February 9, 2022

Didukung WIR Group, Layanan Perbankan BRI akan Hadir di Metaverse

Penulis: Iwan RS
Didukung WIR Group, Layanan Perbankan BRI akan Hadir di Metaverse  

Mobitekno – Setelah sempat disinggung Presiden Jokowi saat membukan Muktamar NU belum lama ini, teknologi metaversi mulai diangkat oleh berbagai kalangan di tanah air, termasuk di industri perbankan.

Bank BRI (PT Bank Rakyat Indonesia Tbk) berencana akan mengimplementasikan teknologiu metaverse dalam menyediakan layanan perbankan di Indonesia. Ini berarti, BRI akan membuka cabang di metaverse yang dapat diakses oleh masyarakat dari mana saja.

Metaverse untuk industri perbankan ini akan dikembangkan BRI dengan dukungan startup WIR Group yang selama ini aktif mengembangkan teknologi AR (augmented reality) dan VR (virtual reality) untuk kawasan Asia Tenggara.

Startup asal Indonesia yang berdiri tahun 2009 ini bahkan masuk dalam daftar “Metaverse Tech Companies to Watch in 2022” oleh media Forbes Georgia bersama perusahaan teknologi global lainnya, seperti Facebook/Meta, Microsoft, Magic Leap, dan Niantic.

Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto, menyatakan bahwa awalnya, BRI akan memanfaatkan teknologi ‘alternate reality’ tersebut untuk menghadirkan kantor cabang virutal atau virtual branch.

Penandatanganan MoU kerjasama keduanya dihadiri oleh Group CEO & Co-Founder WIR Group Michael Budi, Executive Chairman & Co-Founder WIR Group Daniel Surya, dan Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani, dilakukan di BRILian Center, Kantor Pusat BRI, Jakarta.

BRI yang portofolio bisnisnya banyak melibatkan pelaku usaha skala UMKM ini berharap hadirnya layanan perbankan di dunia metaverse akan menambah pilihan akses bagi nasabah mereka ke depan.
Kerjasama ini telah menunjukkan bahwa BRI telah menjadi bank pelopor di tanah air yang masuk dalam dunia Metaverse. Langkah BRI juga diprediksi akan memicu pelaku perbankan lain yang sedang giat membangun bank digital untuk mengadopsi teknologi metaverse.

BRI juga akan mengambil bagian dalam pengembangan metaverse di Indonesia dengan bergabung ke dalam program “Metaverse Indonesia” yang akan diperkenlakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada gelaran forum kerja sama multilateral G20 pada Oktober mendatang.

Tags: , , , ,


COMMENTS