February 13, 2022

Ini Cara YouTube Menyikapi Teknologi Metaverse, NFT, dan Web 3.0

Penulis: Iwan RS
Ini Cara YouTube Menyikapi Teknologi Metaverse, NFT, dan Web 3.0  

Mobitekno – YouTube, layanan streaming video paling banyak ditonton saat ini mengumumkan rencananya mengimplementasi NFT dan metaverse untuk bersiap menyambut tren Internet masa depan, Web 3.0.

Dalam blog resminya, Neil Mohan selaku Chief Product Officer YouTube mengatakan keinginan mereka untuk menghubungkan artis dengan audiens ke level yang lebih dalam dan menggali potensi teknologi terbaru saat ini, seperti Web3 dan elemen-elemennya.

Mohan mengatakan bahwa YouTube ingin menyediakan cara baru yang diangap ideal dalam proses verifikasi bagi penggemar untuk memiliki video, foto, seni, dan pengalaman unik dari kreator favorit mereka sebagai NFT.

Terkait metaverse, Mohan mengatakan bahwa YouTube bisa dikembangkan ke depan agar penggunanya dapat menonton video bersama-sama di dunia metaverse. Sejauh ini metaverse di YouTube masih difokuskan pada video yang berhubungan dengan gaming dan bagaimanan membuatnya lebih realistis/nyata.

Meski demikian, YouTube memilih melakukan pendekatan yang lebih bertanggung jawab dalam menerapkan teknologi Web3 mengingat dampaknya yang disruptif dan fundamental.

Menurut Mohan, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar pendekatan terhadap teknologi ini lebih bertanggung jawab. Namun, kami tetap menganggapnya memilki potensi yang luar biasa.

Mohan juga berbicara tentang beberapa fitur lain yang akan hadir di YouTube, seperti Channel Guidelines, Sorted Comments for Livestreams, dan Super Chats untuk YouTube Shorts.

YouTube menambah daftar layanan besar di dunia maya yang mulai mengintegrasikan NFT. Sebelumnya, Twitter telah berksperimen mengintegrasikan dengan NFT ke platformnya. Pengguna Twitter tertentu kini dapat menggunakan NFT mereka sebagai gambar profil.

Sebelumnya, CEO YouTube, Susan Wojcicki juga mengungkapkan rencana mereka untuk melihat lebih jauh potensi NFT. Dikutip dari Bloomberg, Susan mengatakan melalui email kepada pembuat konten bahwa YouTube akan mencoba memperluas ekosistemnya agar dapat membantu pembuat konten memanfaatkan teknologi terbaru, termasuk NFT, agar pengalaman para kreator dan para penonton (fans) di YouTube semakin meningkat ke depan.

Tags: , , , ,


COMMENTS