June 9, 2022

Jajaran Smart TV 2022 dari Samsung Siap Berikan Pengalaman Hiburan yang Lebih Kaya

Penulis: Desmal Andi
Jajaran Smart TV 2022 dari Samsung Siap Berikan Pengalaman Hiburan yang Lebih Kaya  

Mobitekno – Setelah diperkenalkans ecara global beberapa waktu lalu, akhirnya, Samsung Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan produk-produk smart TV terbaru mereka, versi 2022, ke Indonesia. Dalam peluncuran yang dilakukan secara online pada 9 Juni 2022, Samsung Neo QLED, The Frame, The Freestyle, dan Smart TV+ siap ramaikan dunia entertainment di Indonesia, sekaligus mendukung gaya hidup modern penggunanya.

“Screen Everywhere, Screen for All, itulah perspektif yang diambil Samsung untuk menambah pengalaman menonton, dan menambah kualitas hidup penggunanya. Bahkan Super Smart TV+ yang merupakan salah satu dari jajaran smart TV yang diperkenalkan Samsung ini, bisa mendukung peralihan platform analog ke Digital untuk banyak masyarakat Indonesia,” ujar Simon Lee, President Samsung Electronics Indonesia, 9/6/2022.

“Rangkaian Samsung Smart TV 2022 juga menawarkan pengalaman yang makin personal untuk menikmati serial dan film favorit, gaming, tutorial olahraga, video call, bahkan untuk mengelola smart device lain di rumah,” lanjut Simon Lee

Simon Lee juga menambahkan bahwa kehadiran Samsung Smart TV 2022 ini dengan inovasi di dalamnya bisa membuat masyarakat Indonesia menikmati kualitas gambar yang tinggi, audio yang spektakuler, dan desain inovatif yang menambah kenyamanan menonton.

Samsung Neo QLED 8K

Ini adalah salah satu produk dalam jajaran smart TV 2022 dari Samsung yang diperkenalkan hari ini. Produk ini mampu menghadirkan gambar dengan resolusi yang tinggi. Apalagi Neo QLED 8K ini menggunakan Neural Quantum processor 8K yang diperkuat dengan 20 Neural network serta AI, membuat produk ini mampu menganalisis sumber konten, sehingga konten bisa di upscalling dengan lebih cerdas, presisi, dan cepat. Jadi, video lama pun bisa ditayangkan dengan resolusi tinggi.

Teknologi Quantum Matrix Technology Pro pada Neo QLED 8K pun meningkatkan level kontras gambar, sehingga visual yang ditayangkan lebih mendetail pada adegan gelap maupun terang. Teknologi ini didukung Shape Adaptive Light Control yang mengontrol kecerahan area gambar dengan presisi tanpa menyebabkan blooming.

“Banyak adegan dalam karya saya di-shoot dalam suasana yang gelap atau low light. Dengan Neo QLED 8K terbaru, semua detail di area paling gelap sekalipun tetap bisa dibedakan dan dilihat mata penonton. Begitu juga audionya, dengan bantuan fitur Object Tracking Sound Pro dan True Dolby Atmos, mampu menghadirkan audio tiga dimensi yang lebih realistis, hidup, dan sinematik dalam menikmati film. Neo QLED 8K TV bisa menjawab semua kebutuhan saya dan tentunya para pecinta film lainnya dalam menikmati karya dengan tampilan visual terjernih dan audio yang maksimal,” ujar Timo Tjahjanto, sutradara Indonesia yang sudah merasakan terlebih dahulu kemampuan Samsung Neo QLED 8K ini.

Simon Lee with Samsung Neo QLED 8K 1
Simon Lee dengan Samsung Neo QLED 8K

Fitur menarik lainnya adalah Multiview yang bisa menampilkan empat gambar sekaligus. Dipadukan dengan ekosistem Samsung, Neo QLED 8K ini juga bisa bekerja dengan PC, Samsung DeX, dan aplikasi Microsoft 365. Dengan begitu, selain mendukung hiburan, bisa juga menambah kreativitas penggunanya.

“Fitur MultiView ini bantu aku multitasking, saat aku olahraga, terus ada telepon dari team minta cek kerjaan yang urgent, Semua kerjaan selesai lebih cepat dan aku bisa achieve more with this NEO QLED 8K!” kata Titi Kamal, aktris Indonesia.

Samsung The Frame

Produk ini tetap hadir dengan desain eksotis, penuh dengan nuansa art, dan bisa menjadi menaikkan level desain ruangan. Kali ini The frame memperbarui panel layarnya dengan penggunaan matte display. Denga panel ini The Frame memiliki anti pantulan cahaya, anti noda, dan anti sidik jari. Orang di sekitar pun bisa semakin nyaman menikmai karya seni yang ditampilkan dalam The Frame.

