July 29, 2019

Sirkuit Diguyur Hujan, Max Verstappen Menangi Balapan GP F1 Jerman 2019

Penulis: Desmal Andi
Sirkuit Diguyur Hujan, Max Verstappen Menangi Balapan GP F1 Jerman 2019  

Mobitekno –┬áMemulai balapan dari posisi dua dan sempat tertinggal saat balapan dimulai karena proses start yang tidak begitu baik, membuat Max Verstappen terus mengejar para pembalap di depannya. Hasil akhir pun diraih dengan gembira karena Verstappen berhasil menjadi juara di GP Jerman setelah menempuh seluruh lap dengan kondisi cuaca yang tidak menentu.

Balapan yang digelar di sirkuit Hockenheimring pada Minggu 28 Juli 2019 ini juga mengantarkan Sebastian Vettle di posisi kedua dan Daniil Kvyat di posisi ketiga.

Kondisi lintasan yang basah karena diguyur hujan membuat formation lap harus dilakukan beberapa kali yang dibimbing oleh Safety Car. Setelah diyakini kondisi cukup baik untuk balapan, start pun dimulai. Lewis Hamilton yang ada di posisi paling depan memulai start dengan cukup baik dan memimpin balapan hingga beberapa lap. Sementara Max Verstappen memulainya dengan start yang tidak terlalu baik sehingga berhasil disusul Bottas.

Jalannya balapan pun tidak semulus seperti balapan-balapan sebelumnya. Hujan yang beberapa kali turun di tengah balapan membuat semua tim kerepotan menentukan strategi ban. Kondisi ini pun membuat Safety Car sering masuk ke lintasan karena adanya beberapa insiden.

Di tengah balapan, hujan yang membasahi lintasan membuat beberapa pembalap melintir, tidak terkecuali para pembalap di posisi depan. Bahkan, Charles Lecrecs yang memiliki peluang naik ke podium, pada akhirnya harus menyerah karena Ferrari yang dikendarainya melintir dan menabrak pagar pembatas. Tidak lama kemudian, Lewis Hamilton yang memimpin balapan pun mengalami hal serupa, dan memaksanya masuk ke pit kembali untk mengganti bagian depan mobilnya yang rusak. Keadaan ini membuat posisi Lewis Hamilton turun ke posisi lima. Nasib sial pun dialami Hamilton kembali karena mendapat hukuman penalty lima detik akibat kesalahannya saat Safety Car sedang melaju.

Hal sebaliknya justru terjadi pada rekan satu tim Lecrec, Sebastian Vettel. Memulai balapan dari posisi 20, pembalap ini mampu finish di posisi kedua. Vettel berhasil memaksimalkan kekuatan mobilnya ditambah keuntungan dari masuknya Safety Car ke lintasan yang membuat jarak antar-pembalap menjadi berdekatan kembali, termasuk di 5 lap terakhir dimana Vettel berhasil melewati Lance Stroll dan Daniil Kvyat sehingga ada di posisi dua.

Hasil GP Jerman ini membuat posisi Verstappen ada di peringkat ketiga, di bawah Hamilton dan Bottas. Verstappen memiliki 162 poin. Sementara Hamilton yang tidak memperoleh poin di GP Jerman masih bertengger di posisi atas dengan 223 poin.Urutan kedua Bottas dengan 184 poin.

Tags: , , , ,


COMMENTS