonesia juga bangga mengumumkan kolaborasi eksklusif dengan Allianz Indonesia. Allianz memberikan perlindungan berupa santunan meninggal dunia hingga Rp 50.000.000, santunan rawat inap hingga Rp 10.000.000, dan santunan rawat jalan hingga Rp 1.000.000 bagi peserta yang mengikuti lomba ini.

Garmin terus menjadi pemimpin dalam menyediakan produk yang mengubah cara para petualang, atlet, dan penggemar alam luar menjalani kehidupan mereka. Dengan komitmen untuk terus mengembangkan produk yang meningkatkan pengalaman dan memperkaya kehidupan, Garmin telah membantu banyak orang menggapai potensi terbaik mereka. Acara lari Garmin Run Asia Series 2023 Indonesia adalah bukti nyata dari semangat tak tergoyahkan para pelari dan komitmen Garmin untuk terus menginspirasi mereka untuk menaklukkan tantangan, langkah demi langkah.

Tags: , , ,


COMMENTS