The Frame edisi 2022 juga hadir dengan pembaruan pada fitur Art Mode, di mana fitur ini dilengkapi dengan aplikasi browser baru yang mengintegrasikan Ambient Mode, Art Mode, dan My Photo Mode ke dalam satu pengalaman yang seamless.

Samsung juga merancang The Frame terbaru untuk kompatibel dengan aksesori Auto-Rotation. Aksesori ini akan memutar The Frame dari horizontal ke vertikal (mode portrait) atau sebaliknya, tergantung konten yang hendak ditampilkan. Terdapat dua pilihan untuk memanfaatkan Auto Rotation, yaitu ketika The Frame diletakkan pada stand (Rotating Stand), maupun ketika dipasang di dinding hunian (Rotating Wall Mount).

Simon Lee with Samsung The Frame
Samsung The Frame 2022

“The Frame ini benar-benar TV when it’s on, Art when it’s off. Di mana pun kita meletakkannya, karya seni favoritku di The Frame looks like a real painting. Dan dengan bezel yang elegan dan customizable, The Frame selalu bisa blended dengan seisi ruangan walaupun saat kita mengganti gaya interior ruangan,” jelas Maria Rahajeng, digital creator.

The Freestyle

Proyektor dari Samsung ini ternyata mampu menarik banyak orang dengan desain kekiniannya serta fitur inovatif yang ada di dalamnya. Salah satu fitur yang menarik dalam The Freestyle 2022 ini adalah mampu ditempatkan seperti bola lampu, sehingga proyeksi bisa diarahkan ke atas permukaan meja atau lantai.

Selain itu, ada juga fitur auto leveling akan memastikan gambar tetap dalam posisi mendatar walaupun diproyeksikan dari permukaan yang miring ataupun tidak rata. Fitur auto focus akan memastikan gambar akan tetap tajam dan jernih disaksikan dari berbagai sudut.

The Rahajeng Sisters with Samsung The Freestyle 2
The Freestyle yang semakin fleksibel

“Saya suka The Freestyle yang memudahkan nonton di mana saja dan kapan saja. The Freestyle bisa tetap digunakan hanya dengan menggunakan power bank, jadi mudah dibawa ke mana-mana termasuk ke luar ruangan – tinggal nyalakan, taruh, dan proyeksikan konten. The Freestyle juga sudah dilengkapi premium 360 Sound technology dengan bass kuat, bikin pengalaman nonton jadi lebih seru. Portable yet powerful!” kata digital creator Agnes Rahajeng.

Super Smart TV
Super Smart TV+

Seperti yang dikatakan Simon Lee, produk ini dapat mendukung peralihan platform analog ke digital yang dilakukan pemerintah. Super Smart TV+ ini hadir menawarkan pengalaman menikmati program-program TV digital dalam resolusi terbaiknya, dengan gambar yang bersih dan suara yang jernih.

 

Samsung Super Smart TV+ memiliki pilihan resolusi layar HD, Full HD, hingga Ultra HD (4K). Pengguna juga dapat terhubung ke Internet dengan Built-in Wi-Fi dan bisa mengontrol TV dengan bantuan asisten suara Bixby.  Super Smart TV+ memiliki kualitas audio yang akan menghadirkan pengalaman menonton yang imersif. Pada tipe 4K (BU8000), TV ini pun dilengkapi fitur Object Tracking Sound Lite (OTS Lite) yang akan menghadirkan 3D surround sound dan Adaptive Sound, di mana TV secara pintar akan mengoptimalkan suara berdasarkan tipe konten dan analisis scene secara real-time. Bahkan, dengan fitur PC on TV, pengguna bisa menampilkan konten dari PC di layar TV yang lebih luas untuk kemudahan melakukan pekerjaan dan didukung pula oleh integrasi dengan Office 365 (cloud).

Samsung Neo QLED 8K tersedia dalam 2 tipe di Indonesia: QN900B (85 inci) dan QN700B (55, 65 dan 75 inci). Neo QLED juga tersedia dalam resolusi 4K dengan keunggulan kualitas gambar, audio dan Smart TV khas Samsung melalui Neo Quantum Processor 4K, Quantum Matrix Technology, Object Tracking Sound, Motion Xcelerator Turbo+ dan Smart Hub dalam 2 tipe: QN90B (55, 65, 98 inci) dan QN85B (55 inci).

The Frame tersedia pada 4 pilihan ukuran sesuai kebutuhan hunian yaitu 43, 55, 65, hingga 75 inci. The Freestyle mampu menampilkan konten dari ukuran 32 hingga 100 inci lewat satu perangkat. Adapun Super Smart TV+ hadir dalam 3 tipe: Crystal UHD BU8000 43 dan 50 inci, T4500 32 inci, dan T6500 43 inci.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS