February 8, 2022

Ketua Dewan Pers Ajak Industri Media Proaktif Melihat Potensi Teknologi Metaverse

Penulis: Iwan RS
Ketua Dewan Pers Ajak Industri Media Proaktif Melihat Potensi Teknologi Metaverse  

Mobitekno – Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh, memberi perhatian khusus terhadap perkembangan teknologi terkait ‘alternate reality’ yang disebut Metaverse. Hal tersebut disampaikannya saat membuka acara Konvensi Nasional Media Massa Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara belum lama ini (7/2/2022).

Pada acara yang ditayangkan juag secara virtual ini, M. Nuh mengatakan bahwa insan pers mempunyai peran penting bagi masyarakat agar siap menghadapi berbagai perubahan, termasuk perkembangan teknologi. Media bahkan bisa mesin dalam melakukan perubahan tersebut.

Konvensi Nasional Media Massa HPN 2022 yang mengusung tema “Membangun Kedaulatan Nasional di Tengah Gelombang Digitalisasi Global” ini diikuti juga oleh berbagai media tanah air, seperti KG Media dan IND Times yang juga aktif mengembangkan media online yang pertumbuhan industrinya sangat pesat satu dekade ini.

“Dulu tahun 70-an kita mengenal kata internet sesuatu yang baru, nah mungkin metaverse ini seperti itu nantinya. Setelah teknologi berkembang, mengesplorasi wilayah yang selama ini belum, yaitu wilayah siber, wilayah imajiner,” ujar M. Nuh.

Dia menyarankan agar media massa bisa bermigrasi dari fisik ke online atau bahkan bisa menjadi keduanya. M. Nuh mengumpakan, siapa saja yang tidak mau mengeksplor wilayah cyberspace, dia hanya punya satu sayap maka tidak akan terbang, bahkan bisa ditinggal.

Apabila media telah berimigrasi ke dua ruang ini (cyber-space dan physical-space) maka tidak hanya akan mampu bertahan tapi juga menjadi pemain penting.

“Kami sangat yakin, insan pers bisa menjadi mesin melakukan perubahan tersebut. Sebab bukan hanya yang kuat bertahan atau yang pintar. Tetapi siapa yang mampu melakukan,” jelas M. Nuh.

Setelah Mark Zuckerberg menyatakan visinya ke Metaverse, berbagai pihak langsung memberikan respons, baik pro dan kontra. Metaverse dianggap Zuckerberg dapat menginspirasi munculnya ekonomi baru di berbagai aspek. Baik untuk pembuatan konten seperti industri media hingga pengembang VR. Ini berarti tercipta suatu sumber monetisasi baru yang bisa berkembang ke depan.

Menutup sambutannya, M. Nuh mengingatkan apa yang telah disampaikan Charles Darwin bahwa bukan yang paling kuat dan pintar yang mampu bertahan, tetapi yang mampu melakukan perubahan, termasuk insan pers. Dengan demikian, siapa saja yang mau dan bersungguh-sungguh yang akan menang di masa depan.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS