July 21, 2022

WIR Group Gandeng Lentera Nusantara, 101 Makhluk Fantasi Nusantara Siap Hadir di Dunia Metaverse

Penulis: Iwan RS
WIR Group Gandeng Lentera Nusantara, 101 Makhluk Fantasi Nusantara Siap Hadir di Dunia Metaverse  

Mobitekno – PT WIR Asia Tbk (WIR Group) kembali melakukan kolaborasi untuk memperluas implentasi teknologi metaverse-nya di tanha air. Kali ini WIR Group mengajak Lentera Nusantara Studio untuk menghadirkan makhluk fantasi asli Nusantara di platform Metaverse. Nota kesepahaman keduanya ditandatangani oleh Azizah Assattari, CEO Lentera Nusantara dan Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group belum lama ini (20/7/2022).

Lentera Nusantara Studio bergerak dalam pemanfaatan transformasi teknologi dalam mengungkap warisan budaya nusantara menjadi high-level Intelectual Property melalui game Ghost Parade di platform Metaverse dan produk Augmented Reality (AR).

Dengan kerjasama ini, 101 makhluk fantasi asli Nusantara karya Studio Lentera yang sudah go internasional siap hadir di platform Metaverse Indonesia yang dibangun oleh WIR Group.

Azizah melihat adanya kesamaan visi dan misi keduanya dan komitmen besar dari WIR Group dalam mengembangkan teknologi dengan high-level IP (Intellectual Property) atau kekayaan intelektual di Indonesia dan global. Menurutnya, Lentera Nusantara turut bangga melihat karakter Suri dan para lelembut Nusantara semakin banyak dikenal baik di dalam maupun luar negeri.

WIR Group Lentera Nusantara Studio 3

Di tengah berkembangnya ekonomi digital di Indonesia, peluang dalam melakukan komersialiasi IP secara bersamaan cukup besar baik di dunia digital maupun konvensional atau fisik. Seperti diketahui, Lentera Nusantara mengembangkan produk-produk digital dari Ghost Parade berupa konten animasi pendek untuk platform Youtube dan juga membuat game-game mini berbasis website dan paralel.

“Dengan itu kami juga memproduksi cinderamata maupun buku komik fisik yang semuanya terserap oleh pasar dengan baik. Ghost Parade Game sebagai ambassador IP Indonesia yang membawa 101 makhluk fantasi nusantara ini pun telah diterbitkan di level global oleh publisher terbaik nomor 7 di dunia yakni Aksys Games,” ujar Azizah.

WIR Group melalui Gupta Sitorus juga menjelaskan teknologi Augmented Reality (AR) yang dikembangkan WIR Group dapat mendukung Lentera Nusantara menghadirkan pengalaman yang menarik dan tak terlupakan bagi penggunanya serta menghadirkan berbagai macam karakter dalam Ghost Parade yang lebih nyata.

WIR Group Lentera Nusantara Studio 1

“Pengalaman kami dalam menyelesaikan berbagai proyek di bidang edukasi, penerbitan, dan game di berbagai proyek di 20 negara merupakan bukti kehandalan kami dalam mengembangkan teknologi berbasis AR dan bersama Lentera Nusantara kami yakin mampu memberikan suatu karya yang menjadi kebanggaan bagi Indonesia dikancah dunia,” tambah
Gupta.

Ghost Parade merupakan game yang dikembangkan oleh Lentera Nusantara Studio di Bandung. Game ini tersedia dalam berbagai platform perangkat, seperti game console PlayStation 4/5, Nintendo Switch, dan PC (melalui layanan Steam).

Game petualangan Ghost Parade memiliki gameplay yang unik dan mengusung tema cerita dengan sentuhan budaya nusantara yang dikemas secara modern dan universal. Ghost Parade yang memilki Intellectual Property (IP) ini mulai menarik perhatian khalayak ketika mereka membuka “portal gaibnya” di tahun 2019 dan menghadirkan cerita fantasi berlatar belakang folklore dan hantu nusantara ke seluruh dunia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS