February 11, 2022

Ajukan Merek Dagang, Restoran Siap Saji McDonald’s Bakal Buka Cabang di Metaverse

Penulis: Iwan RS
Ajukan Merek Dagang, Restoran Siap Saji McDonald’s Bakal Buka Cabang di Metaverse  

Mobitekno – Beberapa merek dagang (brand), seperti Adidas, Nike, Walmart, dan Disney sudah mengantsipasi perkembangan teknologi metaverse di masa mendatang. McDonald’s diketahui menambah daftar brand yang berniat masuk ke dunia metaverse berdasarkan dokumen yang mengungkapkan pengajuan beberapa merek dagang untuk sebuah restoran yang mengirimkan makanan secara langsung dan virtual.

Melalui akun Twitter-nya, Josh Gerben (@JoshGerben), pengacara yang kerap terlibat urusan merek dagang menyatakan bahwa raksasa restoran cepat saji ini telah mengajukan aplikasi dagang untuk “McDonald’s”, “McCafe” dan simbol lengkungan berwarna kuningnya.

Salah satu merek dagangnya dipruntukkan untuk file multimedia yang dapat diunduh, seperti karya seni, teks, file audio dan video, serta token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT). Pengajuan lainnya bertujuan unutk melakukan pengoperasian restoran virtual yang menampilkan barang-barang aktual dan virtual dan mengoperasikan restoran virtual online yang menampilkan pengirimannya ke rumah.

McDonald’s bukan satu-satunya jaringan restoran yang memanfaatkan eforia . Pada tanggal 3 Februari, Panera Bread, jaringan cafe bakery di AS, telah mengajukan aplikasi merek dagang untuk “Paneraverse”. Merek dagang tersebut mencantumkan penggunaan yang sejenis untuk makanan dan minuman yang digunakan di dunia maya dan NFT untuk memfasilitasi transaksi komersial.

Keterlibatan McDonald’s dengan metaverse dan semua yang terkait blockchain sebenarnya mulai terlihat ketika Elon Musk mendorongnya menerima cryptocurrency Dogecoin. Namun McDonald’s balik ‘mengejek’ ajakan tersebut dan meminta Tesla untuk mendukung cryptocurrency ‘abal-abal’ Grimacecoin.

Banyak pihak meyakini masa depan Internet akan mengarah ke ‘dunia nyata alternatif’ Metaverse. Metaverse dianggap dapat membuka berbagai inovasi dan pengalaman baru yang sejauh ini hanya sebatas tampilan di layar komputer. Metaverse bisa menjadi tempat di mana Anda dapat bertemu dengan siapa saja yang secara fisik berjauhan bahkan di ujung dunia untuk berinteraksi dengan cara yang lebih alami. Daripada hanya sekadar melihat wajah dan mendengar suara.

Tags: , , , ,


COMMENTS