October 21, 2023

Agate International Ungkap Manfaat Gamifikasi untuk Tingkatkan Performa Bisnis

Penulis: Rizki R
Agate International Ungkap Manfaat Gamifikasi untuk Tingkatkan Performa Bisnis  

Mobitekno – Agate International, melalui sub-brand-nya, Level Up powered by Agate, belum lama ini mengumumkan tren gamifikasi yang akan membawa dampak positif dalam berbagai industri, seperti pendidikan, kesehatan, layanan keuangan, eCommerce, otomotif, dan telekomunikasi. Dijelaskan, pasar gamifikasi sendiri diperkirakan akan tumbuh pesat, dari USD 9,1 miliar pada tahun 2020 menjadi USD 30,7 miliar pada tahun 2025, dengan Tingkat Pertumbuhan Majemuk Tahunan sebesar 27,4%.

Keputusan perusahaan untuk memanfaatkan gamifikasi bukan lagi sebuah pilihan, melainkan menjadi kebutuhan. Gamifikasi telah menjadi kunci dalam memaksimalkan interaksi pasar, memperkuat merek, dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Agate International mendorong pemimpin bisnis untuk mempertimbangkan ulang strategi mereka dengan memadukan tren gamifikasi yang terus berkembang.

Head of Level Up powered by Agate Junialdi Dwijaputra menjelaskan bahwa Level Up powered by Agate telah mengembangkan solusi lengkap dimulai dari ‘turn-key’ dan custom-gamification’ untuk membantu bisnis mengadopsi gamifikasi dengan mudah.

“Dengan pengalaman kami berkolaborasi dengan ¬†perusahaan di berbagai macam sektor industri, kami membuat pendekatan dan framework sehingga gamifikasi yang akan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan bisnis,” papar Junialdi.

Agate International Ungkap Tren Gamifikasi di Tahun 2024

 

IMG 20231019 151631 1

1. Pertumbuhan In-App Gamification: Integrasi elemen permainan dalam aplikasi non-game memotivasi pengguna untuk berinteraksi lebih lama dengan aplikasi tersebut, merangsang pelepasan dopamin, dan menciptakan perasaan pencapaian.

2. Penggunaan AI untuk Personalisasi Pengalaman Gamifikasi: Kecerdasan Buatan (AI) digunakan dalam gamifikasi untuk menganalisis data pengguna, menyesuaikan gameplay secara real-time, memberikan umpan balik cerdas, dan menghasilkan konten yang disesuaikan. Ini meningkatkan keterlibatan pengguna dan hasil pembelajaran.

3. Virtual Events: Gamifikasi dalam acara perusahaan yang menggabungkan musik live dengan permainan interaktif real-time, memberikan pengalaman yang unik dan menarik bagi peserta.

IMG 20231019 151729 1 scaled

4. Gamifikasi dalam Pertumbuhan Karyawan: Gamifikasi dalam sistem manajemen pembelajaran membantu meningkatkan kinerja siswa dan keterlibatan, bahkan dalam pendidikan online. Permainan digital juga terbukti dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan kontrol impuls.

IMG 20231019 151747 1 scaled

Agate International mengungkap rata-rata engagement perusahaan yang mengimplementasi gamifikasi meningkat hingga 30%

Level Up powered by Agate memiliki solusi lengkap yang dapat membantu bisnis dalam mengadopsi gamifikasi dengan mudah. Dengan pengalaman yang luas dalam berbagai sektor industri, mereka telah mengembangkan pendekatan dan framework yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Level Up Gamification Framework adalah sebuah model inovatif, mengintegrasikan teori akademis dan implementasi praktis. Framework ini dirancang untuk membantu perusahaan memanfaatkan potensi gamifikasi dalam pengembangan merek dan strategi sumber daya manusia.

Kerangka kerja ini telah diisi dengan technical requirements yang dibutuhkan untuk mendukung kebutuhan bisnis. Ini memberikan solusi komprehensif yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan bisnis.

Gregory Kurnia, Chief Executive Officer DEUS, yang telah mengadopsi gamifikasi untuk bisnisnya, menyatakan bahwa dampaknya positif, meningkatkan keterlibatan pelanggan, produktivitas karyawan, dan hasil bisnis secara keseluruhan.

“Dengan kata lain, gamifikasi bukan hanya sekadar tren, tetapi solusi yang memberikan dampak nyata yang signifikan,” ujarnya.

Agate International

Dalam dunia yang semakin terhubung dan kompetitif, memanfaatkan gamifikasi mungkin adalah langkah pintar yang akan membantu perusahaan mempertahankan dan meningkatkan posisinya di pasar. Agate International dan Level Up powered by Agate siap mendukung perusahaan dalam mengadopsi gamifikasi dengan cara yang tepat, efisien, dan efektif.

Tags: , , , ,


COMMENTS