September 26, 2021

Sirkuit Sochi Antar Lewis Hamilton Raih Kemenangan ke-100 Kalinya

Penulis: Desmal Andi
Sirkuit Sochi Antar Lewis Hamilton Raih Kemenangan ke-100 Kalinya  

Mobitekno – Ajang balap Formula 1 Russia yang digelar di sirkuit Sochi pada Minggu 26 September 2021 berhasilmengantarkan pembalap Mercedes, Lewis Hamilton sebagai pemenangnya. Kemenangan pembalap asal Inggris tersebut disusul Max Verstappen dari Red Bull Racing di podium kedua, dan Carlos Sainz di podium ketiga. Sepanjang balapan, aksi saling susul terlihat sering terjadi. Apalagi menjelang balapan berakhir. Hal ini karena cuaca jelang finish tiba-tiba berubah menjadi hujan.

Lando Norris yang hampir mendominasi di posisi pertama selama balapan, harus puas finish di posisi ketujuh. Keputusan Lando Norris tidak mengganti ban pada saat hujan mulai turun tampaknya membawa kesialan bagi dirinya. Hujan yang semakin deras membuat ban slick yang digunakannya semakin tidak memiliki grip ke aspal. Hal ini membuat mobilnya melintir beberapa kali. Kesempatan ini digunakan pembalap Lewis Hamilton untuk semakin mendekati pembalap McLaren tersebut.

Lando Norris sendiri start dari posisi pertama, disusul oleh Carlos Sainz dari Ferrari di posisi kedua. Sementara start di posisi ketiga adalah George Russell dari William. Lewis Hamilton start di grid ke-4. Usai start Carlos Sainz mampu mengambil alih pimpinan balapan hingga beberapa lap. Namun Lando Norris berhasil menyusulnya dan berhasil memimpin hampir sepanjang balapan.

Pembalap Ferrari Carlos Sainz berhasil menyodokke posisi pertama di tikungan pertama usai start

Prestasi gemilang  juga dicatat Max Verstappen dari Red Bull Racing Honda. Max Verstappen yang start dari grid paling belakang alias 20 karena melakukan pergantian Powertrain, mampu finish di posisi kedua. Strategi Red Bull Honda di awal balapan bahkan mampu membawa Max Verstappen menyusul banyak pembalap, hingga sempat berada di posisi ke-6. Datangnya hujan jelang lap-lap terakhir tampaknya membuat sebagian tim bimbang untuk melakukan pergantian ban kembali. Namun, ternyata keputusan mengganti ban membawa keberuntungan bagi pembalap, walaupun balapan tinggal tersisa beberapa lap saja.

Pemenang GP f1 Russia

Kemenangan Lewis Hamilton di sirkuit Sochi ini juga sekaligusmenorehkan rekor baru bagi dirinya. Lewis berhasil mencatat kemenangan ke-100 bagi dirinya. Kemenangan Lewis ini juga membuat dirinya memuncaki klasemen pembalap kembali dengan poin 246,5. Sementara Max Verstappen ada di urutan kedua dengan poin 244,5.

  1. Berikut hasil balapan GP Russia F1 di sirkuit Sochi:
  2. Lewis Hamilton – MERCEDES
  3. Max Verstappen – RED BULL RACING HONDA
  4. Carlos Sainz – FERRARI
  5. Daniel Ricciardo – MCLAREN MERCEDES
  6. Valtteri Bottas – MERCEDES
  7. Fernando Alonso – ALPINE RENAULT
  8. Lando Norris – MCLAREN MERCEDES
  9. Kimi Räikkönen – ALFA ROMEO RACING FERRARI
  10. Sergio Perez – RED BULL RACING HONDA
  11. George Russell – WILLIAMS MERCEDES
  12. Lance Stroll – ASTON MARTIN MERCEDES
  13. Sebastian Vettel – ASTON MARTIN MERCEDES
  14. Pierre Gasly – ALPHATAURI HONDA
  15. Esteban Ocon – ALPINE RENAULT
  16. Charles Leclerc – FERRARI
  17. Antonio Giovinazzi – ALFA ROMEO RACING FERRARI
  18. Yuki Tsunoda – ALPHATAURI HONDA
  19. Nikita Mazepin – HAAS FERRARI
  20. Nicholas Latifi – WILLIAMS MERCEDES (DNF)
  21. Mick Schumacher – HAAS FERRARI  (DNF)
Tags: , , , , , , ,


COMMENTS