August 17, 2023

Kerja sama Mazda dengan Jeffry Tan Ciptakan Busana yang Gabungkan Seni dan Keindahan”

Penulis: Desmal Andi
Kerja sama Mazda dengan Jeffry Tan Ciptakan Busana yang Gabungkan Seni dan Keindahan”  

Mobitekno – Mempunyai pandangan yang sejalan dalam mengejar seni, keindahan, dan kesempurnaan melalui karya-karya yang mengesankan, PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia, bersama dengan Jeffry Tan, seorang perancang busana ternama Indonesia, telah menciptakan serangkaian busana elegan dalam nuansa monokromatik yang khusus dirancang untuk menjadi kostum usher Mazda Indonesia.

Dalam sebuah kesempatan di sesi Meet The Takumi Talkshow yang diselenggarakan oleh Mazda Indonesia dengan tema “Create Without Boundaries” di acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada hari Minggu, 13 Agustus 2023, Pramita Sari, General Manager Pemasaran & Komunikasi PT EMI, menjelaskan, “Mazda Indonesia mengapresiasi keindahan dan kesempurnaan dalam setiap detil, sebuah nilai yang juga tercermin dalam karya-karya desainer terkenal seperti Jeffry Tan. Seperti desain Mazda yang cermat dan mampu menghadirkan harmoni, Jeffry Tan juga merefleksikan keindahan dan pesan mendalam melalui busana karyanya, terutama untuk usher Mazda di ajang GIIAS 2023 ini. Melalui sinergi kreativitas, kami menyajikan mobil Mazda sebagai lebih dari sekadar kendaraan, melainkan karya seni bergerak yang menggabungkan filosofi dan keindahan.”

Jeffry Tan Padukan Seni Monokromatik dengan Keindahan Desain Mazda 

Dalam rancangannya yang menggunakan teknik pemotongan drapery pada bagian bawah depan, Jeffry menjelaskan bahwa tujuan dari karya ini adalah untuk menunjukkan kesan premium dan sederhana secara bersamaan. Gaya yang ditampilkan oleh model busana usher ini tampak sangat sederhana dan tenang pada pandangan pertama, namun ketika busana tersebut bergerak, efek-efek yang disengaja akan muncul.

Ditambah lagi dengan blazer yang memiliki tampilan seperti jubah, serta pilihan warna monokromatik dengan dominasi hitam dan sentuhan pipa emas yang halus, semakin menambahkan nuansa premium dari desain ini. Keseluruhan perpaduan ini selaras dengan apa yang ingin diwakili oleh Mazda, yaitu kemewahan dan kesempurnaan. “Setelah berdiskusi dengan tim Mazda, kami ingin menyampaikan sesuatu yang premium dan bersahaja pada saat yang bersamaan. Terlihat tenang, namun semua efek akan terlihat saat busananya bergerak,” jelas Jeffry saat sesi talk show di booth Mazda, Hall 7B GIIAS 2023, ICE BSD, Tangerang Selatan.

Jeffry menegaskan bahwa desain busana yang dibuatnya sepenuhnya mencerminkan konsep Kodo dari Mazda, yang merujuk pada prinsip desain yang mengedepankan gerakan dan aliran. Ini terlihat jelas dalam rancangannya yang menampilkan siluet yang anggun dan mengalir, mencerminkan konsep Kodo yang mengutamakan keindahan dan keluwesan.

Dalam rancangannya, terdapat berbagai tekstur yang ditonjolkan, termasuk aksen platinum white yang menjadi tanda tangan khas. Aksen platinum white ini memberikan kesan kilau pada busana saat dilihat dari sudut yang berbeda. Ini sesuai dengan fokus Mazda terhadap eksplorasi cahaya. “Platinum white, ketika bergerak, terlihat berkilau, tergantung sudut pandang yang berbeda,” ungkap Jeffry Tan.

Takumi Jacket

Proses penciptaan busana flowy yang elegan ini hanya memakan waktu dua bulan. Sebagai seorang desainer yang terkenal dengan koleksi busana wanitanya, Jeffry Tan merasa sangat berharga untuk memiliki kesempatan merancang busana khusus untuk Mazda Indonesia. Salah satu pengalaman paling berkesan baginya adalah saat ia merancang jaket artisan yang dikenal sebagai Takumi Jacket untuk dipamerkan dalam Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Jaket ini didesain khusus untuk para pengguna Mazda dan sepenuhnya mengikuti Konsep Kodo.

Jeffry Tan
Booth mazda di GIIAS 2023

“Sebelum GIIAS ini, pada GJAW 2023, kami merancang Takumi jacket, yakni jaket artisan. Mazda ingin memiliki produk merchandise yang merefleksikan filosofi Kodo. Ada Takumi Artisan Jacket yang bisa dikenakan oleh pria dan wanita,” jelas Jeffry.

Menurutnya, desain dan potongan jaket buatannya tidak hanya cocok untuk digunakan oleh pria, tetapi juga cocok untuk wanita dengan berbagai ukuran tubuh. “Itu sangat menarik. Fleksibel juga, bisa digunakan dalam suasana santai atau bahkan saat ingin tampil lebih formal,” tambahnya.

Saat melihat koleksi mobil Mazda yang dipamerkan dalam GIIAS 2023, Jeffry Tan mengaku terkesima oleh All-New Mazda CX-60 Deep Crystal Blue (Edisi Kuro). Warna biru pada model ini sangat sesuai dengan preferensi Jeffry yang menyukai nuansa warna biru tua. “Saya suka dengan All-New Mazda CX-60 warna biru (Edisi Kuro), warna biru gelap seperti ini merupakan favorit saya,” ungkapnya.

Jeffry Tan
Mazda CX-60

Jeffry Tan juga memberikan pujian pada interior dari All-New Mazda CX-60, yang menggunakan kulit nappa pada bagian interior kursi dan jahitan Kakenui. Ia menilai interior mobil ini unik dan dikerjakan dengan perhatian penuh. “Interior mobil ini menarik, saya mendengar bahwa mereka menggunakan kulit nappa, serta memiliki tekstur dari suede, dan secara khususnya terbuat dengan sangat teliti,” kata Jeffry.

Selanjutnya, Jeffry Tan menjelaskan bahwa ketertarikannya pada All-New Mazda CX-60 Deep Crystal Blue (Edisi Kuro) sama seperti ketika ia mulai tertarik pada desain interior, grafis, dan desain busana, terutama dalam menggambar sketsa rancangan busana. Setiap uniknya merupakan suatu bentuk kreativitas yang menarik perhatiannya, terutama bagi seseorang yang telah gemar berexplorasi sejak usia muda.

Dalam konteks keindahan filosofi Jinba-Ittai dan pembahasan seni, keindahan, dan kesempurnaan melalui karya-karya yang menakjubkan bersama para Takumi, sesi talkshow Mazda Indonesia di GIIAS 2023 akan terus berlanjut pada tanggal 17, 19, dan 20 Agustus 2023 mendatang. Dalam upaya untuk terus mengekspresikan nilai-nilai inti Mazda dan menjelajahi ruang kreatif tanpa batas, Mazda Indonesia memberikan wadah untuk dialog yang menginspirasi dan menggugah imajinasi.

Tags: , ,


COMMENTS